Banjir Di Kota Jeddah


Bagi orang awam seperti diriku, ketika ada seseorang membicarakan tentang Negara Arab Saudi, yang terbayang di benakku adalah sebuah negara dengan kondisi geografis berupa hamparan gurun pasir. Dan sudah barang tentu, gurun pasir identik dengan cuaca panas sepanjang tahun. Tidak pernah terpikirkan akan turun hujan apalagi sampai mengakibatkan banjir besar pada kondisi wilayah semacam itu. Namun, pemikiran sempit tersebut terbantahkan ketika pada akhir tahun 2009 lalu, aku menonton tayangan di televisi yang memberitakan tentang banjir besar yang terjadi di negara yang kaya dengan hasil minyak buminya. Benar-benar luar biasa kejadian tersebut karena merupakan fenomena alam yang jarang terjadi dan juga jarang disaksikan tentunya.

Dan ternyata, banjir besar yang tepatnya terjadi di Kota Jeddah Arab Saudi tersebut, sempat juga diabadikan oleh temanku yang bernama Pak Juraidin sewaktu beliau bertugas menjadi petugas haji. Dengan menggunakan kamera HP Nokia 6300, hasil rekaman video tersebut lalu kuunggah ke situs YOUTUBE dengan judul BANJIR BESAR DI KOTA JEDDAH ARAB SAUDI TAHUN 2009. Dan untuk lebih jelasnya mengenai video banjir tersebut, berikut cuplikannya :


Nah, bagaimana menurut kalian tentang kejadian pada video diatas?

Gambar sebagai ilustrasi diambil dari sini.

87 thoughts on “Banjir Di Kota Jeddah

  1. wakakaa….ane baru denger di arab bisa banjir…itu pun setelah mengunjungi blog ini…thanks unformasinya…

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Semoga bermanfaat informasinya…

    1. banjirnya ngrepotin rakyat gak ya, atau hanya ngrepotin aparatnya aja?

      ==========
      DUNIAKU DISINI : Pastinya kedua2nya dong direpotkan😦

  2. Sama dengan komen diatas, saya juga baru tau kalo di kota Jeddah pernah banjir besar…kenapa ya?
    Penggundulan hutan?
    Meluapnya sungai karena sampah?
    Banjir bandang?
    Ah, itu kan di Indonesia…😉

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Kurang tahu juga sih bu apa yang menjadi penyebabnya. Mungkin bisa dihubungkan dengan yang namanya global warming sekarang ini.

  3. iya,pernah dengar saya mas,katanya ini tanda2 hari akhir…
    tapi,wallahualam..

    salam persahabatan ,-

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Bisa jadi lho mbak. Semuanya adalah kekuasaan Allah SWT. Salam persahabatan juga.

  4. masya alloh tu sumber airnya darimana yah😀
    subhanallah maha suci Alloh..

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Sungguh kekuasaan Allah yang tak terkira. Kita hanya bisa berucap Subhanaallah Maha Suci Allah.

  5. Kayaknya memang cuaca saat ini ekstrim, bisa hujan lebat sekali..juga bisa panas sekali.
    Kemungkinan curah hujan yang deras kurang diimbangi dengan saluran air yang cukup besar.
    Baru minggu kemarin rumahku juga bocor, rupanya curah hujan sangat deras campur petir, membuat saluran air (talang ke bawah) tidak menampung…akibatnya luber…padahal sejak tinggal di rumah ini belum pernah terjadi. Fenomena alam memang bisa membuat sesuatu terjadi..

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Benar bu. Akhir2 ini cuaca memang sangat ekstrem. Apabila panas, maka panasnya luar biasa. Apabila hujan, lebatnya tak kalah hebat. Apa ini karena dampak pemanasan global ya bu seperti yang saya dengar akhir2 ini diberbagai media surat kabar / televisi ?

  6. Jeddah kalau tak salah memang punya program hujan buatan. Jadi disana tidak panas-panas banged. Soalnya udah pernah kesana, jadi even gersang tp jg gak panas teriks.
    Tapi kalau sampai banjir besar, sudah jelas itu bukan buatan manusia.
    Ngeri.

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Baru tahu lho mbak kalau Kota Jeddah punya program seperti itu. Pasti menyenangkan bagi warganya. Tapi dengan peristiwa banjir besar itu membuktikan bahwa sehebat apapun buatan manusia takkan bisa menandingi kekuasaan Allah Taala.

  7. Yup, di mekkah juga pernah terjadi Banjir sampai menggenangi masjidil haram…

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Nah, ternyata tidak hanya di jeddah ya masdin. Banjir juga merata sampai ke kota mekkah.

  8. semua bisa terjadi kan kang atas kehendak Allah?? atau ini pertanda kiamat

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Setuju. Semuanya terjadi karena kehendak Allah SWT. Manusia mungkin harus intropeksi diri.

  9. dan demikianlah juika alam menekankan trahasiaNya
    salam hangat dari blue

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Ya, alam bisa dengan murkanya menampakkan kehebatannya. Salam hangat juga dari saya untuk blue.

  10. wah… hujan yak? atau air laut meluap? weleh… kok bisa yah?

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Ya begitulah…Kuasa Allah tak terbendung.

  11. Baru tau…. kirain cuma di daerah tropis aja yang bisa banjir. eheheheh😀
    Subhanallah.

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Maha Suci Allah.

  12. waktu jeddah banjir maupun hujan di arafah saya mendengar cerita dari temen yg waktu itu sdng melakukan ibadah haji.
    bbrp hr yg lalu sy mampir di jeddah, di mana suhu waktu itu puanas banget, nggak masuk akan mmg kok bisa kebanjiran sdmkn dahsyat.

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Sepertinya banjir tsb tidak berbekas ya pak. Terhapus oleh teriknya panas. Sungguh sesuatu yang luar biasa.

  13. wah ternyata banjir bisa dimana2 yaa… emang sudah kuasa Allah kali mas makannya bisa banjir… berarti bencana itu nggak lihat tempat dan nggak lihat bentuk kondisi geografisnya… ^_^

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Iya, bencana bisa terjadi dimanapun. Tinggal diperlukan kewaspadaan kita saja.

  14. Sesipapun tak dapat menduga apa yang akan terjadi bila2 masa pun ianya adalah petunjuk kebesaran Allah yang tak bisa kita nafikan.

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Setuju sekali. Ianya merupakan petunjuk tentang kebesaran Allah SWT. Terima kasih zie. Sayang url blogmu tidak dapat kuklik, jadi tidak bisa berkunjung.

  15. Wah… ternyata Jeddahjuga bisa kbanjiran gitu.. thanks infonya Sob

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Mudah2an infonya bermanfaat. Salam persahabatan.

  16. Sepertinya karena hujan besar
    dan setahu saya di Mekkah pun pernah terjadi banjir
    dan Masjidil Haram ikut tergenang
    pada waktu saya melaksanakan ibadah haji 4 tahun yang lalu
    hujan besar terjadi di Mekkah
    walaupun tidak sampai banjir seperti yang ada didalam film
    tetapi sempat juga merendam Kota Mekkah
    penyebabnya karena sistem drainase yang kurang memadai dibeberapa tempat
    Tetapi sekarang pemerintah Saudi Arabia sedang melakukan pembangunan besar-besaran
    mudah2an tidak akan terjadi lagi banjir di Mekkah

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Kita semua berharap seperti itu mbak. Agar tidak terjadi lagi banjir besar di kota suci tersebut. Amin.

  17. sewaktu thn 1985 bunda pergi ibadah haji, juga terjadi banjir besar disana, setelah ritual haji selesai.
    padahal sewaktu mengerjakan haji, cuaca sampai 47 derajat.
    ketika Allah swt berkehendak, maka terjadilah……….
    walau utk kita sepertinya tdk masuk akal
    salam

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Fenomena alam yang luar biasa ya bunda.

  18. enggak heran sih, lha cuaca di jeddah dan sekitarnya itu konon sudah di atur dengan teknologi yang bisa membuat hujan buatan. namun mungkin lingkungan berkata lain, dengan seiring berkembangnya kota, hingga melupakan aspek keseimbangan alam, sehingga yang tadinya pengen hujan sampai dibuat hujan buatan, akhirnya enggak bisa dikontrol oleh manusia:mrgreen: *ini hanya ‘analisis’ saya loh hihihi😆

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Analisis yang masuk akal kok:mrgreen:

  19. Dulu zamannya nabi dikisahkan terjadi banjir bandang yang amat dahsyat, semua terjadi atas izin Allah gan…

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Allah Maha Berkehendak atas segala sesuatu dan kita sebagai manusia patut utk intropeksi diri atas apa yang telah terjadi.

  20. Assaalaamu’alaikum

    Menurut saya, banjir merupakan antara tanda-tanda keberkahan dan rahmat Allah ke atas penduduk sesuatu daerah di mana ia didatangkan sama ada dari langit atau dari bumi kerana keimanan dan ketakwaan penduduknya. hal ini boleh dirujuk dalam surah al-A’raaf ayat 96.

    Hal ini juga menurut saintifik adalah kerana faktor cuaca yang tidak pernah dinafikan atas kedudukan geografinya yang sedemikian dan bumi Jeddah dengan makkah itu sangat dekat. Buminya penuh dengan air yang tak pernah melimpah ke atas bumi. Apatah lagi dengan dokongan hujan yang berhari-hari. Semua itu atas doa Nabi Ibrahim. Jika Sllah menghendakinya, air di atas gunung pasti juga akan melimpah ruah.

    Selain itu, fenomena ini juga boleh disebabkan sebahagian penduduknya sudah banyak melakukan maksiat dan mendustakan ayat-ayat Allah sehingga terjadinya bencana yang tidak pernah terlihat dahsyat berlakunya di negara Arab. rujuk selebihnya dari surah al-A’raf ayat 96 tadi.

    Coba kita fikirkan situasi dan kondisi negara Arab, sebahagian rakyat dan para pemimpinnya kini, bagaimana kehidupan mereka ? Perkara maksiat dan mencemarkan ajaran Islam itu sendiri telah banyak berlaku baik dalam urusan politik mahupun sosialnya.

    Mari kita teliti dan berdoalah agar apa yang terjadi itu tidak menimpa kita pula kerana Allah bisa memusnahkan sesebuah negara walau di dalamnya ada penduduk yang beriman hanya kerana ramai yang telah mendustai perintah Allah. Semoga Allah selalu melindungi kita semua dari apa jua bencana yang mendatang.

    Wallahu’alam bissawaab.
    Salam mesra dari saya.

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Wah, penjelasan ibu Siti lengkap sekali. Intinya adalah hujan bisa menjadi suatu pertanda rahmat tetapi juga bisa sebaliknya apabila hujan itu tercurahkan dengan amat lebat sehingga menjadi banjir hebat. Dan sebagai manusia yang beragama kita mungkin harus bisa menafsirkan gejala alam tersebut. Apakah gejala alam seperti banjir hebat tsb salah satu peringatan dari Allah SWT atas perilaku manusia di bumi ini, misalnya saja karena manusia sekarang lebih dominan merusak kelestarian alam dengan banyaknya mendirikan bangunan2 pencakar langit sehingga daerah resapan tidak ada lagi. Atau bisa juga karena perilaku manusia yang telah jauh menyimpang dimana kemaksiatan sudah begitu memaharajalela. Kita serahkan semuanya kepada Allah SWT. Salam persahabatan dari saya untuk ibu Siti.

  21. Semunya yang di dunia adalah titipan-Nya, jadi semua tergantung pemilik-Nya dan berkah yang diberikan bagi penerimanya dan cara dia menerimanya termasuk banjir air, maupun limpahan minyak.

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Iya, segala sesuatu di dunia ini hanyalah titipan Nya yang patut kita jaga dengan baik.

  22. Fenomena cuaca di dunia sudah tidak bisa diprediksi lagi,sepertinya karena alam sudah sedemikian rusaknya, sehingga hal-hal yang tadinya tidak mungkin terjadi malah terjadi.Salam.

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Setuju sekali mas. Alam yang begitu rusak sehingga berakibat pada fenomena cuaca yang tak dapat diprediksi.

  23. memang alam sekarang udah sulit diprediksi mas ifan,keseimbangannya sudah sangat terganggu ya ,semua gara2 ulah manusia yg merusak alam dan lingkungan dengan semena2,makanya jadi kacau deh🙄

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Ya, semuanya jadi kacau dimana-mana. Sama kacaunya jika kita tidak berintrofeksi diri mengenai hal tsb😉

  24. Wah…apa2an ini…kok ikut2an banjir? nyindir, yah?
    😀

    Wallahualam, jika Tuhan sudah berkehendak apa yang terjadi terjadilah….:)

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Yang terjadi terjadilah. Itulah kuasa Allah SWT.

  25. wah, sungguh beruntung bisa mengabadikan peristiwa banjir di jeddah, mas ifan. selama ini yang saya dengar, jeddah termasuk kota di dunia yang “alergi” banjir. hmm … info menarik.

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Baru tahu nih pak kalau ternyata Kota Jeddah itu alergi dengan banjir. Tapi pada kenyataannya alam tidak bisa dilawan.

  26. sebuah kebesaran Allah mungkin juga teguran untuk ummat islam di dunia ini yang tega melihat saudaranya sendiri Palestina di hancurkan tanpa ada tindakan konkrit

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Mungkin saja begitu pak.

  27. Sungguh kejadian yang amat langka…
    Tapi aku sih dapat membayangkan kalau di sana ada banjir. Kerusakan akan lebih parah dari pada jakarta, soalnya banjir akan susah surutnya, soalnya dari awalanya kota mekah gak didesain untuk saluran air seperti di negeri ini…

    Tapi aku tetep aja heran.

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Aku juga heran nih. Kok bisa ya? Tapi itulah Kuasa Allah Taala. Apapun bisa terjadi hanya dalam hitungan detik.

  28. aslm,, itulah tanda2 kekuasaan Allah.. kuun fa yakuun.. semoga ga terjadi di sini

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Iya, semoga tidak terjadi disini. Meski pada kenyataannya, tsunami telah menjadi saksi luluh lantaknya suatu daerah.

  29. Pernah dengar cerita itu di berita, Fan….Apakah artinya ya? Moga2, penduduk bumi bisa menyikapinya dengan bijak….

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Kita berharapnya seperti itu. Menyikapi dengan bijak terhadap fenomena alam tersebut.

  30. Mungkin karena jarang hujan, jadi drainase disana tidak dibuat dengan baik. Pas hujan deras, nggak ada salurannya deh…😀
    Kira-kira aja sih😀

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Oh, begitu ya prediksi kakaakin. Bisa jadi sih…

  31. inetnya lemot bang
    ga bisa nonton video nih

    huhuhu nasib

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Nggak papa. Lain waktu aja ditontonnya😆

  32. kondisi cuaca sekarang memang gak jelas… kapan hujan kapan panas…

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Iya, cuaca sekarang ini tak dapat diprediksi mungkin salah 1 nya akibat pemanasan global.

  33. Riza juga pernah dengar soal banjir di Arab sana. Seperti komennya Bunda. Apa pun bisa terjadi kalau Allah berkehendak🙂

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Setuju. Semuanya terjadi karena kehendak Allah Taala.

  34. Bila Allah telah berkehendak…apapun bisa terjadi meski logika manusia tidak mencapainya.

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Manusianya hanya mahluk lemah yang kadang sering bersikap sombong. Takkala ditimpa musibah, barulah meminta pertolongan Allah.

  35. wah ternyata di saudi ada banjir juga ya. memang seeh identik dengan panas. tapi memang ternyata ini sebuah fakta.salam sehat

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Itulah faktanya yang tak terbantahkan. Terima kasih, salam sehat juga ya.

  36. makasi sahabat atas infonya ^_^
    ga ada yang ga mungkin, apa pun bisa terjadi bila Ia berkehendak

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Benar. Kuasa Allah memang tiada batas. Apapun yang dikehendaki Nya, maka dengan sekejap mata, hal itu akan terjadi.

  37. kunjungan balik aja,,,,
    posting lagi donk.. biar wawasan saya nambah lagi.. ^^

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Wah, saya harus belajar dulu nih sama mereka yang produktif menulis😉

  38. Pernah liat beritana di TV jg ceritana, Apapun bisa terjadi kalau Allah sudah berkehendak

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Iya, berita ini memang pernah menjadi berita utama di televisi pada akhir tahun 2009 lalu.

  39. BARU TAHU NEH JUGA KALAU JEDAH JUGA BISA TERLANDA BANJIR…BARANGKALI ITU PERTANDA DARI TUHAN, ENTAH PERTANDA BAIK ATAU SEBALIKNYA…HEAVEN KNOWS!

    TERIMAKASIH ATAS VIDEO MENARIKNYA!

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Setuju sekali. Hanya Tuhanlah yang tahu…

  40. 2009 toh, pantesan kayak pernah denger,,
    tapi tidak heran, salah satu tanda hari kiamat ketika negara2 arab yg padang pasir itu kembali hijau,,

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Padang pasir kembali hijau. Wow…itu luar biasa sekali!

  41. Tampaknya sudah ada pengaruh dari dampak pemanasan global, disamping karena telah rusaknya kualitas hutan, ya Mas.

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Pemanasan global memang bisa mengubah segala ya mas.

  42. Wah, mengerikan juga banjirnya.

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Memang mengerikan. Tapi sebagai manusia kita patut untuk intropeksi diri tentang apa yang telah berlaku.

  43. mohon maaf koneksi internet saya sedang tidak stabiL, jadi daLam meLihat tayangan tersebut tersendat-sendat.
    tapis saya ambiL penyimpuLan, kondisi aLam kita sudah tidak bersahabat Lagi. entahLah atau memang kita yang tidak bisa menjaga kondisi aLam, atau kah ada haL Lain dibaLik semua ini yang tentunya dapat diambiL hikmahnya dari setiap kejadian.

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Intinya adalah diperlukan kepedulian manusia untuk menjaga kelestarian alam. Salam dan sukses selalu buat bapak.

  44. waktu babeku naek haji jeddah juga banjir og

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Ternyata banjir sudah sejak dari dulu ya. Tapi mungkin dalam video ini, bisa jadi yang terdasyat.

  45. wuiih, kaget bener, ini pertama saya membaca kabar pertama tentang banjir yang terjadi di Saudi

    hehe

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Saya juga kaget nih….:mrgreen:

  46. Arab bisa banjir juga yaa.. Jarang bgt beritanya terdengar Arab banjir..

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Memang jarang banget beritanya terdengar. Termasuk akupun baru mengetahuinya.

  47. Iya, yang ada di bayangan saya ya gersang dan suhu panas menyengat. Heran jika sampai banjir.

    Di Indonesia kini juga makin aneh, bulan July tapi hujan hampir tiap hari dan dibeberapa tempat juga ada yang banjir, padahal seharusnya kemarau.

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Cuaca memang sepertinya sedang tidak menentu sekarang ini dan sulit diprediksikan.

  48. hehe kupikir di sana kan negara kaya nih, jadinya gak kayak Indonesia yang gak beres2 banjirnya… mungkin murni bencana alam ya bukan karena kesalahan manusianya^^

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Bisa jadi juga memang murni karena bencana alam😉

  49. nggak tw neh mungkin lagi semangat buat BW kali bolak balik kesini lom ada postingan hehehe😛 (lagi sibuk ya mas?) ^^

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Nggak juga. Cuma memang lagi bingung mau posting apa nih😦

  50. wah kawan saya lagi dijedah, penegen kontak dia ah. jadi inget terima kasih telah mengingatkan

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Senangnya punya teman di jeddah😆

  51. selamat pagi sahabat
    selamat hari minggu🙂

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Terima kasih. Selamat berhari Minggu juga. Sukses dan semangat selalu.

  52. Kalo Allah ga acc, dewa banjir pun ga akan bisa merendam Jeddah ya mas.. Engga ada satu peristiwa pun yang terjadi tanpa ijin Allah.. Subhanallah… Jadi kepikiran, masyarakat Jeddah pasti jauh lebih kaget daripada kita..😀

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Bisa jadi mbak. Kita yang ngeliat videonya aja kaget, apalagi mereka yang merasakan langsung kejadian hebat tsb.

  53. wah, benar-benar banjir bandang. tahun lalu pernah liat beritanya di Metro TV, sewaktu siaran musim haji. Semoga musim haji tahun ini semuanya baik-baik saja.

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Kita semuanya berharap seperti itu mbak fety. Nggak ada banjir bandang lagi yang terjadi.

  54. Banjir juga pernah melandah Masjidil Haram, hingga Ka’bah juga terendam meski tidak seluruhnya, dan juga pernah terjadi turun salju di sekitar Tabuk, Saudi Arabia…

    “Hari Akhir tidak akan datang kepada kita sampai dataran Arab sekali lagi menjadi dataran berpadang rumput dan dipenuhi dengan sungai-sungai(HR Muslim) ” Dari Hadist Rasulallah SAW di atas ada beberapa informasi yang didapat:
    1. Informasi datangnya hari akhir / kiamat
    2. Dahulu kala dataran / jazirah Arab pernah menjadi padang rumpur yang subur dan dipenuhi dengan sungai-sungai dan
    3. Nanti, dataran Arab sekali lagi akan menjadi padang rumput dan dipenuhi dengan sungai-sungai, sebagai salah satu tanda datangnya hari kiamat.

    Wa Allahu A’lam…

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Penjelasannya lengkap sekali kang. Berarti mungkin ini adalah salah 1 tanda2 kiamat. Karenanya mulai sekarang kita patut mempersiapkan diri kita dengan banyak2 melakukan amal ibadah. Amin.

  55. weh satu perkiraan kalo begitu dengan saya…saya kira AS[arab Saudi] tuh salah satu negara yang puanase puol…
    ternyata bisa banjir juga yo….
    salam kenal….
    dan terima kasih untuk kunjungannya…..

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Seperti itulah kenyataan yang terjadi dilapangan.

  56. Sepengetahuanku, jangankan banjir.. hujan saja rasanya sulit ditemui. Tapi ini kok bisa banjir ya..?! Subhanallah

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Nah, berarti pemikiran kita sama nih…

  57. Semua bisa terjadi kalau Allah berkhendak..
    Dan itu pertanda, Negeri Arab semakin subur. Sekarang sudah banyak hutan kota di Arab, hemm.. sesuatu yang pasti tak terpikirkan oleh kita..😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s