Jangan Sekedar Lapar


Di bulan Ramadhan ini, kita semua berharap agar puasa yang kita lakukan diterima oleh Allah SWT, berupa ganjaran pahala di akhirat kelak. Sudah barang tentu agar puasa kita diterima Allah SWT perlu usaha yang sungguh-sungguh untuk meraihnya. Memang tidak mudah. Ada saja godaan dari kanan-kiri yang senantiasa mengusik keimanan kita untuk melakukan hal-hal yang dapat merusak puasa itu sendiri.

Dalam salah satu hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah, Nasai dan Ibnu Khuzaimah, Rasullullah SAW bersabda : Banyak orang yang berpuasa tetapi tidak mendapatkan apa pun dari puasanya kecuali lapar. Banyak orang yang bangun malam tetapi tidak mendapatkan apa pun dari bangunnya kecuali terjaga. Tentu kita semua tidak ingin menjadi bagian dari orang-orang yang disebutkan pada hadist diatas. Itu artinya sama saja dengan kerugian besar. Kerugian besar yang berujung pada penyesalan karena puasa yang dilakukan sebulan penuh ternyata sia-sia belaka. Lalu bagaimana agar kita dapat meraih pahala puasa Ramadhan sehingga benar-benar bernilai ibadah di mata Allah SWT. Tampaknya nasihat Syaikh Maulana Zakariyya al Kandalawi dalam bukunya Fadilah Amal berikut perlu  kita renungkan.

Pertama, jagalah pandangan dari hal-hal yang tidak boleh dilihat. Hindarilah hal-hal yang maksiat dan melalaikan. Jauhilah segala sesuatu yang dapat melalaikan hati kita dari mengingat Allah. Rasullullah bersabda : Pandangan mata adalah seperti anak panah setan. Barangsiapa karena takut kepada Allah ia menjauhkan diri dari maksiat, maka Allah akan mengkaruniakan kepadanya kekuatan iman dan akan merasakan manis serta nikmatnya iman di dalam hatinya.

Kedua, memelihara lidah dari berbohong, bicara sia-sia, memfitnah, bertengkar, dan mengumpat. Kebanyakan dosa yang dilakukan manusia disebabkan karena tak sanggup mengendalikan mulutnya. Dan perkataan yang tidak terpelihara akan dapat mengeraskan hati sehingga dapat membuat ibadah puasa kita terasa hambar. Perbanyaklah berzikir dan membaca Al Quran serta membicarakan sesuatu yang membuat kita ingat kepada Allah.

Ketiga, berhati-hatilah agar telinga kita terhindar dari mendengarkan sesuatu yang sia-sia. Hindarilah mendengarkan pembicaraan, musik-musik atau lagu-lagu yang sia-sia.Lebih baik dengarkan segala sesuatu yang dapat mengingatkan kita kepada kebesaran Allah. Perbanyaklah mendengar lantunan ayat-ayat Al Quran dan menghadiri majelis-majelis ilmu.

Keempat, menjauhkan anggota tubuh dari perbuatan dosa dan hal-hal yang diharamkan. Ketika di luar bulan Ramadhan kita menjauhkan diri dari segala perbuatan dosa dan yang diharamkan, maka di bulan puasa seharusnya lebih sungguh-sungguh lagi untuk menghindarinya. Hindarilah memegang sesuatu yang dilarang untuk disentuh dan jauhkan kaki dari melangkah ke tempat-tempat yang dilarang oleh Allah SWT. Di samping itu, berhati-hatilah jangan sampai makanan haram masuk ke mulut kita.

Kelima, tidak memenuhi perut dengan makanan ketika berbuka puasa walaupun dengan makanan yang halal. Tujuan puasa adalah untuk menahan hawa nafsu dan nafsu hewani kita serta meningkatkan nurani serta ruhani kita. Kalau kita masih memenuhi perut kita dengan makanan yang banyak maka sia-sialah puasa kita. Sama saja halnya dengan orang yang merubah jadwal makannya pada waktu sahur dan magrib. Dengan menyantap berbagai makanan di bulan puasa bisa jadi kita makan lebih banyak daripada bulan-bulan lainnya selain bulan Ramadhan. Akibatnya puasa bukan mengurangi hawa nafsu tapi malah memuaskan hawa nafsu. Jelas hal ini bertolak belakang dengan tujuan puasa yang sesungguhnya.

Keenam, setelah selesai melaksanakan puasa sebulan penuh hendaknya kita merasa khawatir kalau-kalau ibadah puasa kita tidak diterima oleh Allah. Untuk itu jangan berhenti beribadah selepas bulan Ramadhan. Justru ibadah kita harus lebih baik lagi setelah bulan Ramadhan. Ibadah-ibadah yang biasa kita lakukan di bulan puasa sebaiknya kita lakukan juga di bulan-bulan selain Ramadhan, seperti qiyamullail, tadarus, puasa sunat, sedekah dan ibadah lainnya.

Semoga keenam hal diatas dapat kita terapkan pada puasa Ramadhan kali ini. Dan yang paling penting, selepas bulan Ramadhan pun, keenam hal diatas harus tetap diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga berdampak positif bukan saja untuk diri kita pribadi tetapi juga untuk orang lain disekitar kita. Amin Ya Rabbal Alamin.

Gambar sebagai ilustrasi diambil dari sini.

60 thoughts on “Jangan Sekedar Lapar

  1. bener tuh mas, yang paling penting adalah selepas ramadhan nanti. jangan sampai kita berapi-api beribadah hanya karena mengejar penggandaan pahala saja, tapi setelahnya ditinggalkan begitu saja.
    tetap semangat puasanya yah mas:-)

    ======
    DUNIAKU DISINI : Insya Allah. Memang kadang berat untuk melakukan hal yang berpahala di luar bulan ramadhan, tapi kita harus tetap berusaha.

  2. bener kata atas saya…
    Kalau mikir lapar bakalan lapar trs….
    Tapi jika semangat aktifitas ndak akan berasa…

    ======
    DUNIAKU DISINI : Benar. Semangat untuk beraktivitas yang positif di bulan ramadhan ini harus kita galakkan.

  3. yup..makasih mas atas nasihatnya🙂
    tulisan edisi ramadhan neh wkwkw

    ======
    DUNIAKU DISINI : Begitulah. ramadhan kan bulan yang penuh berkah. Jadi sepantasnya lah aku turut berpartisipasi, meski hanya sebatas tulisan di blog ini🙂

  4. amin…amin insyaAllah, kita bisa menerapkan hal-hal tersebut. bukankah Ramadhan mengajarkan kita semua kepada kebaikan.
    met puasa yah, semoga di Ridhoi Allah. amin.

    ======
    DUNIAKU DISINI : Bukan hanya kebaikan. Tapi puasa juga mengajarkan kepada kita untuk peka dengan kondisi lingkungan disekitar kita yang juga memprihatinkan. Selamat berpuasa mbak.

  5. salahku juga sih… pernah aku taraweh mesti mengulangi wudhu… Maklum perut rada kembung, kebanyakan makan yang berlemak2 waktu buka…

    ======
    DUNIAKU DISINI : Wah, aku juga kadang gitu mbak. Suka makan yang berlemak-lemak🙂

  6. Insya Allah… kita bisa terus belajar dan memperbaiki diri dalam melaksanakan ibadah kepada Allah Ta’ala🙂

    ======
    DUNIAKU DISINI : Amin Ya Rabbal Alamin.

  7. nasehat yg sangat baik,semoga kita terus memperbaiki diri di bulan ramadhan ini,dan menunjukkan hasil training kita di bulan ramadhan di bulan2 berikutnya sampai bertemu ramadhan berikutnya🙂

    ======
    DUNIAKU DISINI : Semoga mas didot. Itulah tujuan dari puasa yang sebenar-benarnya. Takwa luar dan dalam.

  8. amiin…
    semoga setelah Ramadhan berakhir, semua yang dilakukan dikala bulan Ramadhan masih berlanjut..ya Sholat malamnya, ya tadarusnya,dll….

    terima kasih mas…

    ======
    DUNIAKU DISINI : Insya Allah. Meski kadang berat tapi kita harus terus berusaha.

  9. barakallahu fikum, Abu…
    nice share nih. memang, alangkah sulitnya dizaman sekarang ini, untuk benar-benar puasa lahir dan batin, karena banyak fitnah (baca : ujian) di mana-mana. Tapi meski begitu, kita harus tetap optimis!

    jazahumullah khairan katsiran😀

    ======
    DUNIAKU DISINI : Ujian yang kadang membuat kita lupa diri. Dan puasa mengajarkan diri kita untuk kembali ke jalan Nya. Amin Ya Rabbal Alamin.

  10. puasa adalah ibadah yang langsung tujuanya kepada allah untuk itulah kita wajib menjaga agar kita bener² mendapat pahala dan ridho dariNYA, terlebih lagi tetep menjaga kesinambungan beribadah setelah bulan penuh hikmah ini..karena bulan inilah langkah memperbaiki diri agar lebih baik lagi kedepannya
    Sukses Slalu!

    ======
    DUNIAKU DISINI : Intinya, jadikan ramadhan kali ini sebagai momentum untuk memperbaiki kesalahan diri dimasa lalu.

  11. Salam keindahan ramadhan Ifan.
    Ternyata sulit untuk melakukan hal yang mudah. Maka hal mudah dan menjadi kesulitan itulah dinamakan ujian. Jika kita dapat menghadapinya dengan redha, sabar dan ikhlas, yang mudah akan bertambah mudah hasil bantuan dari Allah. Mudahan puasa kita mendapat barakah Allah.

    Salam Indahkasihku.

    ======
    DUNIAKU DISINI : Setuju indah. Sabar dan ikhlas adalah kunci utama untuk menghadapi ujian tsb agar kita bisa lolos menjadi insan yang muttaqin.

  12. Terima kasih atas pencerahannya. sangat bermanfaat,
    benar sekali,dibulan ramadhan ini, kita memang harus menjaga semuanya dengan baik-baik dari yang tidak baik.
    agar puasa yang kita lakuan tidak hanya mendapat haus dan lapar saja.!
    Bali Villas Bali Villa

    ======
    DUNIAKU DISINI : Amin Ya Rabbal Alamin.

  13. bener tuch mas…. tapi kalo aku mah gak pernah aku pikirin masalah lapar. soalnya pasti kelupaan kalo sudah beraktifitas.😀

    ======
    DUNIAKU DISINI : Memang, beraktifitas adalah cara yang paling ampuh untuk mengusir rasa lapar dan haus🙂

  14. Saya setuju poin ke-6. Justru itu yang lebih penting. Lagipula, siapa yang tau apakah kita akan bertemu ramadhan selanjutnya atau ndak.

    ======
    DUNIAKU DISINI : Benar mas. Kita takkan pernah tahu kapan ajal itu akan menjemput kita. Dan kalau ajal telah menjemput, itu berarti tidak ada kesempatan lagi untuk bertemu ramadhan yang penuh berkah.

  15. Mudah2an kita tidak termasuk orang-orang yang puasa tetapi hanya lapar dan dahaga yang didapat…. amiinn….

    ======
    DUNIAKU DISINI : Insya allah. Amin.

  16. Yup, jangan sampe kita termasuk dalam kategori “rubba shaimin laisa lahu min shiyamihi illal-ju’ wal athas”. Amin!

    ======
    DUNIAKU DISINI : Jangan sampai pak. Kita semua inigin termasuk dalam golongan orang yang meraih manfaat dari puasa ramadhan ini.

  17. setuju deh pak.., semoga keenamnya bisa desya terapkan deh… semoga juga semua amal ibadah kita di bulan Ramadhan ini diterima Allah amin….

    ======
    DUNIAKU DISINI : Amin Allahumma Amin.

  18. demi kesempurnaan puasa ya mas, jangan sampe hanya dapet lapar n hus nya saja.

    ======
    DUNIAKU DISINI : Setuju mas. Harus memahami lagi makna puasa yang sesungguhnya.

  19. tips dan masukan yang sangat bermanfaat sekali, MAs IFan.
    semoga tdk hanya di bulan ramadhan saja, namu dibulan lain kita tetap mampu menjalankan tips2 diatas, toh utk kesehatan diri kita sendiri juga ya MAs .
    salam

    ======
    DUNIAKU DISINI : Insya Allah. Di luar ramadhan pun kita harus bisa istiqomah.

  20. duh selama ini aku hanya dapat lapar aja ya brarti, semoga tahun ini bisa semakin meningkat ibadah dan keimanan saya

    amien

    ======
    DUNIAKU DISINI : Amin Allahuma Amin.

  21. Semoga kita bisa menjalankan puasa di bulan yang suci ini, dengan menambah amalan.
    Dan semoga kita tak sekedar mendapatkan lapar dan dahaga namun semakin mendekatkan diri pada Allah swt. Semoga puasa kita diterima oleh Allah swt. Amien.

    ======
    DUNIAKU DISINI : Amin Allahuma Amin.

  22. amiiin, terima kasih pencerahannya, mas ifan. semoga perilaku positif yang dibangun selama bulan ramadhan bisa terus diimplementasikan pasca-ramadhan, hingga kita mampu menjadi sosok “itiqamah”. selamat menunggu buka puasa, mas ifan.

    ======
    DUNIAKU DISINI : Amin. Kita semuanya berharap seperti itu pak. Perilaku positif dapat kita implementasikan dan pertahankan di luar bulan ramadhan.

  23. Assalaamu’alaikum Ifan

    Ibadah puasa adalah ibadah keseluruhan jasadi dan rohani. ia bukan sekadar lapar jasad tetapi harus lapar perbuatan. hasilnya akan mengenyangkan rohani dan menambahkan amalan baik sebagai bekal di akhirat.

    Semoga dengan merasai nikmat lapar kita akan menghargai kehidupan yang dilalui oleh golongan fakir miskin yang hidupnya kais pagi makan pagi. Puasa juga memaknai kesihatan yang seharusnya kita jaga untuk kemenjadian kehidupan yang cergas dan sehat pada masa akan datang.

    salam ramadhan dari saya.

    ======
    DUNIAKU DISINI : Setuju bu. Puasa juga mengajarkan kepada kita untuk bisa merasakan pahit getirnya kehidupan sebagimana yang sering dialami oleh mereka yang fakir dan miskin.

  24. Maaf, ingin maklumi bahawa blog Ifan sudah di link kembali di blog baru saya dalam ruang Dunia Sahabat.😀

    ======
    DUNIAKU DISINI : Terima kasih bu. Akan segera saya pasang juga blog ibu di blog saya🙂

  25. Puasa sejatinya memang bukan sekedar menehan lapar dan dahaga. Thanks atas sharing-nya.

    ======
    DUNIAKU DISINI : Tetapi mungkin lebih kepada peningkatan kualitas diri ya pak.

  26. nice info gan, semoga puasa kita bisa penuh satu bulan dan puasa kita diterima oleh Allah SWT. Amien,,,,

    ======
    DUNIAKU DISINI : Amin Ya Rabbal Alamin.

  27. mudah2an yang diinginkan sobat2 semua diijabah oleh Alloh Sang pencipta.Alloh Robilalamin.Dan tetap sabar dan ikhlas.

    ======
    DUNIAKU DISINI : Tetap sabar dan ikhlas memang harus menjadi bagian terpenting dalam kehidupan kita.

  28. Ifan…postingnya bagus sekali!
    Terutama kalimat : Akibatnya puasa bukan mengurangi hawa nafsu, tapi memuaskan hawa nafsu…
    Saya jadi introspeksi, jangan-jangan yang saya lakukan hanya merubah jam makan saja, bukan melakukan hal-hal yang diwajibkan selama berpuasa.
    Na’udzubillah…

    ======
    DUNIAKU DISINI : Saya juga sebenarnya merasa takut bu kalau2 puasa saya hanya sebatas menahan lapar dan haus saja. Karena memang godaan duniawi cukup hebat sehingga bukannya malah mengurangi hawa nafsu, eh malah memuaskan hawa nafsu selama ramadhan ini. Memang diperlukan kerja keras untuk melawan semua godaan tsb.

  29. sahur dijadikan amunisi
    siang serasa terpenjara
    waktu buka dijadikan ajang balas dendam

    itulah potret kita
    bisa dibayangkan saat puasa dijadikan ajang balas dendam
    buktinya ketika puasa barang konsumtif dipasaran permintaan semakin besar
    harga mahal gak peduli……

    ======
    DUNIAKU DISINI : Semoga kita semua dapat menghindari perkara2 sedemikian. Amin.

  30. Jadi ikutan intropeksi, selama ini apa yang aku dapatkan. Jangan-jangan juga cuma lapar dan hau saja😥
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    ======
    DUNIAKU DISINI : Wah, saya juga kayanya harus banyak2 intropeksi diri pak.

  31. bener banget..
    yang paling penting tuh, berusaha agar di luar ramadhan kita tetep seperti di bulan ramadhan…🙂

    ======
    DUNIAKU DISINI : Mudah2an bisa terwujud.

  32. semoga puasa kita, bukanlah hanya menjaga dari makan, minum dan seks. Semoga ini jalan agar RASA kita hanya mengarah kepada-Nya selalu, amin

    ======
    DUNIAKU DISINI : Amin Allahumma Amin.

  33. Meskipun sudah puasa, adakalanya nafsu tetap muncul dari dalam diri kita. Paling tidak nafsu balas dendam dengan menyantap makanan secara berlebihan ketika berbuka.

    ======
    DUNIAKU DISINI : Begitulah. Sifat manusia memang kadang gagal untuk mengendalikan nafsu tersebut. Tetapi paling tidak kita harus punya keinginan yang kuat untuk melawannya.

  34. Assalaamu’alaikum Ifan

    Belum punya posting baru lagi? Ditunggu nih.
    Selamat berpuasa dan mudahan dilimpahi rahmat oleh Allah atas segala amalan kita.

    Salam ramadhan dari saya.

    ======
    DUNIAKU DISINI : Amin. Salam ramadhan juga bu. Semoga keberkahan dan kebaikan tercurah kepada kita semua.

  35. puasa kali ini…lebih sering dapet lapernya doank.
    banyak ibadah yang ketinggalan dan tidak sempet dijalanin..
    moga aja sisa ramadhan ini bisa berubah ke yg lebih baik amiin

    ======
    DUNIAKU DISINI : Semoga. Saya juga berharap seperti itu. Sisa ramadhan bisa digunakan untuk lebih giat beribadah mengingat awal2nya juga banyak yang ketinggalan.

  36. setuju banget kang buat apa puasa jikalau kita tidak menjaga perilaku kita yang kita dapat ya hanya lapar n haus

    ======
    DUNIAKU DISINI : Oleh karena itu, usaha keras harus dilakukan untuk mencapai puasa yang tidak hanya sekedar lapar dan haus.

  37. Sekedar ingin menyapa dan menyampaikan salam kenal dari komunitas keluarga miskin.
    Semoga sudi mengunjungi blog kami untuk menyumbang kesempatan meraih masa depan yang lebih baik dan harmonis.
    Terima kasih

    ======
    DUNIAKU DISINI : Amin. Akan segera saya kunjungi🙂

  38. halooo kawan blogger ^_^
    apa kabar??
    hohoho… pelangi datang mengunjungi blog kamuu ^^

    yuukk, mampir ke blog pelangiii…
    jangan lupa baca artikel yang satu ini ya, dan komentari ^_^

    http://pelangiituaku.wordpress.com/2010/08/24/welcome-to-the-next-city-2010-%E2%80%9Cjelajah-kota-depok-2010%E2%80%9D/

    soalnya pelangi lagi ikutan lomba ^^
    mohon doanya yaaa =)

    salam
    pelangiituaku

    ======
    DUNIAKU DISINI : Telah aku kunjungi dan beri komentar atas artikelmu tsb:mrgreen:

  39. semoga segala pengendaliannya bisa diteruskan hingga selesai puasa ya mas Ifan..🙂

    ======
    DUNIAKU DISINI : Insya Allah. Dengan tekad yang kuat tentunya.

  40. setuju banget Kang
    puasa harus bisa mengubah diri kita
    ke arah yang lebih positif
    di hari-hari setelah ramadhan
    salam sukses..

    sedj
    http://sedjatee.wordpress.com

    ======
    DUNIAKU DISINI : Insya Allah. Dengan tekad yang kuat, kita belajar untuk merealisasikannya di luar ramadhan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s