Pelajaran Dari Sebuah Gigi


Begitu banyak nikmat karunia yang diberikan Allah SWT kepada setiap makhluk hidup di dunia ini. Terlebih-lebih nikmat karunia yang Ia berikan kepada makhluk yang bernama manusia. Jika manusia hendak menghitung nikmat karunia tersebut, niscaya sampai akhir jaman pun takkan pernah berhasil. Udara, air, keluarga, kesehatan, panorama alam adalah sebagian dari nikmat-Nya yang bisa kita rasakan pada saat ini.  Sungguh tak ternilai dan tak dapat tergantikan dengan apapun. Takkan ada orang yang mau menerima uang trilyunan rupiah tetapi harus terlebih dahulu diambil penglihatannya, atau diambil pendengarannya, atau diambil kedua tangannya, atau-atau yang lain. Jika ada yang melakukan hal seperti itu dengan mengorbankan sesuatu yang berharga tersebut, maka patutlah dipertanyakan kejiwaannya.

Namun, tidak banyak yang menyadari akan keberadaan nikmat dan karunia tersebut. Malah ada yang beranggapan bahwa nikmat karunia yang ada sekarang ini adalah sesuatu yang biasa saja dan memang sudah sewajarnya sehingga kalimat syukur pun sepertinya menjadi sesuatu yang terlupakan. Dan pada akhirnya, dari yang terlupakan itu menjadi sesuatu yang terabaikan sama sekali akibat mungkin semakin lena dengan kesibukan duniawi.

Manusia akan menyadari kekeliruannya takkala nikmat karunia tersebut diambil kembali oleh Allah SWT. Baru akan terasa betapa sulitnya hidup tanpa nikmat dan karunia. Sesuatu yang tadinya telah terbiasa dinikmati tetapi tiba-tiba dicabut dan selanjutnya ditempatkan pada kondisi tidak nyaman yang belum pernah dirasakan sebelumnya tentu bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilalui. Mungkin hanya rasa penyesalanlah yang akan menghinggapi relung hati sembari berjanji untuk memperbaiki kesalahan ini dan berdoa dengan sepenuh hati untuk diberi kesempatan sekali lagi agar dapat menjalani hidup dengan penuh kesyukuran. Namun, akan berbeda halnya jika setelah dicabut nikmat karunia tersebut tetapi malah berkeluh kesah dan menggerutu tentang betapa tidak adilnya hidup. Tentu manusia semacam ini dapat dikategorikan sebagai makhluk yang sombong yang tak menyadari kesalahan yang telah diperbuat.

Mudah-mudahan diriku terhindar dari katerogi makhluk yang sombong tersebut. Meski aku menyadari, sebagian nikmat dan karunia itu telah diambil Allah dariku. Ya, hari ini aku benar-benar tidak karuan rasa. Sepanjang hari aku harus merasakan serangan sakit gigi yang luar biasa. Ini adalah serangan sakit gigi kedua terberat yang aku terima setelah sebelumnya pernah aku alami pada waktu kuliah dulu. Sakitnya minta ampun dan membuatku sulit makan. Aku cuma bisa beristigfar. Sakit gigi ini benar-benar telah mengganggu aktifitas kerjaku. Sambil menahan rasa sakit, aku mencoba untuk instropeksi diri. Ah, mungkin selama ini aku kurang mensyukuri nikmat karunia dari Allah SWT. Aku kurang merawat gigi yang merupakan salah satu karunia-Nya. Aku kadang malas menggosok gigi dan suka makan permen yang manis-manis sehingga merusak kesehatan gigi. Aku berpikir bahwa dengan adanya penyakit ini Allah SWT ingin mengingatkanku agar kedepannya rajin untuk merawat gigi. Aku juga berpikir bahwa selama ini aku selalu berada pada zona aman sehingga diriku terbiasa untuk makan-makanan yang enak, sementara mungkin banyak dari orang yang ada disekitarku untuk makan sehari-hari saja sulit dan ala kadarnya. Dengan sakit gigi ini aku kembali diingatkan untuk bisa merasakan bagaimana rasanya jika tidak bisa makan seperti mereka. Sungguh, mulai saat ini aku harus pandai-pandai mensyukuri nikmat dan karunia dari Allah SWT. Agar hidupku kedepannya juga penuh berkah. Amin Ya Rabbal Alamin.

____________________________

Memposting tulisan ini paling tidak juga merupakan obat mujarab bagi diriku untuk sedikit mengurangi rasa sakit pada gigi yang berlubang. Rasa ngilu dan senyut-senyut agak teredakan🙂

65 thoughts on “Pelajaran Dari Sebuah Gigi

  1. sungguh banyak yang baru menyadari nikmat dari Allah ketika Allah mengambil nikmat itu dari dirinya. Di saat sakit barulah orang menyadari nikmatnya hidup sehat.. di saat gigi lagi kuat, kita lupa bahwa itu adalah nikmat yg harus dirawat dan disyukuri… ini bukannya nyindir loh mas Ifan hehe😀

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Aku tidak merasa tersindir. Justru komentar dari Mas Epenkah (kupikir dulunya mbak lho) menjadi masukan yang berharga bagi diriku. Aku kembali harus menata kehidupanku supaya menjadi lebih terarah dan pandai mensyukuri nikmat dan karunia Nya.

  2. Aku kalau sakit gIgi bisa ndak bisa tdr semalaman, tdk nafsu ngapa2in. , huhu, lbh skt dari patah hati,

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Wah, jangan dua2nya deh. Keduanya sama2 menyakitkan🙂

  3. yang paling sedih jika yang sakit gigi anak-anak saya
    hati rasanya sediiiiih sekali..lebih baik saya yang menanggung sakitnya

    menjaga kesehatan gigi memang sangat perlu🙂

    semoga cepat sembuh ya Mas

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Benar mbak. Baru saya menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan gigi. Sungguh ini menjadi pelajaran berharga bagi saya.

    1. misalnya mimpi gigi copot. daripada jadi kenyataan ya rawat gigi dari sekarang

      ==========
      DUNIAKU DISINI : Benar juga sih. Kata orang2 dulu kan bilang kalau mimpi giginya copot berarti ada kematiaan. Kita serahkan saja kepada Tuhan.

  4. Dari pada sakit gigi lebih baik tidak sakit ya bro hehehe… Get well soon bro. Memang sering kali kita kadang baru bisa merasakan nikmat sehat ketika kita sedang sakit.

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Terima kasih atas doanya.

  5. semoga Allah memberikan kesembuhan kepada Abu Ifan Jayadi (amin)

    Ajaran Islam memerintahkan agar umatnya senantiasa menjaga kesehatan gigi dan mulut. Dalam salah satu haditsnya, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda: ”Seandainya tidak akan merepotkan umatku, maka aku akan perintahkan kepada mereka untuk membersihkan gigi pada setiap akan shalat.”(HR Bukhari dan Muslim).

    Ayo Budayakan membersihkan gigi, disunnahkan menggunakan siwak ala rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, karena dikita sulit mendapatkan siwak maka tidak mengapa menggunakan pasta gigi dengan sikap gigi. Wa Allahu A’lam

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Wah, penjelasan Kang Usup sangat lengkap. Ini menjadi pelajaran berharga bagi diriku agar senantiasa merawat apa yang diberikan Allah SWT. Jangan hanya memakainya saja ya tanpa mau merawatnya. Hmm..sayang, siwak sekarang susah untuk diperoleh. Tapi untunglah masih ada pasta gigi yang kayanya oke juga.

  6. alhamdulilah saya belum pernah sakit gigi mas. n semoga nggak pernah. lekas sembuh ya🙂

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Wah, semoga kesehatan selalu tercurah kepada mas. Amin.

  7. semoga cepat sembuh mas ifan..
    memang kalau sakit gigi mempengaruhi banyak syaraf di tubuh. aku juga pernah sekali sakit gigi di sini, langsung ku hantam dengan sikat gigi yang disiplin dan pake mouthwash yang sering. alhamdulillah reda tanpa harus ke dokter.

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Iya mbak. Mulai sekarang aku harus disiplin untuk membersihkan gigi biar nggak mengalami lagi rasa sakit ini. Terima kasih atas doanya.

  8. Mudah-mudahan giginya cepet sembuh ya!
    Nikmat Tuhan sangat banyak, termasuk hal-hal yang mulanya kita pandang sebagai sesuatu yang sepele…hehe, saya juga pernah mengalami gigi yang harus dipasang mahkota, sampai-sampai harus berobat ke adik ipar saya yang tinggal di Surabaya…🙂

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Wah, sampai harus berobat ke Surabaya segala. Pasti berat sekali nih bu. Mudah2an nggak akan pernah lagi merasakan sakit gigi ya bu.

  9. dlu ak pernah sakit gigi ( waktu SD ),ga enak banget lah,aku sangat bersyukur karena saekarang udah ga sakit lagi.cepet sembuh ya ka

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Terima kasih.

  10. semoga cepet sembuh yah sob, memang rasa sakit gigi itu kebayang sakitnya dan snut2nya kaya apa, mudah2an kedepannya lebih rajin untuk merawat giginya yah.

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Iya, mulai sekarang aku harus rajin menggosok gigi nih. Terima kasih.

  11. Meskipun saya belum pernah mensyukuri nikmat yang telah diberikan kepada gigi saya, Alhamdulillah gigi saya tidak pernah sakit. Namun ternyata aku lupa untuk bersyukur kepada-Nya. Ampuni hamba ya Allah…

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Semoga kita semua diampuni oelah Allah SWT. Amin.

  12. semoga sekarang sakit giginya sudah sembuh ya Mas Ifan

    memang kita , manusia , seringkali (pura2) lupa dgn segala anugerh dari Allah swt, ketika kita tak merasakannya lagi, barulah menyadari, bahwa selama ini kita kurang bersyukur.
    Semoga kita semua termasuk orang2 yang selalu bersyukur,amin

    Hebatnya dirimu,Mas Ifan, dlm keadaan sakit, masih bisa berbagi dan mengingatkan kita.
    salam

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Ya, kadang kealfaan sering tidak terelakkan dalam kehidupan kita. Tapi dari kealfaan tsb kita berusaha utk instropeksi agar kedepannya lebih baik lagi. Salam juga buat bunda dan keluarga.

  13. Sehat itu mahal🙂

    Banyak terjadi perenungan sat kita sakit, tp kalau sakit giginya maunangis aja, he he he

    Terimakasih mengingatkan🙂

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Benar. Sehat itu mahal. Kita baru meyadari ketika kesehatan itu tidak ada lagi pada diri kita.

  14. gigiku baru pernah bolong sekali, rasanya ampyuuuuun😦
    enggak lagi2 dagh….

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Gigi berlubang memang bikin menyiksa mbak. Sakitnya minta ampun.

  15. kaya’nya lagu Alm.Meggy Z nggak cocok deh sama kenyataan.
    “lebih baik dakit gigi daripada dsakit hati ini, biar tak mengapa”
    padahal kalau lagi kena yang namanya sakit gigi, rasanya ampun-ampun deh. mendingan sakit hati.🙂

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Kalau bisa, jangan dua2nya deh.😛

  16. Gigi, itu ada macam-macam
    1 Gigi Susu / Decedui
    2 Gigi Tetap / Gigi Orang dewasa

    1.1 Gigi Susu terdiri dari
    1.Seri / Incicivus
    2.Taring / Caninus
    3.Graham / molar ==> sama dengan webku http://www.molarr.com
    2.2 Gigi Tetap/ Permanent
    1.Seri / Incicivus
    2.Taring / Caninus
    3.Graham Kecil / Premolar
    4.Graham / molar ==> sama dengan webku http://www.molarr.com
    Dari Segi Fungsinya :
    1.Seri / Incicivus u/ Memotong Makanan
    2.Taring / Caninus u/ Merobek
    3.Graham Kecil / Premolar u/ Menghaluskan
    4.Graham / molar u/ Lebih Menghaluskan
    5.Kecantikan (Bayangkan jika tidak punya gigi depan)
    6.Artikulasi ucapan
    dan sebaginya2

    Dari Segi Strukturnya
    1. Lapisan luar = email Sifatnya Getas
    2. Lapisan Tengah = Dentin disini udah ada syarafnya
    3. Lapisan dalam = Pulpa
    Pulpa teridiri dari :
    -Pembuluh darah
    -Kelenjar Limpe
    -Syaraf
    -Jalan untuk mengasih nutrisi untuk gigi

    Demikian ulasan singkatnya nanti akan saya tulis lebih lengkap di Blog saya
    Ok
    Ifan🙂🙂🙂

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Penjelasanmu panjang dan jelas sekali wan. Jadi tahu nih tentang jenis2 gigi dan struktur yang ada di dalamnya. Terima kasih telah berbagi yang bermanfaat disini ya🙂

  17. bersyukurlah, karena dengan perantara sakit gigi, kita menyadari betapa nikmat sehat yang sudah diberi selama ini.
    tanda tuhan masih sayang kita..

    salam sehat

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Iya nih, jadi sadar sekarang betapa nikmat sehat itu sering aku lupakan selama ini. Salam sehat juga ya.

  18. smoga cepet sembuh mbak sakit giginya. jangan lupa ke dokter gigi.😀
    kebiasaan sikat gigi dua hari sekali yach mbak?? ngacirrrr

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Kayanya aku paling takut ke dokter gigi. Jadi cuma ngerawatnya dengan sering gosok gigi aja. Hmm…maaf aku bukan mbak tapi mas lho…🙂

  19. bagus sekali gigi sekap\lipun bs ngasih kita pelajaran lho

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Hal-hal kecil memang kadang bisa pelajaran berharga buat kita🙂

    1. tp terkadang kita tak pernah menyadarinya kan?

      ==========
      DUNIAKU DISINI : Benar. Kita baru menyadarinya setelah diberikan sakit.

  20. Sakit gigi ? Ogah ah… sakitnya gak ketulungan sih..
    Mendingan sakit yang lain aja deh… hehehe

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Berarti mbak pernah juga dong betapa mengerikannya sakit gigi tsb🙂

  21. giginya bolong mas? wedew.. minum ponstan nya seminggu sekali aja ya

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Sudah sih. Ya, hanya sekedar meringankan saja rasa sakitnya.

  22. Pengalaman yang cukup bermakna untuk diambil iktibar.
    Sakit gigi memang menyerikan.
    semoga cepat sembuh. Kumurkan dengan air garam kalau sakitnya masih belum ilang. Insya Allah, mampu menahan sakit seketika.

    Salam kenal dari Indahkasihku.

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Terima kasih ya atas tipsnya. Salam kenal juga dariku.

    1. Saudara Ifan:

      Apa sudah dicoba tipsnya. Mahu tahu kalo2 tips itu bisa membantumu. Sama2 kembali.

      ==========
      DUNIAKU DISINI : Sudah dicoba. Alhamdullillah, rasa sakitnya sedikit teredakan. Terima kasih ya.

  23. saya doakan semoga cepat sembuh bang🙂

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Alhamdullillah, sudah agak mendingan nih.

  24. sbetulnya dari semua kejadian yg kita alami dlm hidup itu, byk pelajaran yg bs diambil…

    seperti kata org bilang:
    “ambil hikmahnya aja”

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Yups..selalu ada hikmah yang bisa kupetik dari rasa sakit ini, yaitu harus rajin2 gosok gigi.

  25. wah, jgn ampe deh kita kena skt gigi, sktnya minta ampun, bnr tuh sob, aku jg pernah ngalamin skt gigi..
    gak mau lg deh…
    moga aja km cpt sembuh y

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Iya, kalau bisa jangan sampai lagi deh terkena sakit gigi. Cukup ini yang terakhir.

  26. jadi kesimpulannya…
    mendingan sakit gigi…
    atau patah hati nih mas???
    hihihi…
    *Jangan maraaaah…orang yang sakit gigi digodain biasanya suka maraaaah :)*

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Dua2nya nggak pengen mbak. Pengen yang happy2 aja😛

  27. Terkena sakit gigi sakit sekali rasanya…. tetapi lebih parah sakit hati… sehingga ada lagu “daripada sakit hati lebih baik sakit gigi ini…”😀

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Tidak ingin mendapatkan kedua duanya. Ingin sehat dan ingin selalu bahagia:mrgreen:

  28. sakit apapun pasti gak enak,makanya bersyukur sebelum rasa sakit itu datang lebih utama,tapi kalaupun sakit kita tetap wajib bersyukur,karena masih diberikan anggota tubuh lainnya yg sehat🙂

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Terima kasih mas didot. Benar. Aku harus tetap bersyukur karena anggota badanku yang lain Alhamdullilllah masih diberi kesempatan sehat oleh Allah SWT.

  29. hehe… obat penghibur buat gigi yang senut2 itu…
    kenapa gak dicabut aja sekalian bos ??
    biar usai sudah penderitaan itu..
    dan emmang… gigi itu sangat berharga.. anugerah terindah dari Sang pencipta.. sayang seh kalau harus dicabut hehehe

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Bukan sayang untuk dicabut, tapi nggak punya keberaniaan buat melakukan itu😦

  30. selalu ada hikmah dibalik setiap yang kita alami, baik senang maupun susah. beruntunglah orang yang mempu melihat hikmah dan menjadikannya pelajaran untuk memperbaiki diri.
    Ikhlas, sabar dan sadar bahwa apapun yang terjadi pada diri kita adalah atas izin dan kehendak Allah, dan semua itu tidak akan sia-sia, keculai kita yang menyia-nyiakannya.

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Insya Allah mas. Mudah2an saya bisa selalu ihklas dan sabar dalam menerima penyakit ini dan intropeksi diri thd apa yang telah dilakukan di waktu lampau.

  31. Well, when I saw your post with the tooth I thought it had something to do with pain. Even when I read you said we should be happy of God’s creation. Well, yes we should be happy. But, we shouldn’t happy to have put God’s creation in OUR form. It isn’t right.

    ==========
    DUNIAKU DISINI : I mean, we must thanks to God because There’s many things that God have given to us.

  32. Wah… benar banget… Diberikan ujian berupa gigi sakit aja udah lumayan berat ya…😀
    Aku lumayan sering bolak balik dokter gigi untuk perawatan gigi yang bolong😀

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Tuh, kakaakin ternyata juga mengalami hal yang sama ya😛

  33. cepat sembuh ya sob…..

    saya juga pernah ngerasain sakit gigi,,,sakitnya minta ampun….sekali kesenut, sakitanya sampau menjulur ke seluruh tubuh…..

    tabah..dibalik itu pasti ada hikmah….

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Terima kasih. Benar kata kamu, akan selalu ada hikmah dibalik semua kejadiaan ini.

  34. saya malah pernah mengalami kambuh sakit gigi saya di tengah malam, mas ifan. doh, rasanya ndak karu2an. memang benar seperti yang mas ifan katakan, sesungguhnya sakit gigi memberikan pembelajaran yang bermakna ttg rasa syukur. mudah2an kita bisa terus bersyukur setelah sakit gigi kita sembuh.

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Wah, kalau sakit gigi di tengah malam, kayanya berat pak. Pasti nggak karuan rasa dan sulit sekali tidur. Dan kita semua berharapnya seperti itu pak agar terus bersyukur setelah sakit gigi kita sembuh.

  35. satu gigi bisa membuat banyak renungan akan nikmat yang diberikan Tuhan, kadang kita lupa saat tak ada keluhan yang dirasakan

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Iya bu, baru merenung setelah diberikan sakit. Mungkin Tuhan berkata, kemana aja selama ini. Kok baru menghiba-hiba setelah diberikan sakit.

  36. hmmm segala sesuatu jika diterima dengan ikhlas dan sabar maka kita akan mendapat makna dan hikmah disebaliknya, demikian dengan yg saya alami..
    Sukses Slalu!

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Ikhlas dan sabar kunci untuk menghadapi semua ini agar kita dapat menyingkap hikmah disebalik semua ini.

  37. wew… aku juga sering lupa nggak gosok gigi sebelum tidur malam… hohooh

    makasih sudah diingatkan…

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Makanya, sekarang ini aku sering gosok gigi karena nggak pengen lagi kambuh.

  38. dari gigi pun bisa dipetik pelajaran yang lain ya, Bang. Kebersamaan. Satu yg sakit, sekujur tubuh panas dingin🙂
    *ohya, salam kenal hehe asal nimbrung ajah ^^v*

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Benar nih. Aku merasakannya lho. Gigi yang sakit, tapi seluruh anggota badan juga menjalar rasa sakitnya🙂

  39. Betul sekali,,tidak sadar kita diberi kesempurnaan.. tetapi tidak bersyukur…
    Ampunilah ya allah…
    Semoga selalu diberi hidayah…:)

    Salam kenal sob, semoga giginya cepat sembuh

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Semoga kita selalu diberi hidayah oleh Allah SWT dan tetap terus mensyukuri nikmat Nya.

  40. Syukurlah masih merasakan sakit, kan jadinya bisa merenungkan betapa nikmatnya sehat🙂

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Benar pak. Sakit ini membuat saya bisa merenungkan tentang nikmat sehat itu sendiri.

  41. ayo, cepetan ke dokter gigi,
    awas jangan udah sembuh malah jadi lupa berobat

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Terima kasih nasehatnya mbak.

  42. duh klw ada org sakit gigi jadi nyambung ikut2an sakit gigi juga…😛

    terkadang emang benar manusia banyak lupanya dan banyak kurang mensyukuri nikmat, klw sudah diambil bru penyesalan datang…

    sudah berobat mas ifan? semoga cepat sembuh ya mas🙂 dan bisa tersenyum lagi hehehe

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Terima kasih ya. Hmmm…memang tampaknya seperti itu sih kebanyakan manusia baru menyesal setelah ada sesuatu yang hilang dari dirinya.

  43. ok bro …, mantap sebagai bahan renungan, Sukses Selalu

    Salam Kenal
    Karcax

    ==========
    DUNIAKU DISINI : Mudah2an pak. Salam kenal juga ya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s