Masjid Islamic Center Samarinda


Setiap berkunjung ke suatu daerah yang mayoritas penduduknya beragama islam, maka jamak kita jumpai masjid. Masjid-masjid tersebut biasanya memiliki arsitektur dan ciri khas tersendiri yang berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya. Perbedaan ini mungkin disebabkan karena masjid-masjid tersebut dibangun dengan mencoba menyesuaikan diri terhadap karakteristik dan budaya dari masyarakat sekitar. Bisa jadi pula dengan arsitektur yang berbeda akan menjadi suatu ciri khas, sehingga ketika seseorang berkunjung ke suatu daerah, maka akan dengan mudah mengenali daerah tersebut lewat bangunan masjidnya.

Di Samarinda yang juga mayoritas penduduknya beragama islam, tentu keberadaan masjid bukanlah sesuatu yang mengherankan lagi. Hampir di setiap sudut kota akan mudah dijumpai masjid-masjid indah yang berdiri kokoh. Masjid-masjid itu antara lain Masjid Shiratal Mustaqim di Samarinda Seberang yang memiliki sejarah panjang terhadap awal penyebaran agama islam di Kota Samarinda. Berdiri tahun 1880 M yang pembangunannya dilakukan oleh Pangeran Bendahara Said Abdurrahman Assegaf, masjid ini bahkan pernah meraih juara 1 tingkat nasional sebagai masjid bersejarah di Indonesia.

Masjid lainnya adalah Masjid Raya Darussalam Samarinda yang terletak di jalan KH. Abdullah Marisi berdekatan dengan kawasan Pasar Pagi. Dulunya masjid ini menjadi masjid terbesar di Kota Samarinda selama hampir 80 tahun lebih sejak berdiri tahun 1925 silam sebelum akhirnya tergantikan oleh Masjid Islamic Center Samarinda.

Miniatur Masjid Islamic Center Samarinda

Ya, sekarang ini Masjid Islamic Center Samarinda menjadi masjid terbesar dan termegah di Kota Samarinda pada khususnya dan Provinsi Kalimantan Timur pada umumnya. Bahkan, kemegahannya bisa disejajarkan dengan Masjid Istiqlal di Jakarta. Berdasar sumber yang kukutip dari website Masjid Kita, maka berikut paparan tentang Masjid Islamic Center ini.

Masjid Islamic Center Samarinda terletak di Jalan Slamet Riyadi, Kelurahan Karang Asam, Kecamatan Samarinda Ilir, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur dengan latar depan berupa Tepian Sungai Mahakam. Masjid ini memiliki luas bangunan utama 43.500 meter persegi. Untuk luas bangunan penunjang adalah 7.115 meter persegi dan luas lantai basement 10.235 meter persegi. Sementara lantai dasar masjid seluas 10.270 meter persegi dan lantai utama seluas 8.185 meter persegi. Sedangkan luas lantai mezanin (balkon) adalah 5.290 meter persegi. Lokasi ini sebelumnya merupakan lahan bekas areal penggergajian kayu milik PT Inhutani I yang kemudian dihibahkan kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

Bangunan masjid ini memiliki sebanyak 7 menara dimana menara utama setinggi 99 meter yang bermakna asmaul husna atau nama-nama Allah yang jumlahnya 99. Menara utama itu terdiri atas bangunan 15 lantai masing-masing lantai setinggi rata-rata 6 meter. Sementara itu, anak tangga dari lantai dasar menuju lantai utama masjid jumlahnya sebanyak 33 anak tangga. Jumlah ini sengaja disamakan dengan sepertiga jumlah biji tasbih.

Selain menara utama, bangunan ini juga memiliki 6 menara di bagian sisi masjid. Masing-masing 4 di setiap sudut masjid setinggi 70 meter dan 2 menara di bagian pintu gerbang setinggi 57 meter. Enam menara ini juga bermakna sebagai 6 rukun iman.

Nah, demikian selayang pandang tentang paparan Masjid Islamic Center Samarinda. Sengaja ditampilkan pada hari ini untuk menyambut hari pertama kedatangan bulan Ramadhan 1431 H. Mudah-mudan bermanfaat dan menambah wawasan. Dan yang paling penting, sebagai seorang muslim, kita wajib memakmurkan keberadaan masjid tidak hanya di bulan ramadhan saja, tetapi juga dibulan-bulan lain di luar bulan ramadhan. Amin.

This slideshow requires JavaScript.


FOTO DARI BERBAGAI SUMBER.

88 thoughts on “Masjid Islamic Center Samarinda

  1. Subhanallah…megah Sekali

    ======
    DUNIAKU DISINI : Sungguh kebesaran dan kemegahan rumah Allah ini tiada bandingnya.

  2. ajib mas pemandangan masjidnya..betah deh ibadah disana😀

    ======
    DUNIAKU DISINI : Apalagi di bulan ramadhan ini, tentu semakin banyak orang yang betah berlama2 disana. Mudah2an betahnya karena tujuan utk mengkaji ilmu agama.

  3. Semoga tidak hanya bangunannya saja yang megah, tapi juga shaf-shaf jamaahnya.
    Selamat menjalankan puasa Ramadhan mas ifan.🙂

    ======
    DUNIAKU DISINI : Kita semua juga berharapnya seperti itu. Selamat menjalankan puasa ramadhan juga ya🙂

  4. waah keren banget yak, arsitekturnya bagus dan lagi di deket sungai pasti indah banget tuh di sana..🙂

    oya Ifan, met puasa ya semoga puasanya lancar dan mohon maaf nih kalo ada salah2 kata dalam berkomentar..

    ======
    DUNIAKU DISINI : Ya, indah banget lho, apalagi dengan latar Sungai Mahakam didepannya, semakin menampakkan kemolekannya. Dan buat Ne, selamat mennjalankan puasa ramadhan ya. Mohon maaf lahir dan bathin.

  5. owaoo..keren banget..
    moga umatnya bener2 ngefungsiin masjid itu jadi tempat ibadah😀 gak kyk di depok, ada masjid yg katanya berkubah emas tapi fungsinya jadi tempat wisata😦

    ======
    DUNIAKU DISINI : Tentu keren dong. Tapi seperti yang kamu bilang semoga masjid yang megah itu bisa berfungsi benar2 sbg tempat ibadah.

  6. Selamat menunaikan ibadah puasa.

    Mohon maaf lahir & bathin
    🙂

    Salam dari Fitri di Samarinda

    ======
    DUNIAKU DISINI : Selamat menunaikan ibadah puasa juga ya. Semoga puasa kali ini semakin meningkatkan iman dan takwa kita kepada Allah SWT.

  7. wah,itukah masjid yang ada di indonesia😀
    kayak masjid2 timur tengah mas:mrgreen:

    salam persahabatan ,-

    ======
    DUNIAKU DISINI : Memang, sepertinya arsitekturnya sangat condong kepada arsitektur timur tengah. salam persahabatan juga ya🙂

  8. waw.. keren..jd luas semuanya berapa hektar ya? asyik kayaknya nih maen kesana..

    Met Puasa ya mas Ifan..🙂

    ======
    DUNIAKU DISINI : Luasnya, wah, hitung sendiri deh🙂 Selamat puasa juga ya.

  9. wow
    keren banget dah masjidnya
    kepengen deh kesana suatu saat buat ngerasaain megahnya masjid itu

    ======
    DUNIAKU DISINI : Mudah2an suatu saat bisa menginjakkan kaki ke mesjid yang super megah itu.

  10. Subhanalllah, benar2 mesjid yang megah.
    Semoga mesjid ini selalu dipenuhi jamaah,amin.
    salam.

    selamat menunaikan ibadah puasa, Mas Ifan.
    mohon maaf lahir dan bathin.
    Semoga puasa kita kali ini mampu meraih maghfirohNYA,amin
    salam

    ======
    DUNIAKU DISINI : Memang megah bunda dan kita semua berharap juga seperti itu, yaitu semakin banyak jamaah yang sholat di masjid yang megah ini. Dan tak lupa juga saya ucapkan kepada bunda dan keluarga selamat menunaikan ibadah puasa ramadhan. Semoga puasa kali ini, ibadah kita semakin meningkat. Amin.

  11. Keindahan mesjid di berbagai daerah ternyata sangat beragam. Berhubung belum pernah ke Samarinda, posting ini berhasil membuat saya penasaran pengen berkunjung kesana, apalagi kalau bisa shalat di Masjid Islamic Center-nya…wah, pasti menyenangkan!
    Thanks sudah berbagi cerita lagi🙂

    ======
    DUNIAKU DISINI : Mudah2an suatu saat bisa diberikan kesempatan oleh Allah SWT untuk bisa sholat di masjid megah ini bu. Tentu, ini akan menjadi sesuatu yang menyenangkan takkala niat kita kesampaian.

  12. Mantab tuh masjid desainnya, semoga jamaahnya juga banyak, jangan asal megah masjidnya aja tapi jamaahnya gak ada….alamat salah satu tanda kiamat tuh klo kyk gt

    ======
    DUNIAKU DISINI : Semoga. Dengan jamaah yang banyak, Insya Allah, masjid ini akan bisa menjadi siar Islam yang terus bergema di bumi Kalimantan.

  13. semoga selalu penuh dengan yang mengabdi kepada-Nya. Amin

    ======
    DUNIAKU DISINI : Amin Ya Rabbal Alamin.

  14. Melihat mesjid yang luar biasa mewah dan megah, rasanya takjub dan betah untuk berlama2 di dalamnya…

    ======
    DUNIAKU DISINI : Benar sekali mbak. Rasanya penuh kedamaian berada didalam sana.

  15. wah enak banget klw bisa beribadah di mesjid yg subhanallah megahnya🙂

    klw mesjid ditempt saya yg terkenal mesjid raya kota medan dan mesjid agung🙂

    semoga lancar ya mas ibadah puasanya🙂

    ======
    DUNIAKU DISINI : Masjid Raya Kota Medan tampaknya juga tidak kalah terkenalnya. Sering aku lihat di TV tentang liputannya. Kapan ya bisa sholat disana.

  16. aslm. megah pisan euy.. kalah nih JIC di jakarta…
    semoga bukan cuma jadi bangunan penghias..

    .:: Met Shaum ::.

    ^^

    ======
    DUNIAKU DISINI : Semoga masjid ini bisa menjadi siar islam yang berkelanjutan.

  17. Semoga masjid itu tidak hanya megah tapi juga barokah.

    ======
    DUNIAKU DISINI : Tentu kita semuanya berharapnya seperti itu. Masjid yang megah tetapi juga menjadi siar islam yang mumpuni.

  18. Thnks sob infonya..bermanfaat bagi yang membaca terutama saya khususnya..
    salam sukses selalu yah..selamat menjalankan ibadah puasa juga..ditunggu komment baliknya sob..

    ======
    DUNIAKU DISINI : Amin. Memang seperti itulah yang saya inginkan, tulisan ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan. Terima kasih dan salam sukses.

  19. Suatu hal yang mnyenangkan mungkin y mas, kalo semisal bisa berkunjung dan bersilaturahmi ke sana…

    ======
    DUNIAKU DISINI : Tentunya, karena dengan begitu dapat melihat secara langsung kebesaran dan kemegahan rumah Alloh tsb.

  20. temenku yang anak kaltim sering crita tentang masjid megah ini, dan ternyata memang megah yaa🙂

    ======
    DUNIAKU DISINI : Insya Allah. Semoga kemegahannya tersebut benar2 bisa menjadi syiar islam di Kaltim. Amin.

  21. hampir 20 tahuntinggal dikalimantan tengah, belum pernah aku kekaltim, wah padahalpingin sekali

    ======
    DUNIAKU DISINI : Aku juga hampir berpuluh2 tahun tinggal di Kaltim, belum pernah menginjakkan kaki ke Provinsi Kalteng. Cuma pernah ke Kalimantan Selatan saja. Kapan ya bisa kesana?😦

  22. Semoga kemegahannya selaras dengan penghuninya…
    tidak hanya di Ramadhan saja…

    ======
    DUNIAKU DISINI : Semoga seperti itu karena tanpa jamaah apalah arti sebuah masjid meski megah sekalipun.

  23. Megah banget. Semoga kemegahan itu membawa manfaat yang sebesar-besarnya bagi siapa saja yang menjalankan ibadahnya di mesjid itu.

    ======
    DUNIAKU DISINI : Kita semuanya berharap seperti itu. Manfaat yang besar dari berfungsinya masjid tsb tentu menjadi sesuatu yang diidamkan.

  24. Tetapi jangan sampai hanya bangnan Masjidnya yang megah tetapi Masjidnya tidak makmur😀

    ======
    DUNIAKU DISINI : Mudah2an mas. Karena bagaimanapun, kemakmuran jamaahnyalah yang paling penting.

  25. Semoga kemegahan masjidnya juga diikuti dengan ketekunan umat dalam beribadah,, Selamat Puasa..

    ======
    DUNIAKU DISINI : Amin. Selamat berpuasa juga.

  26. bener2 masjid yang samat bersejarah, mas ifan. pingin banget berkunjung ke sana. kira2 kapan bisa ke samarinda, yak? selamat menunaikan ibadah puasa, mas ifan, semoga kita mampu menjalankannya dg khusyu’ sebulan penuh.

    ======
    DUNIAKU DISINI : Benar pak. Masjid Shiratal Mustaqim adalah salah 1 masjid bersejarah yang ada di Kaltim. Hmmm….tak lupa juga saya ucapkan selamat menunaikan ibadah puasa kepada Pak Sawali sekeluarga.

  27. Salam Ramadhan.
    Semoga masjid dipenuhi hamba yang taat padaNya.
    TQ

    ======
    DUNIAKU DISINI : Amin. Salam ramadhan juga buat bapak.

  28. met puasa ya mas,semoga dilancarkan puasanya.

    mari ramaikan mesjid bersama,terutama selepas ramadhan nanti🙂

    ======
    DUNIAKU DISINI : Selamat puasa juga buat mas Didot. Kita semua berharap seperti itu mas. Kemakmuran masjid akan tetap terjaga meski di luar bulan ramadhan sekalipun.

  29. Bagus sekali masjidnya, saya dulu sering ke Samarinda tetapi belum pernah melihatnya (belum dibangun)

    Semoga umat Islam disana memakmurkan masjid yang megah ini.

    Selamat menunaikan ibadah puasa.
    Maaf lahir batin

    salam hangat dari Surabaya

    ======
    DUNIAKU DISINI : Benar pak. Masjid ini baru saja selesai dibangun dan merupakan proyek besar Pemprov Kaltim. Semoga masjid megah ini selalu makmur dengan jamaahnya. Amin. Dan selamat menunaikan ibadah puasa kepada bapak sekeluarga.

  30. pertama tiba di Kota Samarinda, saya juga kagum dengan masjid ini..
    sempat nekat juga pernah menaiki menara masjid sampai puncaknya demi berburu gambar..

    Selamat menjalankan ibadah di Bulan Ramadhan bang Ifan..
    mohon maaf lahir batin..

    saya izin pasang link-nya yah..

    ======
    DUNIAKU DISINI : Wah, hebat. Saya saja belum pernah naik sampai kepuncaknya. Cuma sampai didalamnya saja. Semoga masjid ini menjadi siar islam di bumi Kalimantan. Dan kepada mas Muam saya ucapkan selamat menunaikan ibadah puasa ramadhan. Mohon maaf lahir dan bathin.

  31. tahun lalu saya tarawih disini. Sekarang sudah nikah dan menetap di Balikpapan. Kapan2 ingin sholat disana lagi🙂

    ======
    DUNIAKU DISINI : Senangnya bisa tarawih di Masjid Islamic Center. Saya juga tahun lalu berkesempatan tarawih disana. Adem dan membuat hati tenang.

  32. megah sekali ya masjidnya..
    bisa cukup berapa banyak umat di dalem sana tuh..?

    mau tukeran link gak mas?

    ======
    DUNIAKU DISINI : Kayanya banyak deh. Maklum, masjid ini bisa disejajarkan dengan masjid istiqlal di Jakarta. Tukeran Link? Oke🙂

  33. Saya juga baru menulis tentang masjid Islamic Center di Samarinda, tapi belum saya posting (untuk postingan berikutnya).
    Hal yang saya kagumi di Samarinda, adalah begitu banyaknya masjid dan semuanya indah. Rasanya ingin memotret satu persatu dan menuliskannya, sayang waktunya tak cukup.

    ======
    DUNIAKU DISINI : Alhamdullillah. Akhirnya ibu berhasil juga menginjakkan kaki di bumi Kalimantan Timur. Apalagi bisa mengunjungi Masjid Islamic Center yang megah itu. Semoga mendapatkan pengalaman yang menyenangkan selama disini. Dan ditunggu postingan tentang Islamic Center nya bu.

  34. Waduh ulun baru tahu pang detailna, cuman sekilas aja pas lewat, tp bujur pang megah banget, subhanallah…
    btw selamat malam pang, selamat beristirahat

    ======
    DUNIAKU DISINI : Alhamdullillah, akhirnya tahu juga secara detail tentang Masjid Islamic Center ini. Semoga menambah wawasan dan selamat malam.

  35. Assalaamu’alaikum Ifan Jayadi

    Saya kembali menyatu diri di dunia maya dalam keberkatan Ramadhan yang mulia ini setelah menghilang diri di maya atas musibah yang menimpa.

    Semoga kehadiran Ramadhan ini akan menyambung kembali silaturahmi kita.

    Blog dulu sudah terhapus dan kini saya kembali dengan blog baru yang berwajah serupa:

    http://webctfatimah.wordpress.com/

    Salam Ramadhan yang mulia dan salam mesra dari saya di Sarawak, Malaysia.

    ======
    DUNIAKU DISINI : Alhamdullilah, akhirnya ibu Siti kembali lagi setelah cukup lama menghilang dari dunia maya. Insya Allah akan segera meluncur ke rumahnya yang baru.

  36. moga tidak hanya jadi kebanggaan bentuknya saja, tapi juga kebanggaan untuk fungsinya.

    ======
    DUNIAKU DISINI : Semoga karena masjid yang megah harus didukung pula dengan banyak hal disekelilingnya terutama para jamaah untuk memakmurkannya.

  37. subhanallah, keren sekali masjidnya..
    semoga suatu saat bisa menginjakkan kaki ke sana.

    ======
    DUNIAKU DISINI : Insya Allah kak. Mudah2an niatnya dikabulkan Allah SWT. Amin.

  38. Kapan ya di tempatku adqa Islamic center seperti itu ya❓😕
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari tabanan

    ======
    DUNIAKU DISINI : Mudah2an suatu saat nanti ada pak.

  39. rugi aku waktu kesana belom sempat kami datangi. Insya Allah kalo kesana lagi akan kami agendakan. Masjid indah akan selalu dinikmati dan menambah keksyuan beribadah. Insya Allah .

    Kami ada artikel menarik yang ditulis dr muhammad ali toha Aseggaf berjudul http://rumahsehatafiat.wordpress.com/2010/08/16/keluhan-pada-saat-puasa/ silahkan dikunjungi

    ======
    DUNIAKU DISINI : Iya, rugi besar nih nggak sempat berkunjung kesana. Saya doakan jika ada kesempatan kesana lagi, mudah2an bisa menginjakkan ke mesjid tsb. Amin.

  40. Subahanaullah indahnya Rumah Allah. gak ada tandingannya ya🙂

    ======
    DUNIAKU DISINI : Benar sekali. Rumah Allah yang megah ini memang tiada bandingnya.

  41. coba klo di setiap daerah ada mesjid semegah itu…

    ======
    DUNIAKU DISINI : Kalau tiap daerah ada mesjid semegah itu, Insya Allah syiar islam akan semakin bergema.

  42. yang keren arsitek mesjidnya dong berarti🙂 bisa merancang mesjid dengan penuh makna pada setiap detail desainnya

    ======
    DUNIAKU DISINI : Setuju. Pasti arsiteknya sudah benar2 memikirkan dengan matang desain semacam apa yang ingin ditampilkan yang sesuai dengan karakteristik masyarakat di Kaltim.

  43. Subhanallah… Indah sekali yah …. baru tahu ada masjid yang indah di Kalimantan …. *maklum, mentok di masjid Al-Azhar sajah ..:mrgreen:

    ======
    DUNIAKU DISINI : Alhamdullillah, bertambah lagi pengetahuan🙂

  44. sekarang smua orang pada berlomba-lomba membuat masjid yang megah yaw
    tapi moga ajah berlomba-lomba juga untuk merawat dan menghidupkan masjid

    ======
    DUNIAKU DISINI : Insya Allah, merawat dan menghidupkan masjid memang menjadi kewajiban bagi seorang muslim agar syiar islam semakin bergema.

  45. subahanallah megah sekali ya…luar biasa
    selamat menjalankan ibadah puasa sobat
    Sukses Slalu!

    ======
    DUNIAKU DISINI : Memang megah. Itulah kebesaran Allah SWT. Tak lupa diucapkan selamat menjalankan ibadah puasa juga kepada sobat ya. Semangat selalu.

  46. angguuuun… penuh keperkasaan dan kemegahan..
    Allahu Akbar…

    ======
    DUNIAKU DISINI : Begitulah. Segalanya tampak begitu mempesona cerminan keperkasaan dan kemegahan rumah Allah ini.

  47. Assalaamu’alaikum Ifan

    Kembali menyapa untuk mengucapkan Selamat Hari Kemerdekaan buat Indonesia yang ke 65 tahun. Semoga negara Indonesia akan sentiasa makmur dan maju pada masa depan untuk maslahat ummahnya.

    masjid adalah lambang atau syiar Islam yang menjadi tempat penyatuan ummah dalam pelbagai bidang ilmu. Maka, kita harus manfaatkan masjid dengan sebaik2nya sebagai institusi tertua dalam pendidikan Islam.

    Terima kasih atas kata semangat yang dihadirkan bagi menyemarak dunia saya dengan ilmu dan karya yang bermanfaat. Didoakan ifan mendapat barakah dari Allah swt.

    Salam mesra selalu dari saya.😀

    ======
    DUNIAKU DISINI : Terima kasih bu atas perhatiannya kepada negara tercinta kami Indonesia. Iya, saya setuju sekali kalau mesjid harus dijadikan suatu tempat untuk mencipta cendikiawan2 islam yang bertamaddun dengan tulisan2an mereka yang bernutu dan bermanfaat bagi orang banyak.

  48. huaaaaaaaaaaaaaa…….😥

    pokoknya lebaran pengen pulangggg😥

    hiksss

    i wanna PUlKAM😥

    ======
    DUNIAKU DISINI : Mudah2an pulang kampungnya bisa terwujud mbak cempaka pada lebaran tahun ini. Amin🙂

  49. wah, sangat ironis .
    sy adalah orang smd, tapi sampe sekarang belum pernah masuk kedalam masjid termegah ini.
    suatu saat pasti saya sempatin shalat disana ..

    ======
    DUNIAKU DISINI : Ayo, sempatkan waktu barang sehari untuk sholat disana. Mumpung ramadhan lho:mrgreen:

  50. assalamu’alaikum….
    wah saya jadi kepengen maen ke samarinda….
    pengen mencoba ngunjungi n beribadah di Masjid Islamic Center Samarinda itu….
    terimakasih, infonya sangat menambah wawasan sekali….

  51. sekarang banyak masjid yang megah… akan tetapi penghuni di dalamnya tidak setiap 5 waktu penuh terisi para jamaah. kemegahan hanya pada bangunan. bukan kemegahan akan kesuksesan meniti jejak rosul.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s