Mengenang Masa SMP


Salah satu SMP Favorit di Kota Samarinda adalah SMP Negeri 2. SMP Negeri 2 ini terletak di jalan KH. Ahmad Dahlan Samarinda. Sebagai salah 1 SMP favorit, tentu saja SMPN 2 menjadi incaran para lulusan murid Sekolah Dasar. Termasuk aku tentunya pada waktu itu. Dan Alhamdullillah, aku mendapatkan kesempatan untuk bisa mengenyam pendidikan di sekolah tersebut. Bayangkan, untuk bisa masuk ke sekolah tersebut tentu tidak mudah. Harus bersaing dengan siswa-siswa lain yang juga memiliki kemampuan diatas rata-rata. Syukurlah, pada waktu itu, seleksi yang dilakukan tidak melalui tes tertulis seperti sekarang ini. Dulu, penerimaan siswa masih menggunakan sistem Nilai Ebtanas Murni atau disingkat NEM. Dan tahu tidak? Aku cukup beruntung bisa diterima meski pada posisi yang agak-agak akhir karena NEM ku pada waktu itu 41,99 untuk lima mata pelajaran yang diujikan di SD. Sedangkan nilai NEM yang menjadi patokan pada batas akhir adalah 41,91.

Sekarang ini, SMPN 2 Samarinda telah ditetapkan sebagai sekolah berstandar internasional. Tentu ini sebuah kemajuan yang luar biasa. Meski aku tidak terlalu memahami apa yang dimaksud dengan sekolah berstandar internasional tersebut, namun aku tetap mendukung apabila itu adalah sebuah tahap atau fase untuk menuju pendidikan yang lebih baik dan berkualitas. Dan tentu saja, ini menjadi sebuah kebanggaan bagi semua pihak, termasuk juga aku sebagai alumninya meski tidak pernah mempersembahkan yang terbaik bagi sekolah tersebut. Maklum, aku hanya murid biasa yang kemampuannya juga biasa-biasa saja.

Kalau dilihat dari luar, bangunan SMPN 2 Samarinda ini tampak megah dan modern. Tapi, kalau ditelusuri lebih dalam mengenai sejarahnya, bangunan SMPN 2 ini sebenarnya adalah bekas bangunan penjara Belanda. Sekali lagi aku cukup beruntung karena pernah melihat dan merasakan langsung bentuk bangunan aslinya yang terdiri dari banyak lorong-lorong panjang. Dan sudah tentu, bangunan buatan kolonial ini sangat kuat dan tahan lama. Entahlah, apakah ciri khas arsitektur Belanda itu masih dipertahankan sampai sekarang atau malah sudah dihancurkan sama sekali dan diganti dengan bentuk bangunan yang lebih modern.

Aku berharap SMPN 2 Samarinda akan terus mengepakkan sayapnya menjadi sekolah pencetak murid yang berprestasi. Tentu ini tidak mudah. Diperlukan partisipasi semua pihak, mulai dari murid itu sendiri, guru, orang tua siswa, dan juga pemerintah tentunya. Dan yang paling penting, biaya pendidikan di SMPN 2 Samarinda bisa terjangkau sehingga siswa-siswa yang berasal dari ekonomi yang lemah dapat mencicipi pendidikan yang berkualitas tersebut. Semoga🙂

Tulisan tentang SMP ini merupakan tulisan dalam rangka ikut berpartisipasi mengurangi hal-hal yang bersifat negatif seperti pornografi sewaktu keyword SMP diketikkan di mesin pencarian Google. Meski aku tahu tulisan ini tidak akan terlalu berpengaruh, tapi paling tidak ada usaha untuk memeranginya dan mengembalikan citra kata SMP menjadi jauh lebih baik. Terima kasih juga kepada Kang Ian yang telah mendorong saya menulis tentang hal ini guna mendukung Gerakan SEO Positif.

Gambar sebagai ilustrasi diambil disini.

54 thoughts on “Mengenang Masa SMP

  1. Jadi teringat wajah bangunan SMP saya dulu yang pengap dan gelap, namun kini sudah lebih bagus dan bertingkat meski belum RSBI

    ======
    DUNIAKU DISINI : Syukurlah, ada perkembangan yang signifikan dari sekolah tersebut.

  2. Saya jadi teringat masa SMP…
    Waktu itu saya masih lugu dan cupu….

    Semoga dengan tulisan ini keywot SMP jadi berisi hal positif fan….

    ======
    DUNIAKU DISINI : Sekarang nggak cupu lagikan:mrgreen:

  3. sangat mendukung seo smp nya mas biar smp ga identik dengan yang negatif terus di dunia maya.

    ======
    DUNIAKU DISINI : Kita semua mendukung kegiatan yang positif tersebut.

  4. Wah… Ifan anak yang cerdas… karena dulu NEM-ku cuma 32 koma sekian sekian… Hehe…

    ======
    DUNIAKU DISINI : Tidak juga kak. Buktinya NEM ku hanya pas2an untuk bisa keterima di sekolah tsb😦

  5. Kalo masalah bangunan, sama kayak di SMAku di Jl. Bayangkara. Dulu waktu aku baru masuk SMA suram banget, karena bangunan jaman Belandanya masih ada. Entah gedung sekolah kita itu bekas bangunan apa dulunya ya… Ada yang bilang bekas penjara lah, bekas rumah sakit lah…🙂

    ======
    DUNIAKU DISINI : Wah, SMA yang di jalan Bhayangkara itu ya. Berarti kita satu sekolah kak karena dulunya aku juga bersekolah disitu. Bisa jadi, kakak ini adalah kakak kelasku😉

  6. masa yang indah, salah satunya adalah saat duduk di bangku smp…
    seru, gokil, pokoknya yang aneh2 kumpul jadi satu…
    “maklum, masih anak ingusan🙂

    ======
    DUNIAKU DISINI : Ingusan dan mungkin juga culun dan polos githu ya. Hehehe….🙂

  7. mantap mas ifan,
    mari sama2 kita perangi penyalahgunaan SEO,
    jika mas berkenan berkunjung ya ke blog saya.
    salam kenal.

    ======
    DUNIAKU DISINI : Setuju. Ayo, kita perangi penyalahgunaan SEO dengan menulis artikel2 yang bermanfaat.

  8. Wah, Ifan bisa diterima di SMp 2 itu bukan hanya karena keberuntungan, tapi pasti karena kerja keras juga kan😉
    Saya sempat mengalami sekolah di SMA 3 Malang, sebuah gedung sekolah peninggalan jaman Belanda yang bentuknya kayak yang diceritakan di posting ini. Lorongnya panjang-panjang dan gedungnya kuno…asyik, seru dan adem…😀

    ======
    DUNIAKU DISINI : Benar bu. Gedung peninggalan jaman Belanda memiliki sesuatu yang memang unik dan penuh misteri. Tetapi menyenangkan karena terkadang kita bisa membayangkan hidup pada jaman kolonial tsb🙂

  9. Yang agak membingungkan kenapa sekolah di Indonesia, diberi label standar internasional? Apa kalau lulus dari sini bisa meneruskan ke LN dan langsung diterima di high school?
    Mungkin saya yang kurang paham, namun bagi saya yang bisa dinilai adalah seperti apa lulusan sekolah tsb, apakah saat melanjutkan ke SMA dan PT, mereka mampu bersaing dengan lulusan sekolah lainnya.

    ======
    DUNIAKU DISINI : Setuju bu. Yang terpenting adalah lulusan dari sekolah tsb, apakah bisa bersaing untuk melanjutkan ke sekolah2 unggulan atau tidak.Karena apabila hanya berlabel RSBI tetapi lulusannya sama saja dengan sekolah pada umumnya, berarti tidak ada sesuatu yang istimewa.

    1. udah buat satu artikel sebagai tanda partisipasi🙂

      ======
      DUNIAKU DISINI : Alhamdullillah. Semakin banyak saja orang yang peduli dengan hal ini. Semoga akan ada lagi orang yang mengikutinya.

  10. wah..SMP ku yang dulu sekarang juga sudah disulap jadi SBI…yang saya tau, fungsi SBI ini malah makin membuat mahal biaya pendaftarannya..

    semoga pemerintah baik pusat maupun daerah memperhatikan fasilitas pendidikan yang ada, jangan hanya bisanya membangun mall saja…

    ======
    DUNIAKU DISINI : Iya, sepertinya memang fasilitas menjadi kendala utama dalam sistem pendidikan di negara kita. Lihatlah di daerah2 terpencil, gedung bangunan sekolahnya amat memprihatinkan. Belum lagi sarana dan prasarana pembelanjarannya yang juga ala kadarnya.

  11. Yup.. mari selamatkan keyword “Anak SMP”… saya juga barusan posting untuk berpartisipasi dalam kampanye SEO positif ini.

    ======
    DUNIAKU DISINI : Wah, semakin banyak saja teman2 yang ikut gerakan ini. Semoga bermanfaat dan tujuan yang diinginkan bisa tercapai.

  12. terima kasih atas partisipasinya, mas ifan. semoga makin banyak sahabat bloger yang mendukung “gerakan seo positif” sehingga kiwod smp yang jorok bisa dikikis oleh kiwod smp yang sehat dan mencerahkan.

    ======
    DUNIAKU DISINI : Semoga pak. Karena siapa lagi yang akan peduli dengan hal ini kalau tidak diri pribadi kita masing2 yang mencoba mengubahnya menjadi sesuatu yang positif.

  13. Kasihan sekali anak SMP kita di mata google.. jorok2 semua isinya..😦

    ======
    DUNIAKU DISINI : Kasihan dan kita patut untuk menolongnya dengan mendukung gerakan moral ini agar tersebar luas.

  14. Bangunan SMP saya juga merupakan bangunan lama.. bekas asrama tentara Jepang “otsuka Butai” kalau tidak salah sih..😀

    ======
    DUNIAKU DISINI : Kayanya memang banyak bangunan2 sekolah di Indonesia yang merupakan bekas bangunan jaman kuno yang kemudian sekarang telah direhab total.

  15. Wah lg ngobrolin Sejarah, he he he

    di tempatku yang menjadi favorit SMP 01, dan untunglah aku juga belajar di sana….

    Salam Hangat!

    ======
    DUNIAKU DISINI : Senang ya bisa belajar di sekolah favorit di kotanya.

  16. hyaa…. jadi ingat ma masa2 indah smp….
    salam;

    ======
    DUNIAKU DISINI : Masa2 menjengkelkannya ada nggak?😉

    1. ada sih… ditampar guru, dipukul guru… tapi itu sih karena ulah sendiri hehehe.. jadi masa2 menjengkelkan yang indah…🙂

      ======
      DUNIAKU DISINI : Wah, parah banget. Pasti akan selalu teringat🙂

      1. yang namanya kenangan kan yang diinget, kalo gak diinget namanya “kelupaan” :)…

        ada cerita lg lo.. selain ditampar guru, saya dulu punya wewenang nampar teman sekelas, wewenang itu dapet dari guru juga… ketua kelas di tempat saya dulu pny hak nampar.. ssssstt tp jgn disebarin sekarang… hehehe:) dilaporin ke polisi ntar..

        ======
        DUNIAKU DISINI : Wah, ini tambah sadis. Bisa dikategorikan tindakan kriminal lho. Hahaha…:mrgreen:

  17. smp??????????? weeeeeeeehhhhhhh lucu klo diinget hehehehehehe……. pa lagi klo inget naksir2 tmn cew hehehehehehehehehehe……….

    ======
    DUNIAKU DISINI : Wah, cinta monyet kali ya😉

  18. Masa SMP saya bukan masa yang menyenangkan. Bukan SMP favorit, murid-muridnya bandel termasuk saya, dan suka berantem. Hehe!

    ======
    DUNIAKU DISINI : Tapi sekarang sudah berubah nggak nakal lagi kan🙂

  19. wah hampir sma dengan SMP q, sekarang juga sudah menjadi SBI, bangunan yg dulunya jadul sekarang menjadi modern.

    sepakat dengan gerakan SEO positif..

    ======
    DUNIAKU DISINI : Mau tidak mau memang sekolah pada jaman sekarang ini harus mengikuti perkembangan kemajuan jaman supaya bisa bersaing dengan sekolah dari negara lain.

  20. Semoga gerakan ini bisa membebaskan anak SMP dari pengaruh buruk internet😆
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    ======
    DUNIAKU DISINI : Kita semua berharap seperti itu pak. Semoga terealisasi.

  21. Waduh … masa SMP sudah mulai punya ‘geng sendiri … mulai deh merasa jagoan karena punya tim bekkingggg … hehehe

    ======
    DUNIAKU DISINI : Mungkin pada saat itu lagi sedang mencari jati diri kali mas🙂

  22. berhubung semua postingan mas ifan udah saya ubek2 semua..terpaksa saya komen disini lagi wakakaka

    ======
    DUNIAKU DISINI : Wah, nggak papa. Aku senang kok banyak yang komen🙂

  23. heheheh jadi inget jaman SMP dulu jadinya. kalau orang2 masa SMA adalah masa yg paling indah. beda dengan aku, kalau aku SMP adalah masa yg paling indah.

    ======
    DUNIAKU DISINI : Wah, kok malah kebalikannya ya😉

  24. Hehhee… saya sendiri kurang paham apa standarisasi sekolah internasional ya.
    Saya jadi ingat waktu SMP, dulu sering cabut juga😀

    ======
    DUNIAKU DISINI : Biasanya yang sering cabut itu para siswa cowo lho mbak:mrgreen:

  25. Assalaamu’alaikum Ifan

    Wah… ini blog ke 4 yang saya hadir menceritakan tentang SMp dan blog kedua yang saya lihat ada logo Gerakan SEO Positif.

    Saya bukan anak SMP tetapi SMK. Kenangan yang selalu menjadi sejarah hidup buat kita bila sudah dewasa kan? Cukup seronok menjadi anak-anak remaj yang selalu nakal dan banyak idea yang memeningkan kepala guru untuk mengurusinya.

    Salam merdeka dari saya di Malaysia.

    ======
    DUNIAKU DISINI : Benar bu. Mengenang masa SMP akan menjadi sesuatu yang kadang dapat membuat kita tertawa karena kenakalan dan keusilan yang membuat guru2 pada naik pitam🙂

  26. Terima kasih atas partisipasinya…nama sudah masuk dalam list PENDUKUNG GERAKAN SEO POSITIF…

    MARI TERUS BERBAGI KEBAIKAN..KARENA KEBAIKAN AKAN BERBUAH KEBAIKAN YANG LAIN…

    salam hangat dari MANAJEMEN EMOSI

    ======
    DUNIAKU DISINI : Amin Ya Rabbal Alamin.

  27. mendukung gerakan ini🙂
    ayo kita kenang masa smp kita..

    *ikutan mengenang masa smp:)*

    ======
    DUNIAKU DISINI : Mengenang masa SMP memang menyenangkan mbak😉

  28. wah sama SMP saya juga SMP 2 dan sekarang jadi favorit juga😀

    btw, kalo bangunan peninggalan belanda biasanya serem hehe..

    ======
    DUNIAKU DISINI : Bangunan peninggalan Belanda memang memilki aura tersendiri yang kadang dipenuhi misteri.

  29. semoga dgn makin banyaknya blogger yg menuliskan key words utk SMP ini, bisa segera mengubah key words anak SMP menjadi positif, amin
    salam

    ======
    DUNIAKU DISINI : Amin. Kita semua berharap seperti itu bunda.

  30. masa SMP memang indah untuk dikenang karena perubahan status dari murid sekolah dasar ke sekolah lanjutan.
    Disinilah katanya berkembang cinta monyet plus kenakalan2 monyet ha ha ha.

    salam hangat dari Surabaya

    ======
    DUNIAKU DISINI : Kaya lagu dong Pak De. Kan ada tuh lagunya Cinta Monyet:mrgreen:

  31. sekolah favorit emang jadi dambaan semua siswa
    tak terkecuali saya

    semoga program bebersih nama smp ini berjalan sukse bang
    hehe

    ======
    DUNIAKU DISINI : Begitulah. Padahal, dimanapun kita bersekolah, asal ada keinginan yang kuat untuk belajar serius, Insya Allah, kita akan berhasil juga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s