Marah Menghabiskan Tabungan Amal


Pengertian marah menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah perasaan tidak senang. Sedangkan kemarahan menurut Wikipedia Bahasa Indonesia adalah  suatu emosi yang secara fisik mengakibatkan antara lain peningkatan denyut jantung, tekanan darah, serta tingkat adrenalin dan noradrenalin. Apabila seseorang dilanda kemarahan biasanya sulit mengendalikan emosi yang meletup-letup. Kalau sudah begitu, tanpa sadar sering terucap caci maki yang menyakitkan hati sehingga kadang bisa berujung pada perkelahian fisik.

Banyak hal di lingkungan sekitar kita yang bisa menjadi pemicu kemarahan. Hal sepele pun kadang bisa menjadi pemicu kemarahan tersebut. Misalnya saja : Ada larangan untuk tidak boleh melintas di suatu tempat, tetapi kita tetap melanggarnya. Seorang satpam lalu menegur kita. Kita yang tidak terima dan tak mampu mengendalikan emosi merasa tersinggung. Nah, kalau sudah tersinggung biasanya minimal kita akan sibuk membela diri. Bisa jadi akan muncul perkataan dari mulut kita seperti ini, “Emangnya tempat ini punya nenek moyang loe?” dan disusul sederet perkataan lainnya sebagai senjata ampuh untuk membenarkan pembelaan diri kita tersebut.

Marah tentu adalah sifat yang tak terpuji dan dibenci oleh Allah SWT karena hanya akan melukai perasaan orang lain. Marah akan merusak hubungan persaudaraan kita dengan sesama manusia, disamping juga akan menjadikan tabungan amal kita habis dengan percuma. Seharusnya ketika marah datang, kita dapat menyikapinya dengan bijaksana. Untuk itu, ada beberapa kiat sederhana dari KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym), Pengasuh Pondok Pesantren Daarut Tauhiid, dalam melatih diri agar kita tidak mudah marah.

Teknik pertama adalah jangan menilai lebih kepada diri kita. Jangan banyak mengingat-ingat bahwa saya telah berjasa, saya seorang guru, saya seorang pemimpin, atau apapun, karena makin banyak kita mengaku-ngaku tentang diri kita itulah yang membuat kita makin tersinggung. Jangan merasa diri lebih baik dari orang lain, agar kita tidak tamak kepada penghargaan. Kalau kita sudah tidak tamak itu akan lebih ringan, kita harus melatih diri kita untuk hanya merasa sekedar hamba Allah yang tidak memiliki apa-apa kecuali ilmu yang dipercikan oleh Allah sedikit, lebih banyak tidak tahu, kita tidak punya harta sedikitpun kecuali sepercik titipan Allah, kita tidak punya jabatan atau kedudukan sedikitpun kecuali sepercik yang Allah amanahkan. Dengan hanya sekedar hamba Allah maka akan ringan hidup kita ini, karena makin ingin dihargai, maka ingin dipuji, makin ingin dihormati, akan makin sering sakit hati.

Teknik yang kedua adalah kita harus melihat bahwa apapun yang dilakukan orang kepada kita itu bermanfaat kalau kita dapat menyikapi dengan sikap yang tepat. Maksudnya, kita ini tidak akan rugi dengan perilaku orang kepada kita kalau kita menyikapinya dengan silkap yang tepat, yang rugi itu adalah ketika kita salah menyikapi kejadian.

Teknik yang ketiga adalah kita harus empati, yaitu mulai melihat sesuatu tidak dari sisi kita. Seperti kisah dua orang yang sedang menuntun gajah. Orang pertama menuntun gajah di depan dan yang lainnya mengikuti di belakang. Ketika orang yang di depan berkata “Wah! betapa indah nian pemandangan dalam perjalanan ini.” Maka jangan heran jika ia dilempar oleh orang yang ada dibelakangnya, karena orang yang dibelakang sepanjang jalan pemandangan di depannya adalah pantat gajah. Oleh karena itu kita harus belajar empati, kalau tidak ingin mudah tersinggung, cari seribu satu alasan untuk bisa memaklumi orang lain. Maksudnya adalah supaya kita tidak mudah dongkol yang menyebabkan emosi dan tersinggung. Harus diingat seribu satu alasan yang kita buat dilakukan untuk memaklumi bukan untuk membenarkan kesalahan, sehingga kita dapat mengendalikan diri.

Teknik yang keempat adalah jadikan ladang peningkatan kualitas diri, jadi ketika menghadapi penghinaan itu sebuah kesempatan, pokoknya penghinaan, perilaku buruk orang kepada kita menjadi ladang bagi kita untuk mengamalkan sifat mulia yaitu memaafkan orang yang menyakiti, membalas keburukan dengan kebaikan. Yakinlah, episode disakiti adalah episode peningkatan kualitas diri. Wallahualam.

Gambar sebagai ilustrasi diambil dari sini.

76 thoughts on “Marah Menghabiskan Tabungan Amal

  1. peratamax ga,…
    jangan marah lah sob..bulan puasa lagi gx boleh marah ntr batal puaanya..

    ======
    DUNIAKU DISINI : Tentu dong dibulan puasa ini, kemarahan harus dapat kita redakan. Kalau tidak bisa meredam kemarahan, ya puasa kita berarti hanya menahan haus dan lapar saja nih.

  2. sangat baik sekali artikelnya, marah tak menghasilkan apa-apa hanya mengurangi nilai amal dan mengkerdilkan hati. cara memanajemen amarah dari aa gym berguna buat kita semua dalam meredam rasa marah

    ======
    DUNIAKU DISINI : Benar bu. Kemarahan hanya akan menjadikan diri kita semakin terpuruk dan orang disekeliling kita juga akan menjauhi kita secara perlahan2 karena sifat kita yang mudah yang tersinggung tersebut.

  3. subhanallah, tulisan yang amat mencerahkan, mas ifan. jujur saja, saya juga masih sulit utk mengendalikan amarah. memang bukan hal yang mudah, tapi saya juga terus mencoba utk bisa mengendalikannya. semoga ramadhan tahun ini benar2 bisa menjadi saat pembelajaran yang tepat.

    ======
    DUNIAKU DISINI : Saya juga masih dalam tahap belajar pak untuk mampu mengendalikan emosi takkala rasa marah itu meyerang. Memang berat pada saat kita berada pada puncak kemarahan, tapi dengan pengendalian diri dan peka thd lingkungan sekitar kita, Insya Allah, rasa marah itu dapat kita kelola untuk selanjutnya diubah menjadi hal yang positif.

  4. renungan yang menyentuh hati
    terima kasih tipsnya., sangat bermanfaat
    semoga kita bisa selalu mengendalikan diri
    salam kenal and sukses selalu..

    sedj
    http://sedjatee.wordpress.com

    ======
    DUNIAKU DISINI : Mengendalikan diri memang sejatinya harus menjadi senjata ampuh bagi kita untuk meredam amarah.

  5. karena marah itu berbahaya hey hey..
    Jadi nyanyi ni…
    Salam

    ======
    DUNIAKU DISINI : Bagus juga ya meredam amarah dengan cara menyanyi. Hehehe…

  6. Menurut dr Muhammad Ali Toha Aseggaf dalam bukunya 365 Tips sehat Ala Rosullullah ia menulis:
    Marah merupakan manifestasi kesedihan dan kesombongan.Orang yang sedang marah terlihat dari respon anggota tubuhnya seperti tanggan gemetar, muka memerah ,dan jantung berdebar kencang.Kondisi tersebut menunjukan bahwa orang yang sedang marah pada hakikatnya membebani otak, pembuluh darah,dan jantungnya dengan beban yang berat . Kemarahan yang berulang-ulang menunjukan bahwa pelakunya menderita peyakit hati beresiko terserang tekanan darah tinggi, stroke depresi,peyakit saraf pusat,peyakit jantung dan Vertigo

    ======
    DUNIAKU DISINI : Terima kasih pak atas penjelasannya yang lengkap. Insya Allah, penjelasan ini akan semakin menambah pengetahuan saya tentang perlunya meredam emosi ditinjau dari segi kesehatan.

  7. Jadi ingat pesan Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam
    Jangan Marah!😉

    ======
    DUNIAKU DISINI : Memang harus itu😉

      1. رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ
        Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi
        😀

        1. belum lama terasa
          untaian-untaian dari batok kepala ini
          tertulis dibelantara dunia maya, melalui sarana yang bernama, blog
          tak butuh waktu lama, ‘tuk memikat para penikmat
          bahagianya hati ini, tiada terkira…
          .
          .
          aku pun sama
          kususuri untaian dari blogmu, sahabat!
          banyak terasa, hikmah yang dapat kupetik
          jika pun tiada, kadang tawa menjadi kesan atas untaian-untaianmu
          .
          .
          tak akan pernah ada kata sesal yang akan terucap
          aku senang sekali berjumpa dengamu…meski hanya, lewat kata-kata….
          tak pernah cukup keberanian untuk berkata jujur siapa aku sebenarnya…
          cukuplah kau tahu….
          bahwa dibalik pemegang de Go Blog
          ada seseorang yang memujamu…
          .
          tentunya, karena
          I am only a human

          Pasti pernah menorehkan komentar yang tiada berkenan,
          maka, dengan momentum menjelang hari raya iedul  fitri 1431 H kali ini
          aku haturkan permohonan maaf,
          sudikiranya dirimu mengulurkan maaf lahir dan batin😀

  8. iya nih, saya termasuk orang yang gampang sekali marah apalagi di saat kerjaan numpuk.

    thx atas sharingnya

    ======
    DUNIAKU DISINI : Benar. Saat kerjaan numpuk, kadang kita mengalami stress sehingga gampang sekali marah. Dan disitulah diperlukan kedewasaan diri untuk mampu mengendalikan emosi yang tak terkendali.

  9. marah memang hal yang paling susah untuk ditahan…
    dipendam pun jauh lebih berbahaya…
    makanya dibutuhkan kesabaran yang lebih untuk menangani soal yang satu ini, ^_^

    ======
    DUNIAKU DISINI : Kesabaran yang ekstra tentunya untuk melawan rasa marah tersebut.

  10. marah temannya setan.
    Makanya jangan mudah marah dengan Malaysia, tapi kesal jg sih (ehhh, keterusan sampai negri sebelah nih).

    ======
    DUNIAKU DISINI : Wah, jangan sampai kita berteman dengan setan deh🙂

  11. artikel yang sangat mencerahkan, Mas Ifan.
    Semoga dgn berlatih di bulan ramadhan ini, kita tetap terus mengamalkannya di luar ramadhan.
    karena orang yg paling kuat itu adalah orang yg mampu menahan amarah .
    salam

    ======
    DUNIAKU DISINI : Setuju bu. Kuat bukan berarti identik dengan kekerasan. Kadang kuat juga dapat kita korelasikan dgn seberapa mampu kita dapat mengolah emosi untuk meredam emosi.

  12. 🙂 nice post, Mas…
    Hmm,,, menahan marah memang tidaks selamanya mudah. Karena menahan marah membutuhkan sabar dan ikhlas. dua kondisi yang harus diupayakan dengan sekuat tenaga. semoga kita berdaya🙂

    ======
    DUNIAKU DISINI : Tentu saja sabar dan ikhlas adalah kunci untuk mengalahkan rasa marah tsb.

  13. Saya harus mencoba menerapkan semua yang ditulis di posting ini😉
    Trima kasih Ifan buat ilmu yang sudah dibagi ini, saya termasuk orang yang tidak mudah marah. Tapi kalau sudah tersulut, ehm, susah buat menurunkan kadar emosi…hehe, tidak sampai mencaci maki sih, cuma jengkelnya itu suka lama hilang…rugi banget kan?

    ======
    DUNIAKU DISINI : Semoga rasa jengkel akibat marah thd sesuatu tsb dapat kita singkirkan dari diri kita untuk kedepannya dapat kita ubah menjadi perasaan sabar dan ikhlas.

  14. Ikutan dengan berusaha membuang sgala amarah yang bis menghabislkan tabungan amal ku😆
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    ======
    DUNIAKU DISINI : saya juga ikutan untuk membuang rasa marah tsb karena memang tidak ada gunanya.

  15. paling susah nahan marah itu kalo twitteran mas😀 apalagi kalo rame2 pada mencacimaki di twitter, kayak pas DPR mau bangun gedung baru hehe

    ======
    DUNIAKU DISINI : Untungnya, twitter yang aku miliki hanya berisi pemberitahuan ttg tulisan2 terbaru di blog.

  16. Marah juga temannya setan. Orang Jawa bilang : Ojo nesu yen lagi nesu “, artinya jangan marah ketika lagim marah. Kalau kita sedang marah lalu kita marah maka dijamin marahnya akan meledak-ledak.

    Jika ada orang lain yang berkata dan bertingkah laku kurang pas terhadap kita memang perlu diregur dengan cara yang bagus agar dia tahu kesalahannya tanpa harus di caci-maki.

    Marah juga bergandengan tangan dengan setan lho.
    salam hangat dari Surabaya

    ======
    DUNIAKU DISINI : Benar Pak De. Dengan marah yang tak terkendali, berarti kita telah dengan rela menjadi temannya setan.

  17. marilah kita bercermin ketika dalam kondisi marah… Ngganteng kah..? Ayu kah…?
    😦 saya jg terkadang masih suka marah,

    makasih nasihatnya
    salam,

    ======
    DUNIAKU DISINI : Hahaha….:mrgreen: Lucu sekali komentarnya🙂

  18. alhamdulillah aku bukan tipe orang yang suka marah2 sendiri
    hehhehehe
    moga ajah tabungan amalku
    dapat bunga yaw😀

    ======
    DUNIAKU DISINI : Bersyukurlah kalau kita menjadi pribadi yang tidak gampang marah😉

  19. Marah lebih menghabiskan energi dan tak satupun hal yang bisa dihasilkan.
    Jika ingin marah, ada bermacam-macam cara untuk mengendalikan: 1) Bosku selalu minum berkali-kali jika ingin marah….saat rapat menjadi tak terkendali.2) Tarik nafas panjang, berdoa…maka hati akan lebih tenang.3) Membaca, mengalihkan pada hal lain….4) Ada juga yang mengalihkan dengan tidur.

    Apapun caranya, setiap orang bisa mengendalikan marahnya dengan cara yang berbeda

    ======
    DUNIAKU DISINI : Tips tambahannya bagus sekali bu. Dan saya setuju, setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda untuk mengendalikan rasa marah. Tentu perlu teknik dan pembiasaan diri untuk melatih semua itu.

  20. tapi dalam ilmu keperawatan jiwa,,, marah itu adalah hal yg wajar,, selama belum berpilaku yg maladptif.. malahan yg gak pernah marah mereka itu yg abnormal…

    ======
    DUNIAKU DISINI : Oh, begitu ya? Baru tahu nih kalau tidak pernah marah itu ternyata abnormal🙄

  21. Kalo ada temen yg buat aku emosi, aku selalu bilang dalam hati.. jangan marah..! jangan marah..! jangan marah..!

    Lumayan, bisa menenangkan hati..
    Terima kasih, artikelnya..

    ======
    DUNIAKU DISINI : Patut aku coba juga tuh tips dari mas. Siapa tahu ternyata itu baik buat aku.

  22. makasih banget tipsnya mas ifan…
    saya mang orangnya suka emosian dan gampang marah.

    ======
    DUNIAKU DISINI : Saya juga. Oleh karena itu mari kita sama2 belajar untuk mengendalikan rasa marah.

  23. wah semoga saya bisa menahan amarah
    hehe makasih infonya nih

    bermanfaat banget

    ======
    DUNIAKU DISINI : Saya juga berharap semoga bisa menahan emosi.

  24. sebenarnya saya marah pada diri saya sendiri…
    kenapa diri saya tak bisa menahan amarah???

    ======
    DUNIAKU DISINI : Saya juga kadang merasa marah terhadap diri sendiri karena gagal meredam emosi. Saya perlu belajar untuk melatih emosi tsb.

  25. semakin sering marah maka semakin habis tabungan amal kita ya mas?
    harus sebisa mungkin menahan diri nih, biar tabungannya semakin bertambah… terimakasih mas…

    ======
    DUNIAKU DISINI : Yups..betul. Kalau tabungan amal kita bertambah, Insya Allah, itu bekal kita di akhirat kelak.

  26. Assalaamu’alaikum Ifan

    Tulisan yang bermakna tinggi dalam mengingatkan diri agar selalu menjaga lidah dan tingkah agar tidak bersatu dalam menyakiti orang lain. Sifat marah akan menjejaskan kedamaian hati jika ada yang terluka dengan kata-kata yang terlempar sehingga lukanya membuka dan payah disembuhkan dalam masa yang singkat.

    alhamdulillah… saya kini semakin yakin dapat mengawal diri dari merasa marah tidak tentu hala kecuali marah yang melibatkan hukum syariat sahaja.

    terima kasih Fan, ingatan ini memberi saya peuang untuk meningkatkan amal di bulan puasa. Selamat berbuka puasa dan selamat menjalani ibadaj di bulan barakah ini.

    salam mesra selalu.😀

    ======
    DUNIAKU DISINI : Kita semua berada dalam proses pembelajaran bu tentang mengendalikan marah ini. Memang tidak mudah. Tapi dengan usaha yang kuat dan sungguh2, Insya Allah, kemampuan mengendalikan marah ini akan menjadi suatu pembiasaan diri kita takkala disekeliling kita dihadapkan dengan banyak kejengkelan. Salam persahabatan dari saya buat Ibu di Serawak.

  27. Waaahh.. mas Ifan., saya lagi PMS dan biasanya mudah marah.. tapi dengan mengingat2 kalo marah selalu diikuti penyesalan, saya memilih diam. dan ternyata memang jadi ga gampang laper mas..🙂

    ======
    DUNIAKU DISINI : Jadi, ingat pepatah yang mengatakan, diam itu emas🙂

  28. Assalaamu’alaikum Ifan Jayadi

    Andai langkah berbekas lara . Andai kata merangkai dusta. Andai tingkah menoreh luka . Andai bahasa membedah jiwa. Maaf dipohon seribu ampun. Dari jauh ku kirim salam. Kuhulur tangan memohon kalam . Buatmu sahabat, di hari mulia kita bermaafan. MAAF ZAHIR DAN BATHIN.

    Taqabbalallohu minna wa minkkum. Kullu am wa antum bikhairiin.

    Salam Ramadhan Yang Barakah dan Salam Aidil Fitri Yang Bahagia.

    # marah akan menjadikan kita cepat tua, Fan. Marah juga menyebabkan hati orang lain terluka. Oleh itu, lembutkan hati dan positifkan minda agar duniamu dan dunia orang lain akan ceria.😀

    ======
    DUNIAKU DISINI : Terima kasih bu. Saya pun juga mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri kepada ibu dan keluarga. Mohon Maaf Lahir dan Bathin.

  29. biasanya,sebelum saya akan marah ke orang lain saya ambil waktu sejenak utk berfikir jernih. dan kebanyakan soal yg membuat saya marah ternyata diakibatkan oleh diri saya sendiri

    ======
    DUNIAKU DISINI : Benar pak. Berfikir jernih adalah kunci untuk bisa merenung sejenak apakah pantas kemarahan itu kita lampiaskan sementara efek buruknya sangat luar biasa bagi orang lain.

  30. intinya kita tak boleh sombong ya…
    sombong itu ternyata penyebab utama marah..

    ======
    DUNIAKU DISINI : Sombong akan menjadikan diri kita dijauhi oleh orang lain lho🙂

  31. Marah membuat kita berujung malu ya fan…

    Wah Aa Gym..memang menyejukan ceramahnya..rumahnya deket ane…

    ======
    DUNIAKU DISINI : Senangnya ya rumah dekat dengan penceramah kondang. Tiap hari bisa dengerin ceramahnya tu

  32. Maaf…Jangan marah ya klo jarang berkunjung kesini.🙂
    Belajarlah dari rosulullah saw, beliau tidak marah meski dilempari kotoran unta. Kita aja yg mudah sewot klo harga diri dinjak2.

  33. Saya termasuk yang susah menahan marah. Kalau sudah marah, suasana hati jadi gak enak.
    Kalau baca twitter orang yang isinya negatif, mengejek, menjelekkan, aduh saya malas deh. Soalnya bikin suasana hati jadi gak mood. Kalau ketemu tweeps begitu, saya skip, ga pernah dibaca. Untuk apa dibaca kalo gak ada poin positifnya.🙂

  34. saya kira marah tadi menghabiskan tabung energi, capek marah2 otot ketarik, emosi, nambah penyakit, bisa-bisa stroke😀

    susahnya menahan rasa amarah apalagi ditambah perut lapar, wah bisa2 marah sambil makan org😀 hehehe

  35. Salam Ifan.
    Indah ingin mengucapkan Selamat hari raya buat Ifan sekeluarga. maaf zahir dan batin. Semoga berbahagia di hari lebaran yang kian menjelma tiba.

    maaf Zahir Bathin
    Minal Aidin Wal Faizin

    Salam indahnya Syawal dari Indahkasihku.

  36. renungilah dalam hati, segala apa yang terjadi, selama Ramadhan ini, Sambut
    Idul fitri dengan suka hati.
    Cerminkan kemenangan dalam
    diri.
    Selamat Idul Fitri,
    mohon maaf lahir dan batin.

  37. Menone sekeluarga mengucapkan:
    Selamat Hari RAYA IDUL FITRI ………………………….MINAL AIDZIN WAL FAIDZIN MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN……………. salam persahabatan

  38. Assalamualaikum..

    Kamay dan keluarga mengucapkan met idul fitri 1431 H
    Minal Aidzin Wal Faidzin..
    Mohon maaf lahir batin..
    maaf jika ada salah baik tulisan, kata maupun perbuatan..
    makasih🙂

    salam slalu kamay🙂

  39. Dari Tabanan aku meminta dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya apabila ada kata serta tulisan yang kurang berkenan semua itu karena kekhilafan saya sebagai manusia yang masih jauh dari sempurna.
    Taqabbalallahu minna wa minkum wa ja’alanallahu minal ‘aidin wal faizin
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  40. Saya ingin bisa mengolah emosi saya dengan baik, agar emosi saya bisa stabil dan saya bisa menjadikan emosi saya itu menjadi sebuah energi buat saya, bukan sesuatu hal yang sangat merugikan untuk saya dan untuk orang lain………..

    selama ini saya sudah belajar dan mencoba mengolah emosi saya, dan hal itu cukup menguntungkan buat saya……saya jadi bisa lebih sabar lagi utnuk mengahadapi permasalahan atau mengahadapi orang-orang dengan berbagai watak dan karakter…….

    ya mencoba mengolah emosi cukup baik untuk kehidupan Anda…..salam kenal….

    Bali Villa Bali Villas Bali Property

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s