Pesona Sungai Mahakam


Kalau menyebut tentang Samarinda, pasti yang terbayang dipikiran orang adalah Sungai Mahakam yang luas dan panjang. Memang, sepertinya sungai Mahakam telah menjadi ikon kota Samarinda, terutama bagi orang luar yang berkunjung ke kota ini. Tidak salah memang. Sungai Mahakam telah menjadi saksi dari denyut nadi kehidupan kota Samarinda berabad lampau.

Samarinda memang identik dengan Sungai Mahakam. Sejak Pemerintah Kota Samarinda menetapkan hari jadi Kota Samarinda jatuh pada tanggal 21 Januari 1668 berdasarkan peraturan Daerah Kotamadya Daerah Tingkat II Samarinda Nomor : 1 tahun 1988 tanggal 21 Januari 1988, Sungai Mahakam seolah menjadi magnet bagi Kota Samarinda. Untuk lebih jelasnya tentang Kota Samarinda, bisa klik disini.

Sungai Mahakam yang menjadi salah 1 ikon Kota Samarinda

Kebanyakan orang dari luar Kalimantan, khususnya mereka yang berasal dari Pulau Jawa, ketika pertama kali menginjakkan kaki di Kota Samarinda, akan terperangah melihat sungai Mahakam saat mereka melintas di jembatan Mahakam (“lebay mode on”). Mereka terkesima melihat betapa luas dan panjangnya sungai Mahakam dan berpendapat bahwa sungai ini mirip laut. Bagaimana tidak? Di Pulau Jawa kan’, sungai-sungai yang ada tidak seberapa besar dan paling-paling cuma bisa dilewati kapal-kapal berukuran kecil. Disamping itu, kadang ada persepsi yang salah tentang anggapan bahwa sungai Mahakam cuma milik orang Samarinda doang! Padahal nih, sungai dengan panjang sekitar 920 km ini melintasi wilayah Kabupaten Kutai Barat di bagian hulu, hingga Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Samarinda di bagian hilir. Di sungai hidup spesies mamalia ikan air tawar yang terancam punah, yakni Pesut Mahakam.

View Sungai Mahakam dari Kota Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara
View Sungai Mahakam dari Kota Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara
Pesut Mahakam, ikan yang hidup di perairan Sungai Mahakam dan menjadi Landmark Kota Samarinda
Pesut Mahakam, ikan yang hidup di perairan Sungai Mahakam dan menjadi Landmark Kota Samarinda

Sungai Mahakam memang telah memberi warna tersendiri bagi kota Samarinda dan keindahannya yang eksotis mampu memikat hati semua orang. Tertarikkah anda untuk melihat keindahan Sungai Mahakam? Mudah-mudahan………

20 thoughts on “Pesona Sungai Mahakam

  1. Orang Jawa terkesima lihat sungai sebesar itu….he..he.. Sungai yang dekat rumahku sungai Serayu lebarnya kurang lebih 30-75 meter, berapa sih lebar Mahakam? Jadi ingin ke sana nih, semoga Allah memberi kesempatan padaku tuk kunjungi Smarinda, amin. Hallo Ifan nih ku sudah berkunjung ke blogmu, ayo terus menulis. Tulisanmu bagus, begitu kok bilang terpaksa, ini bukan terpaksa menulis tapi hobi dan tulisan dari ornag yang berbakat. Yuk selamat ngeBLOG! O, ya aku Mbak! Terima kasih jendelakatatiti.wordpress.com.

    1. Oh. Jadi, mbak toh. Kirain mas. Maaf mbak ya. Terima kasih banget sudi berkunjung ke blogku yang sederhana ini. Mohon ijin, saya mau link blog mbak ke blog saya spy saya bisa selalu membaca puisi-puisi indah yang telah mbak hasilkan. Maju jaya terus….

    1. Mudah-mudahan niat saudara zakaria bisa dikabulkan Allah SWT untuk menatap keindahan Sungai Mahakam. Ini juga seharusnya menjadi cambuk bagi warga Samarinda untuk menjaga salah 1 ciptaan Allah SWT dgn tidak mencemari sungai.😛

    1. Allah SWT memang tidak terbatas dalam memberikan karunia-Nya. Salah 1 pemberian Allah SWT bagi warga Samarinda adalah Sungai Mahakam dengan seribu keeksotisannya. Bahkan lebih dari itu🙂

  2. ayo para blogger..kita kopdar bareng disamarinda…^^
    mba cempaka orang lempake,saya orang loabakung..gimana dengan mas cahyadi??

  3. Indah banget gan…
    seumur-umur ane belum pernah kesana. secara ane tinggal di pulau jawa..

    tapi sekarang airnya kayaknya dah gak jernih lagi yah…

    =============
    DUNIAKU DISINI : Begitulah mas. Sekarang sudah mulai tercemar dengan limbah berbahaya😦

  4. anak samarinda juga ya??
    wah….
    how impresif..^_^

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Begitulah. Saya juga kagum dengan tulisan pengagumlangit yang penuh dengan kiasan2 indah. kapan aku bisa seperti itu ya?

  5. Mas,mas di sungai mahakam itu bener nggak banyak ular besar?Ngeri juga klw bener.

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Hmm…kurang tahu ya. Soalnya bukan peneliti sih..

  6. foto yang paling atas ada view masjid, bagus. pesut kok mirip lumba-lumba,,,

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Itu namanya masjid Islamic Center Samarinda. Terbesar di seluruh Asia Tenggara lho.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s