Katalog Tentang Naskah Kuno


Sebuah katalog dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) tergeletak diatas meja laptopku. Entah siapa yang membawanya. Lalu, iseng aku membuka lembaran demi lembaran dari katalog tersebut dan mulai membaca isi kandungannya. Sungguh luar biasa. Aku menemukan sesuatu yang menarik dari katalog tersebut. Salah satunya, memuat tentang ringkasan naskah-naskah kuno yang ternyata telah eksis ribuan tahun lalu, jauh sebelum Negara Indonesia ada. Membaca katalog tersebut, imajinasiku seakan dibawa terbang menuju peradaban lampau. Peradaban yang mungkin syarat dengan tradisi dan sekaligus kental  pula dengan nuansa yang beraroma mistis. Tak terbayangkan sebelumnya, bagaimana orang-orang di jaman dulu dengan segala keterbatasannya mampu membukukan sejarah kehidupan mereka melalui manuskrip/naskah kuno, yang pada akhirnya bisa dinikmati hingga hari ini. Bukti bahwa mereka pun tidak ingin dilupakan….

Dan berikut beberapa ringkasan naskah-naskah kuno tersebut yang kucuplik dari Katalog milik Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, sebagai berikut :

This slideshow requires JavaScript.

PUSTAHA LAKLAK

  • Naskah kulit kayu Alim, ukuran 11 x 19 cm, 58 hlm, 11 baris, aksara Batak, Bahasa Batak bentuk Prosa.
  • Isi Singkat : Obat-obatan, dan pencegahan terhadap guna-guna orang lain, dan mantra-mantra.

ASAL RAJA-RAJA SAMBAS

  • Naskah kertas, ukuran 32, 20 cm, 16 hlm, 21 baris, Aksara Arab, Bahasa Melayu, bentuk Prosa.
  • Isi Singkat : Sejarah raja-raja Sambas dan Sukadana, terutama tentang Sultan Safiuddin, pada halaman 12. Dimulai dengan episode tentang Brawijaya dari Majapahit.

SILSILAH KUTAI

  • Naskah kertas, ukuran 33 x 23 cm, 138 hlm, 38 baris, Aksara Latin Bahasa Melayu, bentuk Prosa.
  • Isi Singkat : Beberapa kronik tanpa disertai dengan teks.

HIKAYAT RAJA BANJAR DAN KOTAWARINGIN

  • Naskah kertas, ukuran 19,5 x 31 cm, 74 hlm, 30 baris, aksara Arab, Bahasa Melayu, bentuk Prosa.
  • Isi Singkat : Mengisahkan dua anak Ampu Mandastana bermusuhan dengan Lambung Mangkurat, sehingga keduanya mati. Orang tuanya juga mati karena sedihnya. Lambung Mangkurat bermimpi menerima putri yang telah kawin dengan Raden putra Mulia dari Majapahit.

LONTARAK PABBURA

  • Naskah kertas, ukuran 13 x 22 cm, 85 hlm, 15 baris, Aksara Bugis, Bahasa Bugis, bentuk prosa.
  • Isi Singkat : Berbagai macam obat-obatan tradisional orang Bugis, dan mantra-mantra untuk mengusir syaitan dan lain sebagainya.

WAWANCARA CERITA SAMU

  • Naskah kertas, ukuran 32,9 x 21,3 cm, 185 hlm, 18-20 baris, Aksara Jawa Sunda, (Cacarakan) Bahasa Sunda, bentuk puisi.
  • Isi Singkat : Gandawerdaya dipungut anak oleh nakhoda, sedangkan Gandasari oleh Ki Samun (bapaknya Samun) Samun sangat membenci Gandasari sehingga Gandasari pergi. Gandasari kemudian bertemu dengan Gandawerdaya.

NASKAH LAMPUNG

  • Naskah Bambu, ukuran 13 x 22 cm, 85 hlm, Aksara Kanganga (Lampung) Bahasa Lampung, bentuk Prosa.
  • Isi Singkat : Tentang Ajaran Agama Islam.

CERITA I LA GALIGO

  • Naskah kertas, ukuran 8,2 x 10,3 cm, 78 hlm, 9 baris, Aksara Bugis, Bahasa Bugis, bentuk Prosa.
  • Isi Singkat : Teks Cerita I La Galigo ini, merupakan naskah cerita dari Dewa di langit yang menguraikan tentang permainan sabung ayam di dunia atas, serta menjelaskan nama jenis ayam yang baik untuk dijadikan permainan, asal mula raja-raja semua mahluk hidup di atas bumi, yang diturunkan oleh Dewa di Langit. Teks berakhir dengan uraian doa-doa untuk menyembah kepada Dewa di Boting langi (dunia atas).

SERAT SARASILAH RAJA-RAJA JAWA

  • Naskah kertas, ukuran 29 x 39 cm, 39 hlm, 28 baris/hlm, Aksara Jawa, Bahasa Jawa, bentuk Prosa.
  • Isi Singkat : Menyebutkan nama-nama raja dan urutan keturunan, daerah kekuasaan dan segala peristiwanya. Pada akhir teks disebutkan silsilah mulai dari Panembahan Senapati yang betahta tahun 1512-1547 sampai Hamengkubuwana Sayidin Panatagama yang bertahta tahun 1759-1769.

PARARATON

  • Naskah lontar, ukuran 3 x 40 cm, 47 lempir, 4 baris/hlm, Aksara Bali, Bahasa Bali, bentuk Prosa.
  • Isi Singkat : Menceritakan mulai lahirnya Ken Arok, sampai menjadi raja pertama di Singharaja setelah masa Raja Kertanagara, kerajaan Singhasari runtuh, lalu muncul kerajaan Majapahit dengan raja pertamanya yang bergelar Kertarajasa Jayawardana. Majapahit mengalami kejayaan pada masa Raja Hayam Wuruk. Setelah masa itu, Majapahit sering mengalami pergantian raja-raja berakhir pada tahun 1478 M.
About these ads

75 thoughts on “Katalog Tentang Naskah Kuno

  1. Ternyata kita punya banyak naskah kuno ya…
    Bersyukur karena ada orang yang berhasil mencatat sejarah dan “membukukannya” meskipun bukan pada selembar kertas :D

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Iya, pasti orang2 terdahulu perduli sekali dengan sejarah.

    • kalau bahasa jaman dulu tuh apa ya..pastinya sebelum bahasa indonesia jadi bahasa ibu..dulunya kita memakai bahasa yang berbeda beda bukan? ^^
      nice info..

      ==========
      DUNIAKU DISINI : Benar sekali. Bahasa yang digunakan tiap naskah memang berbeda-beda. Ada bahasa sansekerta, ada akasara lampung, dsb.

  2. aku dulu paling seneng pelajaran sejarah… sejarah mana aja, negeri sendiri ataupun negeri lainnya… abis kayak cerita novel jadi mudah dicerna. Keliatannya saya tertarik tuh baca Pararaton tapi kok pake aksara Bali ya, ada kamusnya gak sih?

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Aku juga suka pelajaran sejarah. Seru sih..

  3. Wah, keren.XD ternyata bnyk naskah kunO yg disimpan di negara kita,

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Tapi sayang, banyak dari kita yang tidak mengetahuinya.

  4. naskah kuno adalah jejak sejarah yang terasipkan dengan baik mudahan bisa dipelajari dan membangkitkan rasa nasional,,

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Kita semua juga berharap seperti itu.

  5. tanpa naskah ini kita takkan pernah tau kisah dan sejarah mereka. demikian pula kalau kita ingin dikenang ,kita harus menulis sesuatu tentang perjalanan kita ini :)

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Seperti diary dong. Dear diary, hari ini aku…. :mrgreen:

  6. sumpah………….keren bangettt……………
    hebatnya ada yang membuat katalognya juga ya.
    jadi pingin ikut membaca juga :) (* ngiler*)
    salam

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Itulah bunda, betapa kayanya bangsa indonesia ini dengan naskah kuno shg sampai dibikin katalognya segala. Salam.

  7. wew, mantab juga neh,,
    ky pelajaran sejarah waktu msih skul dlu

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Ya iyalah, emang berhubungan dengan pelajaran sekolah kok.

  8. mengagumkan sekali ya..bangsa kita sebenarnya sangat tinggi kebudayaannya..terbukti dengan adanya naskah2 kuno tersebut.

    sebenarnya dari tanah kutai juga banyak naskah2 kuno bisa dilihat di Museum Mulawarman, kalau tidak salah ada satu kamar besar khusus menyimpan tentang itu
    :)

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Iya mbak. Saya juga pernah ke Museum Mulawarman. Dan naskah2 kuno itu amat mengagumkan dan memiliki nilai histori yang tinggi. Semoga bisa terus bisa terpelihara.

  9. Btw, gimana ya nampilin gambar kita (yang di blogspot) agar bisa muncul di blog wordpress sewaktu kita berkomentar di blog orang yang menggunakan wordpress tsb. Tlg kasih infonya. Trims…

    jwb:

    daftar di sini kang, http://en.gravatar.com/ – upload fto kita di situ – trus kalo kita berkomentar di wodrpress masukin email yg kita pake buat daftar di http://en.gravatar.com/

    semoga membantu kang :)

  10. 1.Masuk ke http://en.gravatar.com/
    2.Masukkan E-mail anda:yahoo.gmail,ymail atau email-email yang belum mempunyai foto diblog. dan klik sign up:
    3.Kemudian buka alamat e-mail anda untuk mendapatkan konfirmasi dari gravatar,dan klik link tersebut.
    4.Jika sudah dikonfirmasi,pilih edit my profil.dan isikan form yang disediakan.save profil,kemudian klik Add Image untuk menampilkan gambar yang di inginkan.

    Catatan:
    Isikan alamat Url blog anda selain pada wordpress dot com,karena di wordpress dot com sudah di sediakan.Cara ini untuk di gunakan pada blog selain di wordpress dot com.
    Selamat mencoba semoga berhasil kang…

  11. sejarah yang indah dan penuh dengan ilmu pengetahuan di Indonesia harus dilestarikan dan di amalkan, jangan cuma disimpan di rak perpustakaan

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Setuju sekali nih. Jangan sampai hanya disimpan di rak perpustakaan saja. Harus kudu dibaca dan dipelajari.

  12. wahh…keren..
    membaca kembali sejarah2 masa lampau memang mengasyikkan

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Mengasyikkan dan menambah pengetahuan tentunya.

  13. Hebatnya para pendahulu kita!
    Naskah-naskah kuno itu menunjukkan betapa tingginya kesadaran mereka untuk meninggalkan sesuatu yang bermanfaat buat generasi mendatang. Bahwa ilmu itu akan terus terpelihara bila kita mau mewariskannya :)
    Ifan, saya hanya pernah denger Pararaton…thanks udah ditambahin pengetahuan saya tentang naskah-naskah kuno yang lainnya.
    Jadi lebih bangga dilahirkan sebagai orang Indonesia…

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Benar bu. Kita seharusnya bangga dilahirkan sbg orang Indonesia. Indonesia kaya dengan berbagai warisan budaya masa lampau yang bernilai dan bermutu tinggi.

  14. cerita i la galigo itu sepertinya memang sangat terkenal fan
    itu perpustakaannya di samarinda ya?

    ==========
    DUNIAKU DISINI : I La Ga Ligo, wah, naskah kuno itu ternyata kemasyurannya sampai ke luar negeri lho.

  15. Hey for a second there, I thought that was Chin the great. Lol. You may not know him, but, he’s from the movie the Avatar.

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Thanks…

  16. Naskah tersebut seakan mampu bicara pada kita y mas, kalo bangsa ini pernah mempunyai peradaban yang besar di masa lalu

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Iya, peradaban yang tak ingin hanya sekedar menjadi cerita belaka, tetapi ingin tetap dilestarikan dan dipelajari.

  17. dulu saya pernah punya katalog spt itu…waktu ada kuliah filologi….menarik memang kita bisa mempelajari naskah kuno….
    Mas tukeran link yu…..he..

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Hebat dong sampai ada mata kuliahnya segala. Tukeran link, oke deh.

  18. Wah, kok anda bisa dapat katalog semacam itu. Anda pernah mendaftar di mana gitu, biar bisa mendapatkannya? Menarik juga walaupun ndak detail informasinya. Yah, namanya juga katalog. :)

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Ternyata katalog tsb berasal dari kakakku yang kebetulan menghadiri sebuah pameran.

  19. Assalaamu’alaikum Ifan Jayadi

    Semoga perkongsian ilmu yang diperolehi akan menambah cinta kita kepada khazanah silam yang menjadi legenda buat kita menjejak kejayaan masa lampau yang jauh dari teknologi moden kini.

    Hasil dari peradaban masa lalu wujud kemajuan dan pembangunan yang kita capai hari ini. Mudahan ilmu dan pengetahuan kita akan lebih mantap dalam mengambil iktibar sejarah masa lalu.

    Salam mesra dari saya.

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Dengan adanya peradaban silam menjadi awal berkembangnya pengetahuan modern yang akhirnya sampai pada suatu keadaan dimana kita sekarang ini mengenal apa yang namanya internet. Terima kasih bu. Semoga sukses dan berjaya selalu.

  20. Membaca naskah kuno, membuat kita menghormati orang yang hidup dijaman dulu, dalam segala keterbatasan, namun mampu menembus ruang kemana-mana.

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Setuju sekali bu. Keterbatasan ternyata tidak menghalangi mereka untuk menembus ruang dan waktu. Buktinya mereka mampu menghasilkan naskah yang luar biasa nilai sejarahnya.

  21. bila kita lihat naskah kuno tergiang diingatanku gimana ya zaman kerajaan dan nenek moyang kita yang sudah maju dengan mengarsipkannya. wah fotonya ituloh yang keren baget. bisa nampilin perubahan gambar. gimana cara bikinnya mas? aku ada buku yang bagus /buku-smart-healing

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Mungkin pengarsipan yang mereka lakukan biasa aja sih, namun cara mereka memelihara dan melestarikannya itu yang sungguh mengangumkan.

  22. bvanyak yang masih dapat digali dari naskah kuno,marilah kita jaga \m/
    selamat pagi kawan,selamat beraktifitas…

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Mari menjaganya dengan seksama

  23. katalog yang benar2 langka dan bermanfaat, mas ifan. secara kultural bangsa kita luar biasa besar kekayaannya. sayangnya, bangsa kita juga dikenal kurang peduli dg berbagai warisan berharga itu hingga sebagian besar naskah kuno sdh banyak yang terbang ke luar negeri.

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Cukup memprihatinkan juga ya pak. Kenapa bangsa kita kurang peduli dengan hal2 semacam ini. Baru diributkan setelah naskahnya berpindah ke luar negeri. Dan ini sungguh disayangkan.

  24. itu naskah naskah jaman kapan ya?
    ckck

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Kapan ya? Pokoknya jaman dulu banget :)

  25. Waktu SMA Saya sangat suka pelajaran sejarah.. Kebeneran gurunya juga asik..

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Pelajaran sejarah memang mengasyikkan. Apalagi jika guru yang menerangkan menguasai materi sejarah, pasti tambah semangat mempelajarinya.

    • Guru Saya tidak hanya benar-benar menguasai materi, tapi beliau juga jago dalam menyampaikan materi..

      ==========
      DUNIAKU DISINI : Hmmm….enak dong punya guru yang seperti itu. Membuat siswa menyenangi pelajaran yang mungkin tadinya tidak suka menjadi suka.

  26. Wow, no offense but if you think you are getting a low amount of comments look at your posts again. They have very good comments.

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Thanks.

  27. dari semua pelajaran waktu bangku SD sampe SMA, pelajaran sejarah yg paling nyenengin, bisa tau apa aja yg ada di masa lalu heheheh, nice info nih.

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Setuju sekali. Sejarah memang mampu memberitahukan hal2 yang belum tersingkap shg menjadi sesuatu yang amat menarik untuk dipelajari.

  28. La Galigo mantap! itu juga salah satu naskah kuno yang konon lebih epic daripada mahabarata

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Hebat dong…

    • tentu saja hebat :D malah pernah dipertujukkan di broadway tapi sayang di negeri sendiri jarang mendapatkan publikasi yang optimal

      ==========
      DUNIAKU DISINI : Sangat disayangkan. Berarti perlu ada kesadaran semua pihak utk memikirkan bagaimana naskah2 kuno ini bukan hanya menjadi sebuah pajangan saja. Tapi bisa lebih dari itu.

  29. wah…
    Jadi inget pelajaran PSPB jaman dulu nih…
    ada kerajaan Kutai segala…

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Masa sih pelajaran PSPB. Bukannya pelajaran sejarah? Seingatku, PSPB itu lebih banyak membahas tentang sejarah perjuangan bangsa Indonesia pada jaman kolonial Belanda dan Jepang gitu

  30. Indonesia memang punya banyak Naskah-naskah kuno. Hanya sayangnya tidak semua warga negara mengetahuinya. Padahal kabarnya di dalam naskah-naskah tersebut terdapat pelajaran yang sangat luhur :)
    ==
    Makasih dah mampir di Vierdien’s Blog

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Setuju. Naskah2 itu banyak menceritakan berbagai hal tentang budaya dan tradisi yang mereka lakukan pada jamannya.

  31. Jangan sampai benda ini rusak, bisa menjadi pembuktian dan kenang-kenangan dari nenek moyang kita yang terdahulu….

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Kita semua berharapnya seperti itu. Tersimpan rapi dan tak rusak.

  32. themenya ganti ya pak?

    wah.., aku suka belajar sejarah :) meskipun terdampar di teknik ^^

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Udah lama kok. Hmmm..sejarah memang menarik untuk dipelajari meski background kita berbeda sekalipun.

  33. Waduh…
    Lama banget aku gak kesini… (lupa punya sahabat setia : mas ifan)
    Maap fan, aku dah lama banget gak bw, :mrgreen:
    —–

    Mungkin kita kemarin mengalami nasib yang sama, di meja tiba-tiba ada tumpukan buku training… entah siapa yang menaruh, yang jelas buku-buku itu aku kemarin jadi membacanya, cuma gak sampai aku abadikan di blog… hi hi hi

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Nggak apa2 kok mas Ahsan. Aku juga ngerti kok, pasti kesibukan di dunia nyata nggak bisa dihindarkan sehingga jarang BW. Sama aja sih kayak aku. Hmmm…sayang sekali ya buku2 yang bermanfaat itu tidak diabadikan utk dijadikan tulisan dalam blognya Ahsan. Siapa tahu bisa jadi inspirasi bagi orang lain…

  34. Membaca sejarah dan mengambil hikmah dari kejadian masa lalu.. :D

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Benar sekali pak. Hikmah itulah hal terpenting yang dapat kita ambil untuk melangkah ke masa hadapan.

  35. Naskah kuno ya? di bali malah berbanding terbalik. naskah kuno berbentuk lontar, peninggalan2 jaman kerajaan dulu gag terpelihara sehingga sangat susah dibaca. padahal generasi muda yang baik setidaknya tau sejarahnya bukan?

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Sayang sekali ya. Seharusnya naskah2 kuno tsb perlu dipelihara agar dapat dipelajari generasi berikutnya. Dan kayanya bagus juga lho buat dijadikan referensi wisata bagi turis asing yang sering berkunjung ke Bali.

  36. sejarah merupakan kepingan kehidupan masa lalu,, tapi ga sedikit sejarah yang tercampur politisasi rezim yang berkuasa pada masanya.. lihat aja soeharto dengan orba-nya.. yaa begitulah..

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Memang tidak bisa dinafikan sih. Tapi ada baiknya kita mengambil sesuatu yang bermanfaat saja dan membuang sisi buruknya.

  37. wahh.. sebenarnya saya juga senang dengan pelajaran sejarah.. :D,

    “bagaimana orang-orang di jaman dulu dengan segala keterbatasannya mampu membukukan sejarah kehidupan mereka melalui manuskrip/naskah kuno, yang pada akhirnya bisa dinikmati hingga hari ini”

    iya.. sama halnya dengan kita sekarang,.. namun sekarang sudah banyak fasilitas, mungkin suatu saat, kita yang menjadi sejarah,

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Siapa tahu lho? Kemajuan teknologi kan selalu berkembang. Seperti yang kamu bilang, bisa jadi blog yang kita punyai sekarang ini malah menjadi naskah kuno di tahun berapa juta yang akan datang dimana mungkin pada abad itu tulisan2 yg ada cukup hanya ada di pikiran kita dan orang lain bisa langsung membacanya lewat telepati. Ngayal.dot.com :mrgreen:

    bahkan mungkin blog kita menjadi naskah kuno suatu saat nanti hehe (just kidding) :D

  38. syukur masih terjaga dengan baik, jadi kita bisa mempelajari kehidupan zaman dulu ampe sekarang.

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Iya, kita memang patut bersyukur.

  39. Suatu bukti bahwasanya Indonesia dulu juga sudah beradab, tapi sayang sekarang hanya kebanggaan yang tersisa tanpa bia melestarikan nya :sad:
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Menyedihkan ya :(

  40. kalau kuno brati nggak diperbanyak lagi ya mas… hmmm… jangan sampe sampeyan tulis di blog mas naskahnya… jadi nggak kuno lagi nanti, hehehheheh….

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Bisa aja nih :lol:

  41. wow, mas ifan ini sudah terhanyut hanya dengan gambar dan dokumen.. museum di Indonesia banyak menyimpan sejarah. jika dikemas dengan apik, akan sangat mengundang minat turis mancanegara.

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Bagus tuh mbak. Memang seyogyanyalah naskah kuno ini dikemas dengan apik agar mengundang ketertarikan wisatawan mancanegara.

  42. yang beginian harus dilestarikan nih biar bisa terus dibaca dan jadi bahan pelajaran bagi generasi selanjutnya. Mantap infonya :-)

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Masa sih? Bukannya membacanya secara “fast reading” ? :mrgreen:

  43. pelajaran tentang sejarah neh.. :)

    aku suka mempelajari sejarah, kalau nggak ada sejarah mungkin nggak ada masa lampau nggak ada yang bisa dikenang, atw bisa jadi mungkin nggak ada kita :)

    “sejarah mungkin berulang” by new boys :P hehehe

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Benar sekali. Sejarah telah mengajarkan kita banyak hal tentang masa lalu yang tentunya harus kita ambil iktibar. Hmmm…Newboy? Suka dengan group asal malaysia itu ya.

  44. pasti rasanya kaya terlempar ke masa lalu ya Fan.. :D

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Seperti itulah. Bisa dibilang kaya mesin waktu miliknya Doraemon :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s