Kuliah Di Universitas Terbuka


Beberapa hari lalu, aku harus sedikit memeras otak untuk mengerjakan soal-soal ujian Universitas Terbuka (UT) dengan format pilihan ganda. Lumayan melelahkan juga karena hampir seharian aku berkutat dengan soal-soal ujian tersebut. Maklum saja, pada semester ini aku mengambil delapan mata kuliah. Delapan mata kuliah itu kemudian kupecah menjadi 4 mata kuliah yang selanjutnya diujikan dalam 2 kali pertemuan, yaitu pada pertemuan pertama tanggal  8 Mei 2011 dan pertemuan kedua tanggal 15 Mei 2011.

Bisa dikatakan kuliah di UT adalah ketidaksengajaan. Bermula dari informasi teman satu kantor yang juga merupakan alumnus dari UT. Dulunya, saat ia diterima bekerja di instansi pemerintah, latar pendidikannya adalah SMU yang berarti pangkatnya pada saat itu adalah golongan II. Agar bisa naik ke golongan III, dipersyaratkan harus mengantongi ijazah S1. Untuk mengejar hal itu, ia memutuskan kuliah di UT dengan asumsi bahwa kuliah di UT tidak akan menganggu jam kerja kantor. Usahanya kuliah di UT  ternyata tidak sia-sia. Ia kemudian lulus dan bisa mengajukan penyesuaian ijazah sehingga berdampak pula pada kenaikan golongan.

Pengalaman itulah yang ingin ia tularkan kepada aku dan teman-temanku yang lain yang masih berijazah SMU. Tentu saja kami menyambut ajakan tersebut dengan positif. Mungkin  bisa ditafsirkan bahwa keinginan kami ini lebih didasarkan pada dorongan yang kuat untuk bisa selangkah lebih maju dalam hal peningkatan karier. Dan hal itu tidak bisa kami dibohongi.

Meski pada awalnya kami buta sama sekali dengan kuliah di UT, namun pada akhirnya kami bisa juga menyandang status sebagai seorang mahasiswa. Dalam perjalanan selanjutnya, ternyata kuliah di UT tidak semudah yang dibayangkan. Untuk mendapatkan nilai C saja sulitnya minta ampun. Perasaan putus asa mulai menerpa kami dikarenakan nilai-nilai mata kuliah yang tidak jua kunjung membaik meski telah melewati beberapa semester. Pada akhirnya, satu per satu dari kami berguguran sehingga hanya menyisakan 2 orang saja yang masih bertahan, termasuk aku. Sebenarnya aku merasa down juga dengan mundurnya mereka tersebut. Tetapi aku tidak mau menyerah. Kupikir karena telah terlanjur tercebur disini maka sekalian saja aku basah.

Aku lalu mencoba membaca di forum-forum diskusi tentang kiat-kiat kuliah di UT. Ternyata,  selain harus rajin membaca modul-modul pelajaran, juga disarankan untuk mengikuti tutorial online. Tutorial online ini memungkinkan mahasiswa untuk aktif berdiskusi dengan sesama mahasiswa lain yang juga mengambil mata kuliah yang sama. Disamping berdiskusi, dalam tutorial online juga ada tugas-tugas yang harus dikerjakan dengan tenggat waktu penyelesaian tertentu. Berbekal dengan informasi itu, aku lalu mulai aktif mengikuti tutorial online. Alhamdullillah, setelah mengikutinya, nilai-nilaiku mulai membaik. Yang tadinya sulit mendapatkan nilai B, kini bisa aku dapatkan.

Tanpa terasa hampir 3 tahun aku kuliah di UT. Banyak perubahan yang terjadi selama masa 3 tahun tersebut. Muka-muka baru bermunculan. Tetapi muka-muka lama pun masih ada, meski banyak juga yang tidak kujumpai lagi. Entahlah, apakah mereka telah lulus atau nasib mereka sama persis dengan nasib teman-temanku yang berguguran itu? Hal lain yang juga berubah adalah tempat penyelenggaraan ujian. Dulunya tempat penyelenggaraan ujian selalu diadakan di SMKN 1 Samarinda di jalan Pahlawan. Letaknya yang ditengah kota menguntungkan mahasiswa-mahasiswa yang tinggal diluar Kota Samarinda untuk menjangkaunya. Namun sekarang ini tempat penyelenggaraan ujian diadakan di SMKN 8, jalan Gunung Lipan / HM. Rifaddin Samarinda Seberang. Letaknya jauh dari keramaian dan untuk mencapainya harus melewati Jembatan Mahakam. Perpindahan ini disebabkan karena SMKN 8 jaraknya lebih dekat dengan kampus UT UPBJJ Samarinda yang baru. Ya, UT UPBJJ Samarinda yang dulunya menumpang di kampus FKIP Unmul di jalan Pahlawan telah berpindah ke bangunan baru yang lebih representative di jalan HM. Riffadin yang masih satu kawasan di Samarinda Seberang.

Aku berharap bisa menyelesaikan kuliah di UT secepatnya. Targetku adalah di tahun 2012 mendatang aku bisa lulus. Mudah-mudahan  tidak ada hambatan dan semuanya bisa berjalan lancar. Aku akan berusaha keras untuk mewujudkannya dan tidak lupa berdoa kepada Allah SWT untuk diberikan kemudahan. Amin Ya Rabbal Alamin.

About these ads

50 thoughts on “Kuliah Di Universitas Terbuka

  1. Saleum,
    UT sekarang sudah agak mudah dalam hal mendapatkan materi diluar perkuliahan dimana sudah ada di dunia maya cuma butuh ketekunan saja untuk mencarinya. Sukses selalu bro….!!
    saleum dmilano

  2. Turut mendokan agar ujiannya sukses ya Mas
    Dan kelak jika sudah selesai kulaihnya tidak hanya bisa membantu pengembangan jenjang karier sebagai PNS tetapi ilmunya bisa bermanfaat dalam menjalankan tugas di kantor dan meninteraksi dalam masyarakat
    Amiin

  3. Yeah.. keren banget mas! Memang tidak mudah kuliah sambil bekerja. Pikiran harus di bagi dua. Apa lagi seperti saya yang harus setiap hari (malam) harus hadir di kelas. Kayaknya kuliah UT lebih menyenangkan. hihi…

    Tetep semangat mas, tinggal setahun lagi kan.. :D
    Semoga sukses!!

  4. Ut itu mirip universitas kelas karyawan ya bang?
    soalnya saya di jakarta ambil kuliah tapi kelas karyawan
    jadi kuliahnya pas malem2 doang

    saya doain cepet cepet lulus dengan nilai baik deh bang
    amiin

  5. Semoga cepat lulus ya.
    Kuliah dimanapun memang harus sungguh-sungguh, tapi untuk UT memang pasti ada trik-trik khusus agar tidak tertinggal ya.

  6. Amiiin…
    Semoga kuliah Ifan diberi kelancaran oleh Allah Swt.

    Menambah ilmu itu bisa dari mana saja ya Fan, salut dengan keuletannya untuk terus belajar. Suami saya juga lulus dari UT tahun 1995 kalo nggak salah, itu juga sempet pindah-pindah kota.
    Mulai dari Malang, Dili – Timor Timur dan lulusnya malah waktu dinas di Medan…hehe, wisudanya sih tetep di Jakarta… :D

    Sukses buat Ifan!

    1. bener banget tuh mas, cari ilmu bisa dimana aja.
      yang terpenting dalah niat da kemauan kita sendri untuk menjadikan diri sukses,
      so universitas terbuka? why not.

      salam hangat, bangauputih ^_^

  7. Wah semangat yach mas… anda pasti bisa. :)
    tapi BTW sebenarnya kuliah di UT itu berapa tahun?
    coz ada yang bilang 1 setengah tahun, ada yang bilang lebih…. :D

  8. memang tempat menentukan prestasi. dulu pas sma gitu. makin strategis tempat duduk semakin mungkin dapat nilai bagus. kuliah juga. cuman butuh lebih serius aja. kalo gak, ya, bakal ketinggalan

  9. Assalaamu’alaikum wr.wb, Ifan Jayadi….

    Senang mengetahui kekuatan azam yang dimiliki oleh Ifan dalam mencapai cita-cita dan impian bagi peningkatan karir. Jangan mudah berputus asa. Asal berani bermimpi segalanya mungkin. Allah tidak pernah mengecewakan hamba-Nya yang berusaha dan bertawakal kepadanya.

    kejayaan adalah milik semua. kegagalan hanya satu langkah untuk lebih berjaya dari sebelumnya. Saya juga pernah gagal dan dapat F dalam paper Syariah yang sangat sukar bagi saya yang kurang fasih berbahasa Arab. Alhamdulillah, berkat kesungguhan dan yakin diri, setelah mengulang semula, saya mendapat keputusan A.

    Saya doakan Ifan akan lulus cemerlang dan dapat A suatu hari nanti dan berjaya graduasi pada tahun 2012. Saya mendoakan dari jauh.

    Salam mesra dari Sarikei, Sarawak. :D

  10. Dimanapun kita beljar / kuliah,asal kita serius insya Allah ada mnfaatnya dan pasti ada hasilnya,buat apa kuliah di universitas ternama,tapi ga serius dan hanya main2 sja

  11. saya sangat terharu dan ingin kuliah juga di UT,tlg info gmn cara mendaftar via online atau langsung tlng alamtnya di samarinda

  12. wah…. bagus bnar niat dan pengalamannya itu sanak, mudah-mudahan sluruh mahasiswa UT juga sama seperti itu. dimana ada kemauan pasti ada jalan, yang penting harus sabar dan selalu ingat tuhan…. mksh…..

  13. Tlng dong d ajarin cara aktivasi tutorial online. Krn cukup sulit untk aktivasi. Mohon bantuannya. terima kasih

  14. saya minta info donk berapa kali dalam seminggu dan minta tolong kirim lewat e-mail saya saja,pendaftaranx kapan nih di buka???

  15. pak, tahun ini saya berniat untuk kuliah di UT, tapi saya sama sekali gak ngerti dgn dunia perkuliahan, apalagi sistem kuliah online, kira2 saya bisa dapat literatur dari bpk ?

  16. Salam.. adek saya sedang mengerjakan proyek Nindya Karya di Kalimantan Timur dan ingin sekali kuliah melanjutkan S1.. apakah saya bisa meminta kontak saudara melalui email saya agar adek saya bisa lebih mudah untuk mendapatkan info pendaftaran kuliah pada semester genap tahun depan..
    saya mohon bantuan nya..^^ saya harap bantuannya. terimakasih sebelumnya
    email saya: jalanterus.shashe@gmail.com atau ke nsa.wardani@gmail.com
    salam kenal..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s