Menjelajah Kabupaten Paser


Selama 2 hari, dari tanggal 11 sd. 12 Mei 2010, aku bersama kedua temanku menjelajah Kabupaten Paser. Kabupaten Paser masuk wilayah administrasi Provinsi Kalimantan Timur yang letaknya di ujung selatan dan berbatasan langsung dengan Provinsi Kalimantan Selatan. Untuk bisa sampai kesana dari Kota Samarinda, yang merupakan Ibukota Provinsi Kalimantan Timur dibutuhkan waktu + 8 jam perjalanan darat (plus laut) dengan terlebih dahulu melewati 2 kabupaten / kota yang lain, yaitu Kota Balikpapan dan Kabupaten Penajam Paser Utara. Hmm…cukup lama juga ya dan pastinya melelahkan bagi mereka yang tidak terbiasa dengan perjalanan jauh ini.

Penjelajahan kali ini berkenaan dengan kegiatan monitoring kepegawaian yang diadakan oleh instansi tempat aku bekerja. Kebetulan aku dan temanku dapat giliran jadwal monitoring di Kabupaten Paser. Namun, bukanlah kegiatan monitoringnya yang akan aku ceritakan, melainkan sisi-sisi lain yang kuanggap menarik dan berkesan selama dalam perjalanan hingga sampai ke lokasi tujuan dan akhirnya balik lagi ke Kota Samarinda. Dan sisi-sisi lain itu adalah sebagai berikut :

  • Tertahan lama di Pelabuhan Kariangau Balikpapan. Antrian kendaraan yang akan masuk ke Kapal Motor Fery begitu mengular. Alhasil, perjalanan yang tadinya diprediksi bisa tiba tepat waktu di lokasi tujuan, ternyata molor beberapa jam dari yang direncanakan.

  • Di dalam fery, melihat berbagai gelagat dan tingkah polah dari para penumpang. Nampak jelas, raut kelelahan diwajah mereka. Mungkin karena pengaruh dari antrian yang cukup lama tadi. Satu hal yang paling menarik dari semua itu adalah adanya promosi penawaran barang yang dilakukan salesman dengan menggunakan pengeras suara. Si salesman berdiri berhadapan dengan penumpang sambil memperagakan barang dagangan yang dipromosikan. Sungguh kreatif, tapi kadang merasa iba juga. Apa yang mereka promosikan seperti dianggap angin lalu saja. Penumpang malah asyik dengan kegiatannya sendiri-sendiri. Ya, inilah hidup. Apapun akan dilakukan untuk tetap bertahan.

  • Sepanjang perjalanan dari Kabupaten Penajam Paser Utara ke Kabupaten Paser disuguhi pemandangan alam yang menakjubkan sekaligus memprihatinkan. Menakjubkan karena pada awal-awal perjalanan, hutan lebat yang selama ini menjadi kekuatan utama Pulau Kalimantan tampak masih berdiri dengan kokoh. Namun makin kesananya, sungguh memprihatinkan. Penggundulan makin marak saja sepertinya. Entah berapa lama lagi hutan-hutan itu akan bisa bertahan dari rongrongan kerakusan manusia.
  • Hamparan kebun kelapa sawit disepanjang kiri kanan sisi jalan tampak mendominasi. Kebun kelapa sawit ini sekarang sedang naik daun dan menjadi komiditi andalan Provinsi Kalimantan Timur setelah sektor kehutanan kolaps. Entahlah, apakah pembukaan perkebunan kelapa sawit ini juga menjadi andil terhadap pengrusakan hutan. Yang jelas, masyarakat sekitar menggantungkan perekonomiannya pada sektor ini.

  • Provinsi Kalimantan Timur yang ‘katanya’ memiliki APBD yang besar dibandingkan dengan provinsi-provinsi lain di Indonesia, ternyata infrastrukturnya tidaklah sebagus yang dibayangkan. Masih banyak kerusakan jalan yang ditemui. Bahkan longsor dibeberapa titik cukup parah dan apabila tidak berhati-hati dapat mengancam keselamatan pengendara.
  • Tiba di Tanah Grogot yang menjadi ibukota Kabupaten Paser pada pukul 4 sore Waktu Indonesia Bagian Tengah. Aku dan temanku menginap di Hotel Mariola. Barulah keesokan harinya melakukan kegiatan monitoring kepegawaian tersebut. Alhamdullillah berjalan lancar dan tak ada hambatan. Karena masih ada waktu, kami sempatkan berkeliling melihat suasana Kota Tanah Grogot dan bahkan mampir juga ke pasar tradisionalnya.

Taman Bunga Putri Saleha
Pasar di Kabupaten Paser. Kenapa ya kalau pasar tradisional selalu becek begini?
Tepian Sungai Kandilo
Pusat Perbelanjaan Masyarakat Paser
Suasana pagi di ruas jalan, Tanah Grogot, Kab. Paser.
  • Balik lagi ke Samarinda dengan melalui rute yang sama. Nah, sewaktu melintas di kawasan Bukit Soeharto Balikpapan pada sore harinya, ada 1 hal yang tampaknya sedikit mengundang rasa misteri. Kedua temanku melihat sosok seorang nenek yang tengah duduk di pinggir jalan di persekitaran hutan Bukit Soeharto tersebut. Temanku yang duduk dibelakang pada mobil yang kami tumpangi berkata kepadaku seperti ini : “Eh, ada nenek-nenek yang duduk dipinggir jalan. Kamu lihat enggak Fan?” Kujawab : “Enggak lihat tuh”. Memang saat itu pandanganku tertuju kearah yang lain. Lalu temanku yang satunya berkata : “Sudah, jangan dibahas sekarang”. Akhirnya temanku yang duduk dibelakang itu mengerti dan diam saja. Memang, aku sering mendengar cerita dari orang-orang bahwa kawasan tersebut cukup angker. Banyak hal-hal aneh yang sering terjadi. Dan jika melihat hal-hal aneh tersebut disarankan untuk tidak membahasnya (siapa juga yang mau membahas hal-hal seram semacam itu). Jadinya, yang aku lakukan saat itu hanyalah berdoa dengan membaca ayat kursi, surah-surah pendek Al Qur’an dan tentu saja memohon perlindungan Allah SWT untuk dihindarkan dari hal-hal ngeri tersebut.

Nah, itulah hal-hal yang aku alami sepanjang perjalanan menjelajah Kabupaten Paser. Memang sepertinya tidak penting untuk diceritakan. Tapi aku ingin suatu saat, ketika aku membaca tulisan ini lagi pada beberapa tahun yang akan datang (Insya Allah jika dipanjangkan umur), aku bisa menertawakan kenaifan yang aku lakukan dimasa silam.

64 thoughts on “Menjelajah Kabupaten Paser

  1. wow sungguh menarik petualangannya ( emangnya si bolang hehe )
    PERTAMAX ga yah..
    hoho ternyata pas kesini ada tulisan baru..senangnya..
    gini ni asik saya bacanya sambil liat2 pemandangan yang disuguhkan hehe
    nice posting

    =========
    DUNIAKU DISINI : PERTAMAX? Bahan bakar kale…

    1. mas ifan, kang ian mah kasih premium saja . saya sih solar saja .😆

      ***

      wah, senang berpetualang ya, saya juga tuh . heheh, suka berkunjung ke kabupaten-kabupaten di sekitar kabupaten bogor .

      kayaknya, di sana banyak perkebunan kelapa sawit ya?

      oh, ya, di sini juga pasar tradisionalnya masih becek . ada juga sih yang udah memodernisasikan pasar tradisionalnya .

      wah, lwat tempat angker ya . ckckck . inilah salah satu yang sering dilakukan di negeri ini, sering mengait-ngaitkan sesuatu hal dengan kemistikan yang indak ada landasannya . sebaiknya kita tetap berpikir postif saja atas segala hal yang dianggap janggal….

      liburan yang menyenangkan,

      naik feri. jadi inget empat tahun lalu, waktu ke lampung . ^^

      selamat beraktivitas kembali .

      ==========
      DUNIAKU DISINI : Nggak bisa dipungkirin sih mas, ada perasaan ngeri mengalami hal2 tsb. Tapi tidak sampai paranoid lho. Karena kuyakin kekuatan terbesar itu datangnya dari Allah SWT.

      Naik Fery ? Kepalaku pusing. Nggak tahu kenapa? Mungkin faktor kelelahan kali😛

      Oke, semoga mas Usup terus semangat ngeblog dan ditunggu puisi dan cerpen indahnya🙂

      1. Sebelumnya saya haturkan permohonan maaf kepada semuanya, karena dengan ini saya batalkan de Go Blog Competition 2010, dan sebagai gantinya Menulis Puisi “Kepada Usup Supriyadi”

        ***

        kalau sudah ada rasa ngeri maka ya akan muncul rasa takut . dan tidak boleh takut keselain-Nya .

        well, kalau saya mah naik fery senang sekali . ckckck . tapi waktu pertama kali mah ya emang mabok laut . ckckck .

        terima kasih atas doanya😀

        ==========
        DUNIAKU DISINI : Oke, saya akan coba ikutan meskipun saya tahu kemampuan berpuisi saya sangat lemah

  2. yah jd yg k 2. menarik juga? kpan y bsa brkunjung?

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Nggak papa jadi yang kedua. Asalkan selalu semangat🙂

  3. Saya serasa di kabupaten Paser – terima kasih sudah mengajak jalan-jalan😀

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Jalan jalan di dunia maya saja ya. Itupun kayanya telah memberikan gambaran tentang Kab. Paser😆

  4. Wuih… perjalanan yang melelahkan ya mas. Jadi pengen jalan-jalan ke Kaltim. Dari bjm kalau naik motor kira-kira berapa lama ya bang?

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Dari informasi yang saya dapat dari teman, kira2 sekitar 8 sd. 9 jam (mengendarai motor)

  5. bunda suka banget lihat foto yg terakhir🙂
    bagus banget.
    tapi, belum pernah tau kabupaten Paser dan Tanah Grogot,
    terimakasih MAs Ifan sudah dioleh2i perjalanan yg indah.
    kapan ya bisa kesana ? 😦
    salam

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Iya, bundo. Kab. Paser adalah salah 1 dari 14 kab/kota yang ada di Kaltim. Mudah2an suatu saat bisa berkunjung kesana😛

  6. Assalaamu’alaikum Ifan

    Wah… sudah dapat rumah barunya ya.. cukup menarik dan menceriakan. saya sukakan rona putih dan gabungan warna warni sebagai latar belakang blog ini. Nampak bersemangat sekali ketika menatap dan membaca di sini.

    Senang dapat membaca dan menatap wajah foto-foto dari sana seakan saya mengalaminya sendiri. Satu perkongsian yang bagus dalam memanjangkan pengetahuan dan pengalaman perjalanan ke satu-satu tempat. Mudahan suatu hari nanti akan bisa berwisata ke Indonesia.

    Salam mesra dari saya di Sarawak.

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Insya Allah, jika ada rejeki pasti bisa menyempatkan diri berkunjung ke Indonesia bu. Jom jalan2 ke Indonesia

  7. foto-fotonya keren bro

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Masih jauh dari yang diharapkan mas. Soalnya saya hanya mengandalkan kamera HP saja. Coba kalau ada camera digital😦

  8. Oh iya… saya menjemput Ifan Jayadi ke ruang Galeri Award Dariku untuk menitip AWARD LAMAN BAHARU sebagai tanda persahabatan dan penghargaan di dunia blogger. Semoga sudi dan senang menerimanya.

    Silakan ke sini :

    http://websitifatimah.wordpress.com/galeri-award-dariku/

    Salam persahabatan dari saya.

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Terima kasih bu atas awardnya. Dan sekarang telah saya pajang di lemari award. Mudah2an akan semakin tercipta silaturahmi yang semakin erat diantara para blogger

  9. wah kalimanan ya dulu aku pengen banget ke situ untuk melihat hutan hujan tropis^^ ternyata sampai saat ini aku cuma sempet ke Balikpapan untuk ikut seminar…itupun cuma sibuk belanja doang…

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Tidak apa2. Yang pentingkan pernah menginjakkan kaki ke daratan Kalimantan. Kayanya udah cukup terwakili

  10. Ifan, saya baru tau kalo Kabupaten Paser itu ibukotanya Tanah Grogot…nama yang terakhir sudah pernah saya dengar, tapi belum pernah membaca selengkap di posting ini🙂
    Jalan yang ada di foto, bagus banget malah…hanya memang penggundulan hutan di Kalimantan sangat memprihatinkan. Makasih sudah berbagi cerita dan gambar, siapa tau suatu saat saya juga akan berkunjung kesana…😛

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Insya Allah bu, suatu saat bisa berkunjung ke Tanah Grogot. Nanti sepanjang perjalanan, ibu bisa menyaksikan hamparan perkebunan kelapa sawit. Salam sukses untuk ibu😛

  11. wah, dah selese ujian langsung jalan2 nih:mrgreen:
    jadi tau kalau di sebrang sana ada kabupaten paser

    nice info, selamat menikmati perjalanan surveinya
    🙂

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Ya, perjalanan surveynya yang dipenuhi dengan rasa lelah namun juga mendapatkan pengalaman yang berharga😛

  12. mas, kalo lama di pelabuhan gitu…
    aku jg suka turun dr mobil dan liat sekeliling….
    menyenangkan ya liat pmndgn yg jarang kita liat sblmnya…hehehe
    btw, baca prgraf terakhirnya aku jd merinding jg nih…😉

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Benar mbak Vany. Saya juga turun dari mobil dan berkeliling melihat dipersekitaran. Dan tentunya menyenangkan😛

  13. wah, jadi iri nih sama mas ifan yang bisa jalan2 dalam rangka menjalankan tugas, hehe … kerja sekaligus refreshing.

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Seperti itulah pak. Kegiatan kelar sekaligus bisa melihat kota orang

  14. wahhh asyiknya…
    jadi ingat pernah naik kapal roro…
    bagus mas… makasih sharingnya…

    ohya kenapa tidak disubmit ke blog plesiran pakde cholik mas… biar banyak yang mengetahui tentang daerah kalimantan..

    makasih

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Soalnya ini tulisan yang bukan bercerita tentang pariwisata daerah mbak. Tetapi lebih kepada catatan pribadi😛

  15. dooh pasarnya juga sama kek di jawa ya fan… becek.. kenafa hampir sebagian pasar kek bgitu ya?? terus tuh jalanan di kebun kelapa sawit keknya mulus kek jalan tol.. hehhe…
    tugas dan berpetualang ya… sering2 ajah kek gini, biar kasih lihat ke kita2 ini pics yg beragam ttg luar jawa… secara aq blom pernah ke luar jawa neh…

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Memang tidak pernah ke Luar jawa. Tapi kalau keluar negeri udah makanan sehari2 mbak Sunflo kan. Hahaha:mrgreen:

  16. ituuu si rose kenapa jadii patung di situuu…:mrgreen:

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Karena si rose ingin menjadi bagian yang tak terpisahkan dari Kota tersebut. Ia rindu akan masyarakat dan budayanya. Seperti itulah kira2😛

  17. Pasti menyenangkan menjelajah ke daerah yang masih banyak pepohonan….
    Saya punya keponakan yang bekerja di Balikpapan….cuma belum pernah menengok kesana.
    Kalimantan baru kota Pontianak, Banjarmasin dan Martapura yang pernah saya kunjungi

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Mudah2an suatu saat bisa ke Prov. Kaltim. Karena yang telah ibu kunjungi itu berada di Prov. Kalbar dan Kalsel. Tapi budaya masyarakatnya mirip2 aja bu

  18. Makasih untuk liputannya, saya sendiri belum pernah tahu apa itu Kab Paser…. Sekarang jadi banyak tahu. :_

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Mudah2 semakin tahu bagian lain dari wilayah Indonesia Raya ini😛

  19. Kayaknya saya juga udah 2 kali pergi ke Kabupaten Paser karena urusan kerja juga.
    Lumayan bisa plesir pakai uang kantor, hehehe….

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Tapi jangan sering2 mas. Bagi2 dengan yang lain dong:mrgreen:

  20. wow… dree jadi berasa jalan jalan juga…

    seneng neh baca blog nya jadi tambah ilmu….

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Terima kasih dree. Nikmati jalan2nya ya meski sebatas tulisan😛

  21. Wah, liputannya panjang buangets….Enak dunk yang jalan-jalan…

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Enak. Tapi juga harus bertanggung jawab dengan kegiatan yang menjadi tugas pokok

  22. Sebuah perjalanan selalu ada hikmah ya ….

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Benar. Ada hikmah yang bisa kita petik. Terutama mengagumi keindahan alam ciptaan Tuhan

  23. aku baru denger itu nama paser
    udah pernah ke samarinda dan balikpapan tapi cuma sekejap hehehe

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Cuma sekejap tapi pasti meninggalkan memori yang takkan terlupakan

  24. weh….
    saya sering naik fery…pas saat mudik ajah..hehehehe..🙂
    bakso enak lho…hihihi
    walaupun mahal..😦

    mang kerja dimana sih??
    jangan2 staf gubernur yak??

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Aduh, ketinggian mbak😛 Saya cuma pegawai ecek2 kok😦

  25. Dulu waktu sy masih kul di UNMUl, pengen bgt katanah grogot t4 temen sy.. tapi ga kesampean.. hiksss.. keburu merantau😦

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Tidak apa2. Insya Allah pada suatu waktu nanti mbak Cempaka pasti bisa kesana😛

  26. waktu sekolah dulu pernah dengar ada nama bukit Soeharto, tp nggak tahu di mana tepatnya. tp stlh membaca artikel ini saya punya gambaran di mana kira2 posisi bukit Soeharto itu🙂

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Begitulah Pak. Bukit Soeharto merupakan kawasan tahura yang terbentang sepanjang perbatasan Samarinda Balikpapan.

  27. wuaaahh serasa lagi berada di kabupaten paser beneran neh hehe.. kotanya asri dan bersih tuch kayanya.

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Benar. Kotanya memang asri dan bersih. Dan belum banyak kendaraan. Jadi udaranya segar. Tapi sayang pasar tradisionalnya becek😦

  28. pasar tradisional tempatku juga gitu emang…becek….. udah gitu ndak ada odjek….😀

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Kaya Cinta Laura dong! Mana hujan, becek nggak ada ojek

  29. aku jadi punya ide untuk memposting pengalamanku jalan-jalan di jakarta.
    Halah semua juga dah pada tau kalee jakarta.

    Lho emang ifan tugas di kalimantan yaa. Mantap…… Dah berapa lama tugas di sana gan

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Halooo….kemana saja anda? Ya iyalah saya memang berasal dari Kalimantan, tepatnya di Prov. Kaltim dgn ibukotanya Samarinda. Nah, disitulah saya tinggal dan bertugas

  30. aku suka liat jalanan yg sepi itu
    enak banget yah.. seger lagi udaranya

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Benar mbak. Maksudnya benar2 segar😛

  31. Ketika saya dinas di Kaltim (Balikpapan) saya juga pernah ke Tanah Grogot karena disana ada satuan bawahan saya. Naik fery lewat Penajam lalu jalan darat yang kondisinya masih belum begitu bagus ( 1976-1983)

    Ketika Pak Harto meresmikan jalan raya Balikpapan-Samarinda tahun 1977 saya menjadi komandan kawal kehormatan. Ke Samarinda juga beberapa kali-kala itu itu masih naik fery dari Samarinda Seberang-Sekarang dah ada jembatan Mahakam.

    Thanks sudah mngingat saya tentang Kaltim.

    Salam hangat dari Plesiran-media untuk mempromosikan pariwisata daerah anda secara gratis. Pengirim artikel yang dimuat akan mendapat tali asih berupa sebuah buku yang bermanfaat. Silahkan join di Plesiran.

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Ternyata Bapak pernah bertugas di Kaltim juga ya. Wah, pastinya saya belum lahir pada waktu itu. Perkembangan Kota Samarinda dan Balikpapan telah maju pesat sekarang ini. Selain Jembatan Mahakam, telah di bangun juga Jembatan Mahulu di daerah Loa Buah, dan yang juga masih dalam proses adalah Jembatan Mahkota II di daerah Palaran. Terima kasih dan senang bisa mendengar masa lalu bapak sewaktu di Kaltim

  32. Jelas banget kelapa sawit ( dan tentu saja batu bara) merusak hutan banget, karena perhatiin deh… berapa hektar hutan yang beralih fungsi jadi lahan tanaman sawit😦

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Benar mbak akin. Pembukaan lahan besar2an oleh perusahaan perkebunan kelapa sawit juga termasuk andil di dalamnya. Namun yang sekarang yang jadi hot issue di Kaltim adalah maraknya penambangan liar batubara yang tidak berkonsepkan ramah lingkungan

  33. Yang bikin tambah sedih adalah ternyata kebun sawitnya pun punya orang Malaysia!! Ampun deh… siapa sih yang ngasih ijin😯
    Alam dirusakin melulu😦

    ==========
    DUNIAKU DISINI : So sad😦

  34. wahhh wahhh wahhh..
    bisa nahan ya mas nulis sampe sepanjang ini…
    salut saya ngeliatnya…😀

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Inipun dengan susah payah saya membuatnya. Dan itupun belum maksimal

  35. satu pertanyaan yang ada di benak saya sewaktu melewati kabupaten ini di suatu waktu yg lalu: mengapa namanya Paser (bukannya pasir atau pasar sekalian)?

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Untuk lebih jelasnya, klik saja tautan yang ada pada paragraf pertama tulisan ini. Semoga rasa penasarannya bisa segera terjawab.

  36. he mantep oi kebetuln aku dah lama tdk ke paser, tanah grogot dl aku tinggal di kuaro end kerja di Kec. Pamanukan Utara di perbatasan kaltim dgn kalsel masuk wilayah kotabaru di PT Laguna Mandiri/ perkebunan kelapa sawit pd thn 2001, salam bro end trim fotox

  37. Bagaimanapun Kabupaten Paser khususnya Tanah Grogot punya nostalgia sendiri bagi keluarga kami khususnya pada tahun 1942-an (ketika itu saya sendiri pun belum lahir karena saya lahir tahun 1953). Ayah saya sendiri lahir tahun 1901, yang jika masih hidup berusia 110 tahun Ketika zaman pendudukan Jepang, papa saya bernama Muhammad Arip dan rekan-rekannya diminta Jepang membawa dan menemani rombongan pengungsian warga masyarakat yang umumnya wanita dan anak-anak dari Balikpapan ke Tanah Grogot. Tetapi peristiwa kejadian itu sudah lama terjadi yakni sekitar tahun 1942-an. Semoga Tanah Grogot dan Kabupaten Paser akan maju pesat serta terwujud masyarakat adil-makmur, sebagaimana subur dan berkembangnya perkebunan kelapa sawit dan termanfaatkannya hasil pertambangan untuk kemakmuran rakyat. Amin. Muhammad CA.

  38. saya lahir di grogot,tp besar di smd..jd udah biasa pulang-pergi grogt-smd.
    Capek,sgt melelahkan,tp bahagia🙂
    skrg saya bahkan merindukan kota itu.

  39. wah bagus banget postingan nya mas , saya tinggal di tanah grogot nih , sayang ya masnya gak sepat ke tempat wisata disini , pasti lebih banyak tempat yang bagus difoto

  40. waaahhh…asyik juga ya gan… jadi inget perjalanan ketika ngerujuk pasien RS dari Tanjung ke Samarinda. pemandangannya bagus. love Kaltim.

    1. Dari sumber yang kuperoleh dari Dinas Kesehatan Kota Balikpapan RSU di Balikpapan adalah RS Kanujoso Djatiwibowo beralamat di Jl.MT Haryono No.656, Kecamatan Balikpapan Utara, Kelurahan Gn.Samarinda, Telp. (0542) 873901-873539, Fax ()542)873836.

  41. ah,masalah bkit soeharto mah sdah sring ngeliat melintas didpan mobilku aj pernah klau tanah grogot itu kampung halaman gue itu malah lbih bnyak lgi pnampakan nya,,,apalagi yang dibelakang rumah ku lbih banyak lagi.

Leave a Reply

