Perubahan Itu


Kuawali hari ini dengan membaca Bismillah dan mencoba kembali menata hidup dengan sesuatu yang lebih baik. Menata hidup yang lebih baik menjadi sesuatu yang tampaknya memang harus kulakukan mulai saat ini. Setelah beberapa bulan mengalami keadaan yang membuatku kusut, ada baiknya aku harus berpikir ulang tentang apa-apa saja yang seharusnya menjadi penataan hidupku tersebut. Mungkin aku harus melakukannya dari hal-hal yang kecil seperti mulai belajar untuk sabar menghadapi sesuatu disekelilingku yang tampaknya tidak seperti yang kuharapkan dan juga menerapkan keikhlasan takkala gagal dalam beberapa hal.

Sahabat, hidup memang penuh dengan berbagai masalah. Kadang, dengan mudah kita mampu menyelesaikan masalah tersebut. Namun, kadang pula, kita begitu terseok untuk hanya sekedar menguraikannya. Kemampuan tiap orang untuk menyelesaikan masalah pun berbeda-beda. Ada yang begitu gesitnya, namun ada pula yang langsung menyerah kalah. Bagi mereka yang menyerah kalah, biasanya akan mengalami keadaan terpuruk  yang kemudiaan diikuti dengan penyalahan terhadap diri sendiri dengan terus-terusan mencamkan dalam pikiran tentang betapa tidak bergunanya diri ini.

Untuk itu, melakukan perubahan kearah yang lebih baik adalah senjata ampuh bagi siapapun juga untuk keluar dari keadaan terpuruk.  Apabila dibiarkan, maka keadaan terpuruk tersebut akan dengan lebih berleluasa untuk menjajah diri kita untuk selanjutnya mengubah menjadi keadaan depresi. Tentu, sebagai pribadi yang telah dibekali berbagai pendidikan baik pendidikan agama atau pendidikan apapun juga, kita  tentu tidak ingin terus-terusan berada pada keadaan ini.

Memang, untuk suatu perubahan kearah yang lebih baik itu tidak mudah. Selalu saja ada penghalangnya yang menyurutkan diri kita untuk terus melangkah. Namun, kita tidak boleh berhenti dan harus tetap terus melangkah untuk mencapainya. Berusaha dan berdoa merupakan dua kekuatan yang akan menuntun kita.  Juga, sikap sabar dan ikhlas untuk menjalaninya, Insyaallah menjadikan diri kita akan tetap kuat. Dan tentu saja, ini juga yang harus kulakukan mulai saat ini.

gambar via rian.student.umm.ac.id

22 thoughts on “Perubahan Itu

  1. Hmm..kita memang kadang harus merenung, benarkah langkah yang telah kita pilih dan jalankan? Masih perlu diteruskan atau harus kita ubah strateginya? Keputusan-keputusan yang dibuat harus melalui analisa dari berbagai hal….apakah kita hanya melihat dari sisi uang, atau kita ingin mendapatkan waktu lebih banyak bersama keluarga, atau bahkan kita ingin berkarir yang lebih baik tapi kompetensi kita masih kurang? Setelah kita bisa buat matriksnya, kita bisa mengambil langkah, dan langkah ini juga bisa setiap kali kita evaluasi….karena kadang kita bisa mengubah strategi saat perjalanan baru setengah jalan.

    Semoga perubahan yang akan dilakukan bisa ke arah lebih baik, ke arah yang lebih membahagiakan dari segala bidang.
    Saya pernah menulis di
    http://edratna.wordpress.com/2010/02/21/mengubah-strategi-bisakah/

    ======
    DUNIAKU DISINI : Terima kasih bu atas inspirasinya yang luar biasa. Insya Allah, artikel ibu tersebut akan menjadi penyemangat bagi saya kedepannya.

  2. hari ini hari yg baik utk memulai suatu perubahan. pas di tanggal 10 bulan ke 10 tahun dua ribu 10.

    10X10X10=1000, semoga niat utk berubah akan mendapatkan 1000 kebaikan🙂

    ======
    DUNIAKU DISINI : Semoga pak, karena itu yang saya harapkan🙂

  3. postingan yang menarik dan mencerahkan, mas ifan. di tengah situasi chaos dan sakit seperti saat ini memang bukan hal yang mudah utk melakukan sebuah perubahan. meski demikian, kekuatan internal dari diri kita sendiri akan memberikan dampak luar biasa utk mewujudkan perubahan itu.

  4. Posting yang bagus dan bikin saya lebih bersemangat, Fan!
    Terpuruk karena gagal atau kecewa rasanya pernah menjadi milik setiap orang, termasuk saya.
    Idealisme atau niat baik kita tiba-tiba saja terganjal oleh satu hal. Atau keinginan kita buat merubah keadaan menjadi lebih baik, ternyata tidak semudah membalikkan telapak tangan.
    Tapi seiring berjalannya waktu, justru pelajaran dibalik sebuah kegagalan atau kekecewaan itu sangat luar biasa. Salah satunya adalah kita akan menjadi lebih dewasa bila menemukan peristiwa yang sama…🙂
    Semangat Ifan!

  5. Salam Ifan. Indah harap apa yang telah dialami akan membuah perubahan yang mantap dan membahagiakan. Jangan putus asa dengan hidup. Gagal sekali tidak bererti gagal selamanya.

    Indah juga pernah mengalami banyak kegagalan tetapi semua itu tidak mematahkan semangat Indah. Akhirnya Indah berjaya dengan izin Allah SWT. lalu lahir perubahan yang mengkagumkan. Yang penting percaya diri.

    Salam sukses selalu dari Indahkasihku.😀

  6. Insfiratif mas Ifan..
    Perubahan itu emang perlu, tapi kadang kita tak sadar selama ini kita berjalan di tempat..
    Artikel bagus seperti ini semoga bisa menggugah niat dan tujuan hidup kita..

  7. Perubahan kearah yang baik bisa didapat dari tingkat pemahaman kita terhadap suatu yang buruk. Tanpa tau keburukan, maka sulitlah kebaikan itu didapat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s