Hulahop


Beberapa bulan belakangan ini, di Kota Samarinda sedang dilanda demam hulahop. Anak-anak, baik yang perempuan maupun laki-laki senang memainkannya. Tak terkecuali orang dewasa pun ikut terserang sindrom ini. Bisa jadi orang dewasa yang memainkan hulahop ini ingin bernostalgia mengenang masa kecil mereka (atau jangan-jangan masa kecil mereka memang kurang bahagia). :wink:

Indikasi demam hulahop ini semakin nyata dengan bertebarannya para pedagang yang menjajakan hulahop di berbagai sudut di kota ini. Hulahop yang dijual para pedagang terdiri dari 2 jenis, yaitu yang terbuat dari plastik dan rotan. Tetapi, anak-anak sepertinya lebih memilih memainkan hulahop yang terbuat dari plastik dikarenakan memiliki corak warna yang beragam. Harga hulahop ini berkisar antara Rp. 35.000,- sampai dengan Rp. 40.000,- tergantung dari ukurannya.

Tentu saja, tingkah polah anak-anak tersebut ketika memainkan hulahop sangat lucu dan menggemaskan. Apalagi jika mereka memainkannya beramai-ramai bersama teman-teman mereka, maka akan semakin mengundang gelak tawa. Sungguh, tampak sekali keceriaan dan kebahagian terpancar di wajah mereka yang masih polos.

Demam hulahop ini memang sifatnya musiman. Namun, dari musiman inilah paling tidak anak-anak mengenal apa itu hulahop, yaitu sebuah permainan tradisional yang ternyata telah ada sejak jaman Mesir Kuno dan Yunani Kuno. Ini penting, mengingat anak-anak yang hidup di jaman sekarang ini sepertinya lebih familiar dengan permainan-permainan yang mengandalkan unsur teknologi, seperti games online dan sejenisnya. Permainan hulahop ini juga mengajarkan anak-anak untuk lebih banyak bersosialisasi dengan rekan-rekan sebaya mereka dengan cara bermain secara beramai-ramai. Tentu hal ini tidak akan mereka dapatkan jika bermain games online karena interaksi mereka terbatas hanya dengan komputer.

FAKTA TENTANG HULAHOP :

  • Hulahop adalah mainan berbentuk yang berputar di sekitar pinggang, tungkai atau leher. Hulahop untuk anak-anak umumnya berukuran diameter sekitar 28 inci, dan untuk orang-orang dewasa sekitar 80 inci. Bahan tradisional pembuat hulahop ini biasanya adalah semak dedalu, rotan, ranting anggur dan rerumputan kaku. Sekarang biasanya terbuat dari pipa plastik.
  • Konon menurut penelitian para ahli hulahop adalah permainan anak-anak yang sudah berasal dari ribuan tahun yang lalu. Anak-anak yang berasal dari Mesir kuno bahkan dari Yunani kuno telah bermain dengan menggunakan hulahop sejak 3000 tahun yang lalu. Suku Indian di Amerika juga telah memakai hulahop sebagai permainan anak-anak yang dapat menguji ketepatan memanah dan menombak sasaran. Pada kemudian hari, hulahop mulai banyak digunakan oleh orang dewasa untuk menjaga tubuh agar selalu bugar.
  • Hulahop terdiri dari kata hula yang berasal dari para pelaut yang mengunjungi Hawaii. Pemakaian kata hula dikarenakan para pelaut itu melihat bahwa terdapat kesamaan dari tarian hula-hula yang berasal dari Hawaii dengan cara bermain hulahop sendiri.
  • Pada awalnya hulahop dibuat dari rotan atau kayu. Karena adanya perkembangan jaman, pada tahun 1957, dibuatlah hulahop pertama yang terbuat dari plastik. Hulahop jenis ini banyak disukai dan langsung sukses bahkan hanya dalam beberapa bulan saja hulahop dari plastik ini dapat terjual hingga 100 juta buah.
  • Pada tahun 1957, sebuah perusahaan Australia mulai membuat ring dari kayu untuk dijual di toko-toko eceran. Alat ini menarik perhatian Wham-0, sebuah bibit perusahaan mainan dari California. Richard P. Knerr dan Arthur K. Melin, dari Wham-O, mulai memproduksi ring dari bahan plastik dalam berbagai warna-warna cerah. Knerr dan Melin dipromosikan selama berbulan-bulan pada tahun 1958 di sebuah taman bermain di selatan California di mana mereka akan melakukan demonstrasi dan memberikan ring secara cuma-cuma agar anak-anak dapat belajar dan bermain. Ketekunan mereka membuat ”Hulahop” menjadi sebuah trend terbesar di negara-negara seluruh dunia yang pernah ada. Dua puluh lima juta item telah terjual dalam empat bulan! ”The Hulahop” diperkenalkan pada tahun 1958 dan membuat kedua orang itu menjadi sangat kaya.
  • Hulahop telah berkembang dari sekedar permainan anak-anak saja kemudian menjadi alat olahraga. Hulahop mulai dipertandingkan secara resmi. Dalam perlombaan ini, para peserta dinilai berdasarkan penampilan mereka. Penampilan ini dibagi menjadi gaya bebas dan gaya wajib.

Sumber berasal dari sini dan sini.


About these ads

66 thoughts on “Hulahop

  1. lia dulu suka banget main hulahop hehheh…
    kalo skrg pasti gak bisa mutar tuh.. :P

    makasih mas ifan atas sharingnya.. jadi sedikit tahu asal usul hulahop..

    maafin lia yg baru bw ya mas

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Pastilah mbak Lia kalau masih kanak2 begitu lincah dan energiknya memainkan hulahop ini. Tapi kalau udah besar kayanya susah dan lagian malu dilihat sama orang :wink:

  2. saya belum pernah tuh nyobain main hulahop…
    kalo di tempat saya sekarang lagi demam main layangan mas..hehehe

    ==========
    DUNIAKU DISINI : layangan? Wow..kayanya belum musim nih di tempatku. Soalnya hujan melulu sih…

  3. Oooo ini nama kerennya dari permainan under-under…
    itu nama di tempatku… (ndeso banget yah)

    permainan itu kalo di tempatku biasanya untuk anak cewe… katanya latihan menari… huiiikss…

    Oh ya satu lagi jadi inget ulasan sejarah hidup inul daratista neh kalo liat permainan itu. Katanya inul saat masih kecil sukanya main-main itu dan udah gede … eaaalaaaahhh jadi pinter goyang ngebor… ck ck ck…

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Oh gitu ya. Berarti gerakan hulahop disalahgunakan dong untuk goyang ngebor.

    • Aku pernah melihat sendiri di sebuah acara tv swasta pas mengulas masa lalu si inul…

      ==========
      DUNIAKU DISINI : Wah, berarti Ahsan suka juga ya nonton infotainment gosip. Hehehe :mrgreen:

  4. Wes,, sama dong, di daerah kami juda sedang maraknya bermain hulahop. tapi sayang sedang demamnya hulahop saya malah ga’ bisa tu maikannya, klo mau sih bisa tapi sibuk.

    lapor, bisa tukeran link ya, link mas udah saya tempel diblog aku.
    Salam

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Wah, berarti demam hulahop ternyata terjadi juga ya di daerah lain. Baguslah kalau begitu. Btw, url link mas nggak bisa diklik jadi saya nggak bisa ngunjungin blog anda.

  5. Sejarah hulahop yang lengkap baru saya baca di posting ini, Ifan…thanks :)
    Saya nggak pernah bisa main hulahop, baru diputar sekali langsung deh melorot ke mata kaki…hehehe…ada kursusnya nggak ya?

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Nggak tahu juga bu apakah memang ada kursus untuk mahir bermain hulahop. Tapi menurut saya, itu hanya perlu otodidak saja. Asal sering berlatih maka lama kelamaan akan bisa juga :)

  6. Yang namanya demam memang susah yah mas? demam hulahop, demam bola, semua ada musimnya. oh, begitu toh sejarah hulahop?

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Benar sekali. Apalagi sekarang ini momentumnya Piala Dunia, jadi pada demam sepakbola deh…

  7. hahahaha..iya mas..
    waktu saya ke SCP saya lihat lomba permainan hulahop untuk anak2…siapa yg paling lama bertahan..
    lucu mas..

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Iya, kalau anak2 yang bermain pasti lucu ngelihat tingkah laku mereka. Secara mereka bermain karena mereka senang dan tingkah polos mereka itu semakin menjadikan mereka benar2 enak untuk ditertawakan :lol:

  8. di bali malah lagi gandrung rubrik. :)

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Iya, di daerahku juga sekarang demam hulahop sepertinya mulai digantikan dengan deman rubrik juga nih. Banyak anak2 yang membelinya lho. Bentuknya pun tidak hanya yang kita kenal seperti dulu, yaitu berbentuk kubus. Tapi sekarang ada bentuk2 lainnya yang makin kreatif aja.

  9. di daerahku udah lewat mas hulahopnya, salam kenal dari seorang newbie

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Iya nih, demam hulahop sepertinya mulai menghilang digantikan dengan demam rubrik. Salam kenal balik. Saya juga baru memulai di dunia ini kok.

  10. kapan ya di bandung demam mainan kaya gitu.. kan keren tuk olah raga.. thnx infonya sob

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Mungkin di lain waktu. Mengingat Bandung kan begitu banyak sarana permainannya.

  11. gue masi blom bisa maen hulahop

    parah banget dah
    huhuu

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Sama nih parahnya soalnya aku pun sampai saat ini masih belum bisa memainkannya :(

    • saya juga hikss :( tiap mencoba muter2… eh hulahopnya malah melorot T_T

      ==========
      DUNIAKU DISINI : Hahaha :mrgreen: memang seperti itulah kendalanya jika nermain hulahop bagi para pemula :lol:

  12. aku belon pernah nyoba maen hulahop fan
    tapi kayanya susah ya?
    itu gelangannya gede banget koq bisa ya diputer2 di pinggang gitu?
    *jadi pengen*

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Jadi pengen ya? Coba aja! Siapa tahu sekarang bisa…

  13. meskipun bukan anak-anak lagi, pengen bisa main hulahop.
    postingannya menarik dan nambah pengetahuan.
    salam kenal,

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Terima kasih. Salam kenal balik ya :P

  14. Jadi inget waktu kecil, hehehe….

    kalo udah gede ini maen hulahop apa ga apa2 ya pinggang ?? hihihi :D

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Wah, kayanya kalau yang tua bermain hulahop memang harus hati2 biar nggak keseloa pinggangnya :wink:

  15. sepertinya demam hulahop belum menyebar ke jambi. seru juga ya main hulahop itung2 sambil olahraga :-P

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Tunggu aja. Suatu saat musim hulahop itu juga akan segera menyebar ke jambi :wink:

  16. sayang ga bisa dibikin puisi sendu nie… :)

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Iya nggak bisa. Soalnya hulahop identik dengan keceriaan bukan kesenduan.

  17. Aku gak pernah bisa tuch maen hulahop… nyoba aja gak pernah apa lagi bisa. :mrgreen:

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Pastinya. Bagaimana mau bisa kalau belum pernah nyoba :)

  18. Salam ceria sahabat.
    Saya juga ada main hulahop masa kanak-kanak.
    Betul ia seperti satu penyakit/wabak yang menular dengan cepat, tapi hilang juga cepat. Maksudnya tiba masa hulahop, semuanya ikut main. Pastu tak lama ia hanya tinggal kenangan.
    Makasih.

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Benar. Hanya musim2an saja pak permainan ini. Cepat mewabah cepat juga menghilang. Terima kasih.

  19. ohh..saya baru tahu itu namanya permainan hulahop..maklumlah masa kecil tidak pernah menggunakannya.. :(

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Masa sih baru tahu kalau permainan itu adalah permainan hulahop :roll:

  20. Sebuah permainan yang ceria dan menyegarkan karena memasukkan unsur tari dan olah raga. Terima kasih sudah melampirkan fakta-faktanya,mas.

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Benar sekali. Unsur tari dan olahraga sangat mendominasi pada hulahop ini.

  21. Saya pernah lihat anak main hulahup sambil jalan dan dia pun memainkannya di kaki saya sangat terkesan melihatnya

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Wow..hebat ya memainkan hulahop dikaki. Biasanya kan di pinggul :lol:

  22. mainan ini dulu pernah sangat populer di kota malang di tahun 90′an… waktu itu saya masih SD… dan lomba hulahop sering banget diselenggarakan di kota saya… jadi kangen masa2 kecil dulu ^^

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Masa kecil masa yang menyenangkan :P

  23. Assalaamu’alaikum Ifan

    Satu informasi yang menarik tentang hulahop. Saya sering gagal untuk mengimbangi gelungan hulahop ke pinggang saya, sampai kini di coba tetap gagal. Salut kepada mereka yang mampu melakukannya. menurut kesihatan, mainan hulahop mampu membuat pinggang menjadi tampak kemas dan menarik ramping. Akan usaha lagi nih.. sampai berjaya. Salam mesra.

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Iya bu, teruslah berusaha. Jangan mudah menyerah karena ini kan juga baik buat kesehatan.

  24. Jika melakukan olehraga hulahop setiap hari, selain badan sehat, badan menjadi ramping

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Berarti harus rutin bu ya agar mendapatkan hasil yang maksimal.

  25. ooooo…
    pantesaaaaan dari kemaren Kayla minta dibeliin Hulahup…
    Lagi nge trend tooooh???…hihihi…
    *temen2nya emang udah pada punya siiiih…pinjem dulu aja ya Kay…*

    Lumayan lah, buat nge langsingin pinggang :)

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Iya, kayla pinjam dulu ya sama temannya. Soalnya uang abah sama emak lagi dipake buat renovasi rumah. Hihihi… :mrgreen:

  26. mainan waktu kecil, tapi jarang bisa lama hulahop itu berputar di badan.

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Iya mbak, tidak pernah lama bisa diputar dibadan. Soalnya memang perlu latihan rutin dan berulang.

  27. klw main hulahop buat langsing tubuh katanya hehehe (bagi siapa yg mw langsing main hulahop aja :P )

    ^^

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Ayo, siapa yang mau langsing main hulahop tuh :P

  28. Baru tau tuh aQ tentang holahop niy…

    Sepertinya mengasyikan yang satu niy….

    Hehehehe…….

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Yoi..mengasyikkan memang. Coba aja :)

  29. Di Tenggarong juga sama
    semua demam hulahop
    menyenangkan jika melihat anak2 bermain dg hulahop
    kalau saya ga pernah bisa

    Mas Ifan pernah tau ga..berapa ukuran hulahop terbesar didunia?

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Ternyata demam hulahop tersebar merata di seluruh daerah di Kaltim. Menghibur dan tentunya menyenangkan mbak.
    Mengenai data tentang hulahop terbesar di dunia, saya juga belum nemu informasinya nih.

  30. Baru tau tentang sejarah lengkap hulahoop di sini.
    Nice share :D
    Tapi, aku gak bisa main hulahoop…

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Syukurlah jadi tahu sejarah hulahop. Paling tidak, jika ditanya orang ttg hulahop, kita bisa ngejelasinnya meskipun sedikit.

  31. haha ternyata ada post ttg lolipop eh hulapop disini xixi lucu..eh bukannya yang sedang ngetrend itu rubik yah hihi

    ==
    Juragan Kampus numpang eksis juga disini yah :
    Mati Listrik, Batal Ujian

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Benar. Sekarang demam hulahop mulai digantikan dengan demam rubrik nih. Btw, banyak banget nih blog nya. Apa nggak kerepotan menanganinya? :wink:

  32. ini salah satu permainan yang paling aku gak bisa…nyerah deh kalo orang pada maen ini… aku lebih suka nonton aja daripada mempermalukan diri sendiri^^

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Benar juga sih. Kalau kita nggak bisa lalu memainkannya di khalayak umum, bakalan mempermalukan diri sendiri tuh.

  33. Wah, saya bisa main holahop, dan hanya karena saya lelaki jadi tidak terlaru saya kembangkan keahlian itu, soalnya gerak tubuh si….. :mrgreen: takuuut ada yang ngileeer… :lol:

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Lho, kenapa nggak dikembangkan. Teruskan aja. Baguskan biar orang2 pada…. :wink:

    • pada apa??

      ==========
      DUNIAKU DISINI : Maksudnya pada kagum melihat kepiawaian kang Usup bermain hulahop. Hehehe :mrgreen:

  34. saya gak bisa main holahop.. biasannya cuma nonton ajadi tipi… klo disuruh main gak bisa2.. :D

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Kok nonton di TV, kenapa nggak nonton di dunia nyata aja :mrgreen:

  35. terimakasih Mas Ian utk sharingnya :)
    bunda jadi tau asal usul hulahop
    salam

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Sama2 bundo. Mudah2an dengan mengetahui sejarahnya pengetahuan kita bertambah tentang banyak hal.

  36. kunjungan balik..
    wah,saya nggak begitu suka lagu dangdut jd nggak bisa main holahop,lho apa hubungannya ?? :D

    salam persahabatan ,-

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Hubungannya ada, yaitu sama2 harus bergoyang :mrgreen:

  37. apa karena iklan di tv itu? hehe

    saya selalu pengen bisa hulahop tapi ampe sekarang belom juga kesampaian :|

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Coba aja terus. Jangan patah arang :lol:

  38. wah, sy sampe ditagih sama ponakan minta dibeliin mainan ini terus :-D
    tapi katanya menyehatkan loh mas main ginian.. :-)

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Apa sudah dipenuhi tuh keinginan ponakannya? Ayo, berikan kebebasan kepada anak kecil untuk berekspresi dengan hulahop ini :lol:

  39. menurtq hulahop ampuh untk bwt bdn kurus.udh aq buktikan sndri dgn maen hulahop rutin stiap mlm dgn lathn 15 mnt.brat bdanq trun 7 kg.slm 3 bln lathn.awalny sush memaenkny tp kelamaan bsa jg mengendalikan lgkran rotan itu shngga dia tetap berputar dpinggangq.he..he

    =======
    DUNIAKU DISINI : Kalau begitu kuucapkan selamat ya karena kerja kerasnya utk menurunkan berat badan dgn menggunakan bantuan hulahop berhasil tercapai. Jgn lupa pula berterima kasih kepada hulahop. Hehhehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s