Mesin Ketik : Riwayatmu Kini


Pandanganku tertuju pada sebuah benda yang teronggok di sudut ruangan kamar. Tampak berdebu dan tak pernah digunakan lagi. Padahal dulunya, benda itu sangat kuakrabi dan berjasa sekali dalam menyelesaikan tugas-tugas pendidikanku. Setidaknya, dari jaman sewaktu aku masih mengeyam pendidikan SMP sampai dengan awal-awal perkuliahan, benda itulah dengan setia menemaniku. Benda itu tidak pernah lelah ataupun protes untuk mengeluarkan bunyi yang bersahut-sahutan ketika jari jemari ini menyentuhnya. Namun kini, nasib benda itu sungguh menyedihkan. Bahkan mungkin, hanya menjadi riwayat disuatu hari nanti.

Benda itu adalah mesin ketik. Benda yang sekarang ini tampaknya sudah mulai ditinggalkan dan digantikan fungsinya oleh komputer. Entahlah, apakah benar seperti itu. Tapi bagi diriku sendiri, perubahan ini sangat terasa sekali. Mesin ketik yang aku punyai hanya teronggok begitu saja. Padahal mesin ketik itu masih lumayan bagus. Hanya saja karena saking jarangnya digunakan, maka terlihat kusam dan tak terawat.

Saking jarangnya digunakan, mesin ketik ini terlihat sangat berdebu

Mesin ketik yang aku punyai adalah warisan dari pamanku. Merknya Brother dengan tulisan Nagoya, Japan A25173060. Aku tidak tahu pasti, kapan tepatnya mesin ketik itu dibeli. Menurut penjelasan dari beberapa anggota keluarga, kemungkinan mesin ketik itu dibeli sekitar tahun 1982 – 1986 an. Wow, lama sekali ya. Hampir 20 tahunan lebih. Kalau diibaratkan manusia, mungkin ia sudah menjelma menjadi sosok seorang remaja dewasa. Lebaynya keluar deh:mrgreen:

Perubahan memang tidak bisa dielakkan. Dan itupun menimpa mesin ketik. Penemuan teknologi yang berkembang pesat memaksa orang-orang untuk meninggalkannya dan beralih kepada sesuatu yang lebih cepat dan efisien, seperti komputer. Hal itu adalah fakta yang tak terbantahkan. Dan tanpa disadari, kita adalah bagian dari orang-orang yang ikut andil meminggirkan keberadaan mesin ketik. Terbukti pada saat ini untuk melakukan kegiatan online di internet, baik itu chatting, menulis di blog atau sekedar browsing, harus menggunakan media komputer sebagai perantaranya. Dan perubahan inilah yang mungkin suatu saat nanti akan menjadikan mesin ketik hanya sebuah riwayat yang patut dikenang sebagai bagian dari benda yang pernah mewarnai perjalanan hidup manusia.

Tulisan ini terinspirasi dari artikel yang berjudul APAKABAR MESIN KETIK? yang aku baca di salah satu blog miliknya Mbak Yunia Rinukti.

119 thoughts on “Mesin Ketik : Riwayatmu Kini

  1. Sekarang emang udah bukan jaman nya mesin tik sih mas…
    Kebayang kan kalo bikin laporan masih pake mesin tik…
    Pabrik tip ex laku keras tuuuuh🙂

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Iya mbak. Kalau bikin laporan masih dengan mesin ketik, yang tadinya 1 lembar halaman bisa diselesaikan dalam beberapa menit dengan menggunakan kompi, dengan mesin tik bisa lebih dari 2 jam karena seringnya salah dan harus tip ex sana tip ex sini😛

    1. yah gagal pertamax dueehh..
      hahaha ada mengenang jamannya pake mesin ketik..
      lumayan geto buat senam jari kekeke

      ==========
      DUNIAKU DISINI : Ya iyalah. Benda lama tidak boleh hanya disingkirkan begitu saja lho. Paling tidak ada kepedulian untuk mengenangnya😉

  2. Zaman semakin maju kepintaran pun juga mengikutinya. Mungkin kata – kata yang berlalu biarlah berlalu itu tepat buat mesin ketik ini mas.😀

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Yang berlalu biarlah berlalu? Aduh melankolis sekali nih. Kayak judul lagu dong:mrgreen:

  3. Tetapi di sini mesin ketik masih dipakai mas🙂
    entah atas pertimbangan dan alasan apa, banyak Mahasiswa praktikan yang harus membuat laporannya dengan mesin ketik. Katanya sih pembelajaran, tetapi menurutku pembodohan yang berkedok pembelajaran😀

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Mungkin saja agar mahasiswa tidak copy paste laporan milik temannya.

  4. jadi inget, cerita senior d kampus jaman dulu, kalo ngerjain tugas kampus masih pake mesin ketik.
    alhamdulillah, sekarang kita terbantukan dg teknologi yang memudahkan🙂
    salam kenal

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Ya, teknologi telah membantu manusia untuk memperingkas segala pekerjaan😛

  5. Di kelurahan masih ada mesin tik dipakai, tapi buat dunia pendidikan itu sudah ketinggalan banget

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Karena pendidikan menuntut kita untuk lebih tanggap terhadap tuntunan globalisasi yang semakin menghunjam agar dapat bersaing dengan negara lain.

  6. sekarang mesin ketik emang dah ketinggalan zaman ya bro…udah gada lg yg make…kecuali kyk kntor2 pemerintahan desa.kecamatan dah pake komputer.soalnya lebih efisien sih

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Kayanya sih seperti itu😆

  7. bisa dihitung dengan jari zhie megang mesin ketik😆

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Wah, menyedihkan sekali nih😦

  8. kemajuan jaman mempermudah kita, hampir disegala bidang, dengan adanya komputer yang serba memudahkan, mesin tik secara perlahan tapi pasti, semakin ditinggalkan (Dewi Yana)

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Betul sekali mbak. Dan kita harus mempergunakan teknologi itu sebaik mungkin demi kebaikan.

  9. ya kangen dulu waktu sd kalo masuk ruang guru bising bunyi tak tik tik tik.. haha

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Saya juga kangen dengan hal2 semacam itu😀

  10. hehehe… aq punya kenangan tersendiri g mesin ketik… ngetik laporan praktikum waktu kuliah… cethak..cethok…sreet kriiing, ampe shubuh, ga enak ama tetangga.. krn esok harinya harus dikumpulin… ^^

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Wah, pasti perlu tenaga ekstra tuh buat bergadang menyelesaikan laporan😛

  11. keknya fungsinya udah digeser ma komputer n sejenisnya… apakah mungkin dia akan jadi barang langka n hampir punah, penghias museum??

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Sepertinya begitu mbak…

  12. kirain nagoya batam🙂 di batam, nagoya merupakan nama daerah pusat bisnis.
    jangan2 abg2 sekarang pada nggak pernah tau mesin tik kali ya, taunya keyboard komputer….

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Bisa jadi pak. Karena apa2 sekarang selalu menggunakan komputer untuk menyelesaikan sesuatu😛

  13. Lam kenal ifan, wah mesin tik ya. Jadi keingat taon 1. Mesin tik bakalan tetap jaya, apalagi ini sangat dibutuhkan oleh mahasiswa taon 1.

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Salam kenal juga. Memang, kenangan akan hal2 lama, seperti mesin tik ini akan selalu ada dipikiran kita.

  14. meski sudah jarang yang pakai, mesin ketik telah memiliki jasa besar dalam dunia kepenulisan, mas ifan. konon, masih ada juga penulis yang lebih merasa enjoy ketika menulis dg mesin ketik ketimbang komputer.

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Wah, luar biasa sekali ya pak kalau ada penulis yang masih betah menggunakan mesin tik untuk menghasilkan karya tulisan pada jaman sekarang ini. Pasti perlu kesabaran yang tinggi tentunya utk dapat menyelesaikannya.

    1. kalo masih ada orang yg kaya gitu, pasti repot kalo mau transfer ke komputer he he

      ga efektif buat wartawan:mrgreen:

      ==========
      DUNIAKU DISINI : Juga nggak efektif bagi mahasiswa yang ingin menyelesaikan laporannya😉

  15. itu salah satu alat yang sangat ingin saya miliki, saya pernah meminjam ke salah satu handai taulan, buat alat latihan ngetik dua belas jari….

    wah, barang antik tuuh mas😉

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Kok dua belas jari, bukannya sepuluh jari nih😛

    1. iyeeeee, maksudnya 10 jari mas. hahahha, oh ya, saya sudah buat tulisan soal UT nanti coba saya publikasikan😉
      😆

      1. tentang ut sudah di publis😉

        ==========
        DUNIAKU DISINI : Saya sudah baca tulisan kang Usup tentang UT. Menarik sekali dan tentu menambah informasi bagi saya tentang apa sebenarnya UT itu. Mudah2an tulisan tersebut berguna dan bermanfaat pula bagi mereka yang berkeinginan kuliah di UT.

  16. ga berapa waktu lalu saya tertegun dengan seorang bapak tua yang sedang menggenggam kertas yang terlipat, rasa penasaran membuat mata saya fokus tertuju ke tulisan itu, ternyata adalah jadwal piala dunia lengkap diketik dari mesin ketik! dalam hati saya berkata, “amazing, niat banget bapak ini…!!”

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Hah….sampai segitunya ya kecintaannya akan mesin ketik. Patut diteladani tuh..

  17. ya teknologi akan terus berkembang. menggantikan teknologi lama.

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Sama seperti waktu yang akan terus maju dan takkan pernah menengok kebelakang lagi.

  18. mas ifannn🙂 selmaet ya.. jadi top komengtator di blog saya di urutan no 4😀 xixiixixix

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Wah, senangnya nih, bisa jadi salah 1 top komentator di blognya mbak Cempaka😆

  19. 🙂 sy ga bisa pake mesin ketik mas😀 xixiixi *kek mana sih cara makenya*… parah bgt!!!!! hikksss

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Gimana ya? Kayanya sama aja deh kaya gunain kompi.

  20. Salam saudara Ifan.
    Mesin ketik atau mesin taip. sudah menjadi sesuatu yang antik kini.
    Kalau masih ada dalam simpanan elok kalau dijaga baik-baik. Mana tahu suatu hari nanti boleh di’lelong’ dengan harga yang cukup tinggi.

    Perlu diingat, komputer atau komputer riba merupakan inovasi mesin ketik. Jangan lupakan jasanya. TQ

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Benar pak. Kita harus selalu mengingat jasa besar yang telah diberikan mesin ketik sehingga menjadi pelopor lahirnya komputer riba itu. Salam kenal ya pak😛

  21. kemajuan teknologi jadi sampe terlupakan yah.. ]
    malang sekali nasib mu nak (mesin ketik) hehehe..

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Tapi ia akan selalu dikenang sebagai benda yang pernah berjasa dalam kehidupan manusia😆

  22. masih ngetik terus kak???😛
    kirain udah ada postingan baru…
    pulang lagi deh …

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Kan bukan blogger harian😛

  23. dulu gue sering make mesin ketik buat ngerjain tugas skul pas sd
    itupun mesin ketik gue pinjem ama paman
    tapi sekarang udah ga lagi

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Paling tidak pernah mengenal dan merasakan bagaimana sentuhan mesin ketik kan😉

  24. ya benar.. padahal dulu aku bikin tugas pake mesin ketik sekarang jadi lupa maunya ke rental kompi sama ke warnet buat ngeblog

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Wah, jadi ketahuan deh ke warnet buat ngeblog aja😛

  25. wakwkak
    dulu penah menggunakan juga aku mesin ini
    untuk membuat ketikan
    jadul banget😀

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Biar jadul, tapi berjasa besar lho😉

  26. wahhh jadi ingat mesin abah..
    lia juga ada mas… tpi gak tau dimana skrg ? digudangkah😥 postingan ini benar2 mengingatkan ku…

    dulu gak salah menggunakan mesin ketik pas SD… dengan gayanya tak tak tak mengetik disitu.. dan susahnya kalo salah mesti ditip-ex…..

    Ehmmmm mesin ketik oh mesin ketik….

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Memang benar mbak Delia. Seseorang yang mempunyai mesin ketik pasti akan selalu mengenangnya meskipun mesin ketik itu sudah berada di gudang sekalipun.

    1. Tapi lia gak selalu mengenangnya mas… hikss hikss..
      teringat aja karena mas ifan menuliskan ini..

      makasih ya mas

      ==========
      DUNIAKU DISINI : Wah, gagal nih mesin tik menjadi bagian indah buat mbak Delia. Habisnya diingat waktu ada yang ngebahasnya aja. Sabar ya mesin tik😥

  27. Bagi yang belum bisa beli komputer masih memakai mesin ini mas. Di kantor kelurahan mungkin masih dipakai.
    Salam hangat dari BlogCamp

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Iya pak, saya juga sering lihat dibeberapa kantor kelurahan, mesin tik ini masih juga dipakai, tapi ya itu tadi, mulai tergantikan oleh komputer.

  28. Haha… sama berdebunya dengan yang di rumahku tuh…😀
    Kuingat dulu saat mengetik tugas kuliah, lambatnya stengah mati😀

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Setengah mati dan pastinya butuh ekstra kesabaran😛

  29. Kirain sekarang udah jaman komputer aku bisa ngetik dengan cepat, eh… ternyata masih lambat juga… hahaha😆

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Ternyata kita memang harus banyak belajar meski dijaman semodern sekarang ini😆

  30. iya ya mesin ketik hampir masuk museum, uni terakhir pake mesin ketik pas masih sd🙂

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Wah, lama sekali itu bu😛

  31. Aduh tak terbayangkan bila sekarang saya masih harus mengetik pakai mesin ketik..cethok..cethok..cethok…kapan selesainya ya, plus tangan jadi kesemutan..^^
    Maaf, selamat tinggal mesin ketik…

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Kasihan sekali mesin ketik, diucapkan selamat tinggal😥

  32. sekarang merk brother masih bertahan kah? sudah ga jual mesin tik lagi sepertinya :mrgreeen:

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Sepertinya masih ada. Meski penjualannya nggak sejaya yang dulu😦

  33. hehe… inget mesin ketik bapakku wektu jadi pegawai depag..
    suka dengan pita hitamnya kalau udah rusak buat mainan heheheee

    ==========
    DUNIAKU DISINI : jadi, masa kecilnya suka gangguin bapak waktu kerja ya. Hehehe:mrgreen:

  34. masih kepake lho di jaman sekarang… kan kadang ada formulir yang udah jadi tu, kadang ada instansi yang meminta isian form itu diketik^^

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Yups..benar mbak. Tapi dengan intensitas yang sudah amat berkurang

  35. Mesin ketik kayak gitu masih ada lho di kampus saya, soalnya ada surat2 tertentu yang harus diketik pake mesin tik, brrrrrrrrrr

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Hebat dong. Berarti kan nggak melupakan jasa baik dari mesin tik

  36. numpang coment, mesin ketik itu juga awal saya belajar mengetik bukan 11 jari lagi, tapi 10 jari, Alhamdulillah,

    sekalian ah, nebeng ngiklan, insya Allah bermanfaat, buat semua,

    Tau ngga, apa sih yang bikin kita lama ketika didepan blog??

    Ngejawab komentar, atau ngejar target pengunjung (ngomporin supaya ngunjungin blog kita) , atau buka dan baca blog yang banyak ilmu yang bisa diserap, atau sekedar blog walking…. isi coment, bikin orang ketawa, atau bikin coment ber coment, sehingga tak terasa waktu terbuang hanya tuk ngurusin ngejawab coment…. atau…. atau…. mudah-mudahan nggak nyasar ke blog atau web yang nggak bener…. nambah mumet….

    mending ngebaca yang ini nih, buat pegangan…
    http://aslibumiayu.wordpress.com/2010/04/04/berinternet-sehat-membendung-mudharat/

    bukan ngomporin, atau promosi,…atau yang lainnya,..

    Asli ilmu ini, buat pegangan bagi para blogger…

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Oke deh, langsung ke TKP.

  37. Jaman memang makin canggih, tapi saat2 listrik mati, tetap mesin tik lama itu yg jadi andalan…🙂

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Intinya, mesin tik masih bisa jadi andalan dong di saat2 tertentu dan situasi yang genting😛

  38. bagus2,,, jangan lupakan masa lalu yg sudah menyumbang kita untuk jadi besar.
    salam,🙂

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Masa lalu memang harus bisa dijadikan pelajaran berharga untuk kedepannya.

  39. bakal kapalan deh ujung jari kalo make mesin tik..

    jadi inget masa2 ospek disuruh bikin laporan pake mesin tik..

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Dan pastinya melelahkan serta butuh kesabaran yang ekstra untuk menggunakan mesin tik ini

  40. kalo d kantor desa biasany masih pake mas…
    hehe jdi inget waktu SMA blajar ngetik pake mesin tik… tpi seru soale siswanya banyak jdi bunyinya keras skali haha

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Seru dan pastinya menceriakan, selain tentunya ilmu mengetik 10 jari juga menjadi suatu keterampilan yang diperoleh. :wink :

  41. nambahin jumlah koment dulu ahhh..lumayan kan buat ongkos pulang ke ke ke
    kalau mau hibah..sini kasiin ke saya aja mesin tik nya lumayan buat ngiringin lagu tik tik bunyi hujan eh eh eh

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Cuaca lagi cerah, jadi maaf lagu tik tik hujan hari ini tidak berlaku:mrgreen:

      1. kalau saya menang kasih hadiah dong..itu mesin tik g papa😀

        ==========
        DUNIAKU DISINI : Iya, ambil aja mesin tik nya. Klik kanan, save image as, lalu simpan disembarang folder. Mesin tik sudah menjadi hak milik anda. Terima kasih😆

  42. kbtln generasi saia sdh tdk hidup di zaman mesin ketik dan saia trmsk org yg gak bisa pakai mesin ketik, mas…
    mkanya skrg pun mski pkai komputer gak bisa ngetik pakai 10 jari…hehehe

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Wah, sangat disayangkan ya😥

  43. masih ingat saya ketika saya berkunjung ke kantor bapak saya dan main2 mesin ketik.. wah, so clasik!

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Klasik yang bisa jadi akan segera ditinggalkan.

  44. Inget mesin tik papa yang sekarang ga kepakai😦
    Dulu hanya 1 kali deh pake itu, waktu SMA doang, sudah itu komputer yang jadi inceran hehehe

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Kasihan sekali ya. Dapat yang baru, yang lama dilupakan😦

  45. duh udah lama gak liat mesin tik lagi hahaha😛

    jadi inget ,saya kalau makan jagung suka pakai gaya mesin tik ,hehehe😀

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Gaya yang bagaimana ya?🙄

    1. itu lho,dari kanan ke kiri sebaris,terus ulang lagi dari kanan ke kiri baris jagung berikutnya,dan seterusnya:mrgreen:

      mirip kan ma mesin tik??😛

      ==========
      DUNIAKU DISINI : Itu mah kaya mainin alat musik apa gitu…:mrgreen:

  46. dree baru inget masih ada tuh mesin tik kek gitu di gudang…. hehehehe

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Lagi-lagi disimpan di gudang ya😦

  47. Saya jadi ingat, mesin ketikku ditaruh mana ya?
    Dulu merupakan teman setiaku, setiap malam mengerjakan pekerjaan kantor, jika anak-anak sudah tidur, karena saya boleh pulang teng go dengan syarat, pekerjaan harus ada di meja bos jam 7 pagi.

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Berat juga bu ya harus selesai dulu laporannya baru bisa pulang.

  48. terakhir kali make mesin tik, pada jaman SMP sekitar thn 2000an😀
    dah lama bgt,

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Kalau sudah lama banget, masih ingat nggak cara penggunaannya😛

  49. waktu saya magang (PKL) di pengadilan negeri (PN) tuban disana masih menggunakan mesin ketik.. begitupun jg pengadilan negeri (PN)surabaya.. emank gak terlalu sering digunakan krn ada komputer & laptop. tp mesin tiknya masih ada dan jarang digunakan.. bgtupun jg dikantor polisi. mesin tik masih ada..tp gak tau apa masih digunakan atw gak klo di kantor polisi.. yg jelas klo di PN tuban dan PN surabaya masih digunakan walaupun jarang2..😀

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Artinya mesin tik masih eksis ya walaupun tidak terlalu sering tampil😉

  50. ahhhh nostalgia dengan mesin tik. terakhir kali gue pake pas SMP, malah ada kursus ngetiknya dengan 10 jari segala sob. gue masih ada sertifikatnya😀

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Wah, sampai ada nostalgianya segala ya😛

  51. waa brother mahal ituuu
    aku juga punya satu di rumah alm bokap😀
    teringat jaman dulu belajar ngetik 10 jari pake mesin tik jadul fan
    wah keren tuh fan jangan dibumihanguskan
    harus dilestarikan😀

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Nggak akan dibumihanguskan. Cuma disimpa aja kok mbak😛

  52. Jadi ingat waktu sekolah SMEA ada pelajaran mengetik. Wah, paling lihat ngetik 11 jari hehe
    berkunjung🙂

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Iya, kayanya yang sekolah SMEA pada waktu itu kudu wajib ada pelajaran mengetik😉

  53. ya meskipun udah g di gunakan lg ttp di jaga n dirawat dengan baik dunk,.. mana tau suatu saat nanti ada manfaatnya,..
    ato suatu saat nanti bs mahal hrg,… jd barang2 langka

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Aduh, kayanya kejauhan deh mas. Hanya untuk koleksi pribadi saja.

  54. Sukurlah hanya dua tahun aku mengalaminya. Tapi banyak kenangan yang tertulis dari mesin ketik.

    Ah ifan ini cuma bikin aku membayangkan masa susah itu… hikss. sedih kalo inget…

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Emang sengaja bang. Biar abang nggak ngelupain jasa besar si mesin ketik ini lho😉

    1. haduh kayaknya bukan jasa besar deh… tapi selalu kesusahan yang merepotkan. soalnya jarang sekali aku bisa mengetik tepat dan benar, pasti ada melenceng dikit-dikit…

      ==========
      DUNIAKU DISINI : Paling tidak, ia telah menjadi bagian yang mampu berperan dalam menyelesaiakan laporan yang kita buat. Daripada kita harus membuat laporan dengan cara menulis secara manual, pasti lebih repot lagi. Bukan begitu?

  55. untungnya hampir setiap hari saya bisa memandang mesin ketik……tapi Aisyah-ku yang kelas dua SD belum paham mesin ketik.

    ketika dia lihat msin ketik pertama kali dan samapai saat ini belum lihat lagi…..dia sempat komen: komputernya kok aneh…..

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Memang, sepertinya anak2 yang dihidup dijaman modern sekarang ini tampaknya sudah tidak familiar lagi dengan mesin ketik. Sungguh disayangkan😦

  56. sayang memang tapi demi efisiensi perlu berpindah kelain hati, ah saya jadi inget mesin ketik dirumah ada dua musti masuk gudang

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Apa hendak dikata, semuanya pasti ada waktunya. Dan sekarang waktu bagi si mesin ketik untuk mulai tenggelam dan ditinggalkan😦

  57. dulu waktu awal kuliah masih pake mesin ketik

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Saya pun sama, waktu awal kuliah masih menggunakan mesin tik, namun pada perjalanan selanjutnya, komputerlah yang kemudian mencuri hati saya.

  58. Kemarin saya habis ngejual mesin ketik ke tukang loak, sayang padahal nggak sebanding sama harganya..hiks.

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Hiks pada bagian terakhir. Tidak ada yang perlu untuk ditangisi. Mungkin sudah menjadi takdir si mesin ketik untuk berpindah tangan ke tukang loak dan tidak lagi menjadi milik si tukang poto

  59. justru sangat jarang menggunakan mesin ketik, tragis yah ?:) he..he..

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Tragis memang tapi kemajuan jaman memaksa kita untuk meninggalkannya dan beralih ke yang lain.

  60. Untung skr sudah ga jamannya pke mesin ketik, coba klo masih pke, ga mungkin ada blog hehe….

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Nggak ada blog, berarti tak ada juga tulisan mbak yuni yang bisa untuk kubaca😛

  61. di kantor saya ada beberapa staf yg masih memakai mesin tik untuk melakukan pekerjaannya, seperti mengisi blanko2 tertentu🙂

    saya bersyukur masih sempat merasakan jamannya mesik tik menjadi alat utama di kantor, kita jadi lebih teliti dan terampil

    bayangin harus bikin tabel 8 kolom dg mesin tik, ga boleh salah dan pake kertas karbon 3 rangkap hehe…

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Benar mbak. Kalau saya lihat arsip SK2 jaman dulu yang masih dibuat dengan mesin ketik, rapi sekali bentuk dan pengetikannya. Pasti itu dibuat dengan penuh kehati-hatian dan kesabaran yang tinggi. Nggak bisa ngebayangin jika SK2 pada jaman sekarang ini harus dibuatt dengan mesin ketik, pasti gempor tuh tangan dan yang yakin deh banyak tip ex nya sana sini.

  62. iya nih, mesin yang satu ini mulai ditinggalkan seiring muncul laptop…

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Dan laptop juga yang sekarang ini menjadi media bagi kita berblogging ria😉

  63. Mesin ketik saya nga tau lagi sekarang ada dimana, semenjak kehadiran PC dan Laptop

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Rata2 kebanyakan orang mengatakan kalau mesin ketik mereka di taruh di gudang atau tidak tahu lagi dimana berada. Kompi dan Lappie telah mengubah segalanya, termasuk mengubah keberadaan si mesin ketik.

  64. wah,. semuanya berubah. Mesin tik jadi komputer desktop, trus jadi laptop, terus jadi notebook, ntar jadi apa lagi, ya?😆

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Tidak tahu selanjutnya akan jadi apa. Biarlah waktu yang akan mengungkapkan cerita selanjutnya di masa datang😛

  65. Masih banyak jurnalis yang pakai mesin ketik kok, kalau pakai kimputer malah ngak bisa nulis karena sensasinya beda😀

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Ternyata ada juga ya sensasi apabila menggunakan media yang berbeda2 dalam pengetikan suatu tulisan😉

  66. jadi sedih, teringat mesin ketik yang kini hanya tersimpan, pitanya pun kini pasti dah kering…
    ia pernah jadi sahabat sejati…membuat laporan hasil praktikum, duh gimana yah kabarnya???😦
    semoga baik2 saja..:mrgreen:

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Mereka mungkin baik2 saja, tetapi merasa kesepian karena tak dihiraukan lagi oleh pemiliknya😆

  67. dengan makin canggihnya kemajuan zaman, memang mesin tik sudah lagi tdk jadi pilihan.
    tak terbayang, pendahulu kita yg dulu kalau bikin skripsi kudu pakai mesin tik, krn gak ada pilihan .
    bener2 berjuang ya.🙂
    salam

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Itulah hebatnya orang2 dulu. Bekerja dengan penuh kesabaran dan ketelitian yang tinggi.

  68. dulu ketika mesin tik masih eksis banyak sekali tempat kursus mengetik tapi sejak ada komputer tempat kursus itu telah berubah menjadi pendidikan kursus komputer

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Kesimpulannya adalah tempat kursus mengetik dengan menggunakan mesin ketik sekarang ini telah tamat dan hanya tinggal riwayat.

  69. abiz gimana donk…mau dipake lagi udah gak zamannya lagi sobat..salam

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Iya, jaman cuma jadi saksi akan perubahan itu…

  70. Ifan, mesin ketik merk Royal setia menemani saya saat membuat skripsi 17 tahun yang lalu…duh, jadi kangen dengan mesin ketik itu. Mesin ketik yang nggak bisa dibikin copy paste atau di delete kayak komputer, malah membuat saya menjadi kreatif untuk menghasilkan skripsi yang ‘mendekati sempurna’ kerapihannya🙂

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Itulah bu seninya menggunakan mesin tik. Kita ditantang untuk menjadi seorang yang lebih teliti dalam mengerjakan laporan karena tidak ada fasilitas pembantu yang namanya copas atau delete sekalipun. Dan mesin ketik ini juga mengajarkan kepada kita untuk menjadi lebih sabar.😉

  71. kalau dihitung-hitung sebenarnya mesin ketik jasanya luar biasa, sebelum kenal komputer maka tugas-tugas kuliah dikerjakan menggunakan mesin ketik, hingga semester 5, baru kemudian beralih ke komputer

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Saya setuju sekali dengan Pak Sunarno. Mesin Ketik berjasa luar biasa, itu yang patut digarisbawahi.

  72. Dirumah saya juga masih menyimpan mesin tik, dan masih sering dipake…

    Salam hangat mas…

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Syukurlah masih ada yang peduli dengan keberadaan mesin ketik.

  73. usefull banget tuh mesin ketik…
    hehehe..
    salam kenall🙂

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Benar, memang sangat berguna tapi mulai tergantikan fungsinya oleh komputer.

  74. jangan di jual mas😀 siapa tahu nanti bernilai tinggi:mrgreen: atau paling tidak bisa menjadi “saksi sejarah” hehehe …

    *terkahir belakar ngetik pakai mesin ketik waktu SD kali yah (di Kantor babeh) …

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Sampai saat ini belum ada niat untuk menjualnya. Tidak tahulah bagaimana kedepannya.

  75. untuk sebagian fanatik (terutama penulis) menulis di mesin tik memang ada sensasinya tersendiri. mulai dari bunyinya lah (yang mesin ketik listrik justru terkenal dengan suara “gun-machine”nya)), sensasi jari menyentuh tuts … ah .. bisa bikin kita kembali ke masa lalu zaman belanda-jepang, ketika soekarno-hatta sedang menyusun teks proklamasi:mrgreen:

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Tampaknya ingin menjadi bagian dari sejarah proklamasi ya? Sayangnya anda hidup setelah jaman itu dan hanya bisa mengimajinasikannya saja😉

  76. Dulu punya juga mesin tik, tapi entah sekarang gimana kabarnya di rumah. Di kampung saya sendiri mesin tik masih digunakan pada perangkat desa untuk urusan administrasi seperti surat menyurat, dsbnya mungkin karena gak ada dana kali ya [atau dananya ada tapi tiba2 ngilang] tuk beli komputer. just My Opinion

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Nggak apa2. Setiap orang berhak untuk beropini. Dan semoga untuk urusan administrasi kedepannya, perangkat desa itu bisa lebih memodernisasikan peralatan kerjanya kearah yang lebih efisien seperti komputer.

  77. wah…sama dong mas..
    skrg mesin tik saya juga tinggal riwayat,,krna jarang digunakan
    tapi jasanya sangat banyak…saya mulai belajar mngetik dan hafal ltk huruf huruf keyboard dari sana

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Berarti berjasa banget ya mesin ketik itu sampai2 mbak Rina hapal letak2 huruf di keybord.

  78. teknologi harus berkembang,tp wlaupun gitu barang2 seperti ini kelak akan jadi barang antik yang akan di buru para kolektor…

    salam persahabatan ,-

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Ya, semuanya berubah dengan cepat, secepat perkembangan teknologi yang tak dapat dibendung. Dan barang2 lama itu nantinya hanya menjadi sebuah kenangan yang tersimpan rapi entah itu digudang atau museum sekalipun.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s