Kuliah Lagi Ujian Lagi


Kuliah di Universitas Terbuka (UT) benar-benar butuh perjuangan. Butuh perjuangan karena mahasiswa dituntut untuk belajar secara mandiri. Mulai dari membaca modul-modul perkuliahan secara mandiri sampai mengerjakan tugas-tugas tutorial online pun dilakukan secara mandiri pula (ya iyalah harus dilakukan secara mandiri, karena kalau dikerjakan orang lain, bukan mandiri namanya). Kuliah di UT memang sedikit berbeda dengan kuliah regular pada umumnya. Kuliah regular mengharuskan adanya tatap muka antara dosen dan mahasiswa pada setiap sesi perkuliahan. Disamping itu, ada tugas-tugas yang harus dikerjakan dan dikumpul pada tenggat waktu tertentu dalam bentuk fisik, berupa laporan atau makalah. Sementara di UT tatap muka tidak diharuskan, kecuali bagi mereka yang mengambil program studi kependidikan. Ini berarti mahasiswa harus pro aktif terhadap dirinya sendiri untuk menguasai modul-modul mata kuliah yang nantinya akan diujikan pada setiap 6 bulan sekali. Satu-satunya cara untuk menguasai modul mata kuliah tersebut adalah dengan rajin membaca.

Nah, disinilah persoalannya. Aku yang juga terdaftar sebagai salah 1 mahasiswa UT pada UPBJJ Samarinda kadang mengalami kendala dengan hal ini. Minat membacaku itu ternyata tidak sekuat yang aku duga. Apalagi bila harus dihadapkan dengan modul-modul yang tebalnya minta ampun. Aduh, rasanya tidak kuat. Makanya jangan heran kalau nilaiku di UT tidak terlalu bagus alias jeblok. Ya itu tadi, karena kemampuan membaca yang lemah. Beda sekali dengan beberapa tahun silam, sewaktu aku masih menempuh perkuliahan D3 pada salah 1 universitas negeri di Samarinda. Nilai-nilaiku termasuk lumayan dan bahkan bisa mengambil mata kuliah untuk semester diatasnya. Jelas saja, waktu itu kan’ aku lagi fresh-fresh nya lulus dari SMA dan langsung melanjutkan kuliah. Jadi, otak lumayan encer. Kalau sekarang, kayanya udah karatan😆

*****

Hari minggu ini, dari pagi sampai sore, aku harus kembali berkutat dengan ujian-ujian mata kuliah di UT. Tempat pelaksanaannya seperti biasa di SMKN Negeri 1 Samarinda yang terletak dibilangan jalan Pahlawan. Dan entah kenapa, setiap kali ujian, selalu saja hujan turun dengan lebatnya. Pertanda apakah gerangan?

Mahasiswa yang tengah serius mengerjakan soal-soal ujian

Jujur, persiapanku pada ujian kali ini tidak terlalu maksimal. Aku hanya mengandalkan tugas-tugas yang telah kukerjakan sebelumnya melalui tutorial online pada website pembelajaran UT. Paling tidak aku berharap, dengan mengerjakan tugas tutorial online ini bisa mendongkrak nilaiku ke posisi yang lebih baik.

Sebenarnya,tutorial online ini merupakan sesuatu yang baru bagiku. Baru semester 4 inilah aku memanfaatkan layanan tersebut. Sebelumnya aku tidak mengerti sama sekali manfaat apa yang bisa diambil dengan mengikuti tutorial online. Tapi setelah mempelajari dengan seksama, aku mulai memahaminya. Dan menurutku, pembelajaran secara online ini sangat bermanfaat untuk memantapkan pemahaman mahasiswa tentang materi mata kuliah yang akan diujikan. Paling tidak, mahasiswa mendapatkan gambaran bentuk soal semacam apa yang nantinya diprediksi keluar pada waktu ujian.

Lokasi sekolah tempat berlangsungnya ujian

Meski agak terlambat mengetahui manfaat layanan tutorial online UT, tapi ini sudah menjadi langkah besar bagiku. Apalagi dengan adanya laptop dan fasilitas internet unlimited yang kupunyai sekarang ini, semakin memudahkanku untuk mengikutinya. Sampai malam pun mengikuti tutorial online ini tidak jadi masalah. Meski sedikit bermasalah dengan jaringan yang agak lemot, tapi ini bukan hambatan. Apalagi kegiatan tutorial online ini aku lakukan di rumah. Tentunya bisa lebih bebas, lebih nyaman dan lebih-lebih lainnya dan juga bahkan bisa sambil melakukan aktifitas yang lain (semacam : rebah-rebahan, ngemil, bahkan sekali-kali bisa menengok berita di TV yang sekarang jadi headlines news). Kalau di warnet, pastinya  yang lebih-lebih dan sambil itu takkan bisa dilakukan. Ya iyalah, mana ada warnet yang mau diperlakukan kaya’ rumah sendiri. Belum 1 jam browsing saja, sudah dicemberutin sama abang operatornya. Malahan mungkin langsung diusir😦

Hmm…kayanya sudah terlalu panjang keluh kesahku dihari ini. Aku akhiri saja sambil memohon kepada Tuhan, semoga nilai-nilai mata kuliah yang aku ikuti pada ujian kali ini bisa lebih baik dari sebelumnya. Amin.

78 thoughts on “Kuliah Lagi Ujian Lagi

  1. rose hanya bisa mendoakn semoga kesungguhan dan kerja keras ifan membuahan hasil yang memuaskan…🙂 aamiin

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Amin. Mudah2an saya juga punya tekad yang kuat untuk menggapai semua itu

  2. hujan ya de’.. hehehe itu mah pertanda sueggeeeerrrr… kan ga gerah n fanas kalau pas ngerjain soal…. ya gak?? ademmmm gtu ^^

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Tapi ya itu, harus berbasah-basah ria menuju lokasi ujian.😆

  3. kok masih sempet foto2 pas lagi ujian? hayo jangan nyontek ya ifan😛

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Bismillah dan percaya diri saja mengerjakan semua itu mas Didot. Hasilnya saya serahkan kepada Allah. Yang terpenting saya telah memaksimalkan kemampuan saya

  4. wah, semoga sukses dengan ujiannya, masd ifan, apalagi ada dukungan tutorial online, sehingga bisa terus terpantau perkembangannya.

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Benar pak Sawali. Dengan adanya tutorial online, perkembangan perkuliahan bisa jadi terpantau.

  5. Jangan bosen ujian kalo kuliah … wah fotonya maknyus2 …

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Ya, itu sudah resiko mas. Kalau kuliah pasti harus menghadapi yang namanya ujian:mrgreen:

  6. tetap semangat ‘fan,
    sukses selalu okey, hehehe…
    do the best..bismillah…
    🙂

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Terima kasih. Sukses juga buat mas Yanrmdh.😛

  7. Hahahaha…. emang kalo baca buku teks bikin males ya kalo tebel2…😐 Ngomong2 bukunya berbahasa indonesia apa berbahasa inggris?😀

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Bahasa Indonesia dong mas Asop. Kalau pakai bahasa inggris, tambah teler lagi saya mas:mrgreen:

  8. wah….kulih di UT ya…
    di Jl.Pahlawan situ kan ya??
    kmrn s4 mau kul di UT…tapi ngerasa ga sanggup aja..so pindah ke Widyagama aja..🙂

    lokasi samarinda dimana pak??kerja dimana juga nih??

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Iya. Ujian UT dilaksanakan di SMKN 1 SMD Jln Pahlawan. Saya telah kerja dan tinggal di seputaran pusat kota Samarinda😛

  9. pengen ujian… udah lama saya nggak ujian..ujian kehidupan?mungkin😀😀

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Kok Ujian kehidupan? Bukannnya banyak orang yang menghindar jika dihadapkan dengan kehidupan😛

  10. semangat bang ifan..
    Setelah usaha dan doa, biarkan tangan Allah yang bekerja. InsyaAllah hasilnya akan baik-baik saja..yang penting positif thinking klo hasilnya akan baik.

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Benar mbak Fety. Saya sebagai manusia hanya berusaha semampu yang saya bisa. Allah Taala jualah yang nantinya menentukan

  11. Pengennya kuliah tuh disambi kerja, full organisasi, ikut kontes, ikut seminar, aktif kemahasiswaan, tapi apalah daya bila urus yang itu maka yang ini menjadi “keteteran” deh…

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Oleh karena itu, pilihlah kegiatan yang benar-benar menjadi prioritas utama. Tidak mudah lho melakukan kegiatan sekaligus dalam 1 waktu

  12. terus semangat … dan semoga lulus … jangan lupa di dukung dengan Doa juga ….

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Benar mas Bayu. Usaha tanpa doa adalah sombong. Dan mudah2an aku tidak seperti itu

  13. amiiinnn…selamat y mas ifan
    wah rajin ni kuliahnya ( rajin opo toh?😀 )
    yang penting habis kuliah langsung nikah y mas ifan xxixi

    maaf ni saya lagi ronda..nanti saya mampir lagi
    yuk ah marii..

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Hati-hati lho, kebanyakan ngeronda bisa jatuh sakit😛

  14. hehehe
    apapaun itu
    harus tetep smngat pokokna
    ujian libas ajah
    ckckkckc

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Ujian libas? Ih…kayak pertempuran aja😛

  15. itulah uniknya Universitas Terbuka, selain termasuk PTN, ia juga sudah menjadi Universitas Kelas Dunia.

    tutorial online mendukung penambahan nilai sebesar 15 %

    semoga hasilnya memuaskan . sumpah deh, untuk dapat A di UT butuh perjuangan yang benar-benar .😀

    salam

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Mas sepertinya familiar sekali dengan seluk beluk UT. Pernah kuliah di UT ya. Harus saya akui, mendapatkan nilai A di UT, seperti meraih bintang di langit saja. Perlu usaha keras dan semangat untuk belajar. Terima kasih ya atas informas tambahannya tentang UT. Salam balik juga untuk mas Usup😛

  16. Waahh…Good Luck untuk kuliahnya mas Ifan…
    Moga nilai2 ujiannya bagus
    semangat…🙂

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Terima kasih mbak Rina atas penyemangatnya😛

  17. hanya ingin menyapa ifan.. blom ada apdetan seeh… salam dari sunflo yaak… ^^

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Salam balik juga buat mbak Sunflo😛

  18. Waduw..masih sempat iseng ngambilin foto ujian lagi. Kalau saya mas gak kepikiran lagi. Saya suka ini, kreatif mas.

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Tujuannya adalah, agar beberapa tahun yang akan datang, takkala saya kembali membaca arsip2 lama dari tulisan saya ini, akan ada memori tersendiri yang bisa menjadi penyemangat untuk kembali kuat menjalani hidup. Bahkan, bisa menjadi bahan tertawaan tentang betapa naifnya saya kala itu (Duh..perasaan)😛

  19. Kuliah sambil kerja memiliki tantangan sendiri…🙂
    Tetap semangat mas Ifan… memang kadang membaca tutorial sangat berbeda dengan membaca novel… berat banget ya hikss hiksss daku pun merasakan hal itu…

    Sukses buat Ujiannya.. InsyaAllah Hujan pertanda Rahmat dari Allah SWT…
    SEMANGAT🙂

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Iya mbak Delia. Membaca modul memang memiliki tantangan tersendiri karena bahasa dan pemaparannya yang sangat ilmiah shg sulit untuk dipahami

  20. aminn. semoga nilainya bagus lg yaa…🙂
    untuk mendapatkan nilai yg maksimal harus disertai usaha belajar dan berdoa.. niatkan segala aktivitas (termasuk kuliah dan belajar) adalah ibadah, ibadah yg baik buat diri dan masa depan kita.. jika sudah diniatkan ibadah yg mendatangkan pahala, insya Allah kita akan semakin giat dalam belajar dan pastinnya akan medapatkan pertolongan dan dimudahkan Allah dalam mendapatkan ilmu…

    ayooo semangattt mass..😀

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Benar mas. Segala sesuatu harus kita niatkan semata2 untuk beribadah kepada Allah Taala😛

  21. Selamat berjuang Mas. Menimba ilmu dimana saja yang penting ilmunya manfaat

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Benar mas. Mudah2an ilmunya bisa bermanfaat

  22. ujian masih sempat saja motret motret?????😀

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Ya begitulah, namanya juga pengin dibuat tulisan, jadinya perlu data pendukung dung berupa foto😛

  23. Semangat ! Sekarang sudah banyak fasilitas ilmu, lebih praktis lagi….Gunain dengan sebaik2nya….

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Semangat juga. Insya Allah akan saya gunakan sebaik-baiknya fasilitas ini

  24. Sudah keluar belum nilai ujiannya, Ifan?
    Bertahun-tahun yang lalu, saya juga pernah mengerjakan tugas-tugas suami yang mengikuti kuliah di Universitas Terbuka…duh, dia yang kuliah, saya yang kebagian ngerjain tugasnya…
    Tapi apa boleh buat, alasan tidak ada waktu karena tugas operasi di Timor-timur, membuat saya rela begadang mengerjakan tugas yang diberikan🙂
    Setelah berpindah tempat kuliah dari Malang, Tim-Tim dan Medan, akhirnya suami saya di wisuda juga di Jakarta tahun 1998 yang lalu…perjuangan yang berbuah manis, semoga Ifan juga begitu ya, keluh kesah ini akan berbuah indah suatu saat nanti…Amin.

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Semester 1 sd. 3 telah keluar nilainya. Hasilnya bervariasi bu. Ada yang bagus namun ada juga yang sebaliknya. Untuk semester selanjutnya, saya akan berusaha meningkatkan kemampuan belajar saya agar hasilnya lebih baik juga. Sekali lagi terima kasih bu atas doanya.

  25. Ngambil kuliah apa mas Ifan? semoga sukses.. dan lulus ujiannya😀 ayo semangat kreditnya tinggal sedikit lagi..😀

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Ngambil Administrasi Negara nih ceritanya😛

  26. Hehe gud luck deh mas >_<
    saya doakan deh hehe

    btw samarindax dmana mas?

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Terimakasih. Semoga cempaka sukses dengan program lupusnya

  27. saya pernah kuliah di UT beratnya luar biasa, lulus tak sampai 2,5

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Benar pak. Perlu perjuangan keras untuk mendapatkan IP seperti yg bapak sebutkan diatas, karena memang UT agak berbeda dengan kuliah pada umumnya

  28. selamat ujian ya…semoga sukses. eh bisa kasih info soal UT ga? dari A-Z deh pokoknya…thanks b4

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Langsung aja kunjungi website. Disitu penjelasannya sangat mendetail

  29. Saya dah gak kuliah, jadi ujiannya buka dalam bentuk pertanyaan di kertas😀

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Jadi apa dong? Ujian kehidupan ya?😛

  30. Wow, ternyata dirimu kuliah di UT. Syukurlah masih semangat tuk kuliah, walopun otak udah mulai malas karena terlalu sibuk di dunia kerja🙂
    Semoga sukses ujiannya ya🙂

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Terima kasih. Saya akan berusaha belajar yang lebih keras lagi meski waktu juga terbatas krn kesibukan🙂

  31. Diriku belum kuliah lagi nih, karena belum ada dana😦

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Sama juga sih mbak. Dana saya juga cekak. Tapi dicoba aja dulu

  32. Yup bener
    Dan mau nikah pun ada ujiannya
    Saya lebih menyebutnya denan seni pra nikah😀

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Duh…yang mau nikah. Ternyata ada seni nya juga ya😛

  33. kuliah lagi ujian lagi ga ada apdetan lagi…🙄
    fulang lagi aaaah…:mrgreen:

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Datang lagi Pulang lagi. Ya, harus bagaimana? Bukan blogger harian sih:mrgreen:

  34. wah hebat bang. Saya pengagum mahasiswa UT dimanapun dia berada. Karena hanya UT-lah yang menurut saya sangat objektif. dan itu merupakan akar dari dunia pendidikan yang sebenarnya.

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Masa sih mas. Tapi saya masih lihat waktu ujian, ada aja yang cari2 kesempatan. Hehehe:mrgreen: Tergantung pribadi masing2 mau menjadikan kuliah itu seperti apa.

  35. Kunjungan balik mas dari Spirit 89 Blog ,,,
    saya juga masih kuliah kok mas,, susah reguler mas,, apalagi sudah semester 6 kaya gini,,, jadi stress banget,,

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Jangan stress. Teruslah semangat. Esok kan kau tahu betapa kesuksesan itu mahal harganya

  36. Idih…. sibuk ngerjakan ujian masih sempat aja foto-fotoan hehe… Oya klo ujian dikala hujan turun itu tandanya rezeki… jadi bisa berarti nilainya 10, ga ada salah sama sekali hihi…

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Amin. Semoga seperti itu mbak😛

  37. semangat bro…belajar yang keras yah…supaya lulus…hehee..

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Iya, mudah2an saya terus semangat. Terima kasih

  38. datang mengunjungi dengan harapan yg baikuntukimu
    salam hangat dari blue

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Harapan baik akan saya sambut dengan sukacita dan semoga juga begitu untuk Bluethunderheart. Tapi saya sebenarnya masih penasaran dengan sosok Blue

  39. semangat ya,
    aku dulu pernah nyoba belajar di UT, tp sebentar aja
    jangan niru aku ya

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Tidak apa2 mbak monda. Kadang kita tidak pernah bisa menebak yang terjadi kedepannya akan seperti apa

  40. Kuliah UT memang berat karena harus benar-benar mandiri, namun ini merupakan tantangan tersendiri. Hanya orang yang ulet yang akan berhasil, semoga Dik Ifan termasuk yang berhasil. Amiin. Tetap semangat ya..
    Oya maaf dl pas mau masuk ke blog Dik Ifan yang satunya, error melulu jadi tidak bisa meninggalkan koment apa2. Be succes..

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Tidak apa2 mbak. Sukses juga untuk semua yang mbak kerjakan

  41. aku sempet kepikiran pengen kuliah di UT
    tp aku males klo disuruh mikir sendiri..hehe

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Iya. Kadang2 ada juga perasaan macam itu menimpa saya😦

  42. Whaaa mas ifan pns nih kayaknya….
    hi hi hi…

    slamat berjuang yaa di UT..

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Emangnya orang seperti saya ada potongan seperti PNS pak?🙂

  43. UT, kuliah jarak jauh, kalo ujian jarak dekat..jauh dekat tarifnya berapa mas?

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Ih. Kayak angkot aja. Kalau jauh, dihitung per sks. Jadi tergantung banyaknya sks yang kita ambil😛

  44. ini bukan keluhan namanya, tapi berbagi cerita (^^,)

    yg semangat yaa!! pasti bisaaa!!! (^^,)

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Terima kasih. Mudah2an bisa juga😛

  45. Sémangat dalam belajar, selamat menempuh ujian, semoga selalu sukses…

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Terima kasih. Semoga saya bisa mewujudkannya

  46. Malam minggu cocok juga buat belajar

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Memang cocok. Jgn mentang2 malam minggu, lalu dibuat untuk pacaran aja. hehehe:mrgreen:

  47. Nah postingan terbaruku mengenai ujian baruku itu hehe

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Iya, saya telah membacanya. Tetap tegar ya mas achoey dalam menjalani hidup. Apalagi sebentar lagi mau menikah, pasti ada aja sesuatunya yang kadang bikin kita panik

  48. tetap semangat mas ifan, smg sukses🙂
    sebenarnya yang namanya belajar mandiri itu sangat perlu lho, walaupun kuliah tatap muka dengan dosen. apalagi kalo kuliah dgn bahasa pengantar bukan bahasa ibu, waaah perlu tenaga ekstra untuk lebih paham pelajarannya ^_^

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Terima kasih mbak yani atas penyemangatnya. Mudah2an kedepannya usaha untuk belajar lebih keras itu semakin terpupuk di hati saya

  49. Semoga tetap semangat..
    Sebetulnya, kuliah reguler juga membutuhkan persiapan, sebelum kuliah mahasiswa diharapkan membaca dulu materi kuliah, sehingga saat ketemu dosen tinggal menanyakan apa yang belum dimengerti dari bahan yang diberikan. Jadi, bahan kuliahpun tidak hanya satu buku, tapi berbagai buku, yang harus dibaca..jika mengandalkan hana mendengar di ruang kuliah, nilainya akan jeblog

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Benar juga sih bu. Mendengarkan saja penjelasan dosen tanpa belajar lebih lanjut, rasanya akan sia2 saja

  50. hmm … assalamu’alaikum …

    kunjungan balik …

    btw, lagi ujian, masih sempet-sempetnya berfoto ria … hehehe …

    afwan …

    salam ukhuwah … ^_^

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Disempet-sempetin fotonya agar nyambung dengan tulisannya. Hehehe😛

  51. wah ujian tapi masih sempat foto sana sini ya mas…🙂 hehe ttap semangat mas… Chayoo😉

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Yoi. Habis, kayanya asik juga sambil ujian sambil foto2. Ini saja saya memfotonya secara diam2 lho😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s