Pemilukada Kota Samarinda


Hari ini, Selasa, 12 Oktober 2010, di Kota Samarinda sedang diadakan Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada) Walikota dan Wakil Walikota untuk periode 2010-2015. Ada 7 pasangan bakal calon yang bertanding. Mereka adalah Andi Harun-Damanhuri, Syaharie Jaang-Nusyirwan Ismail, Ipong Muchlissoni-Edy Kurniawan, Sutrisno-Yulianus Henock Sumual, Iriansyah Busra-Ahmad Faidilham Djafar, Riswan Asmaran-M. Nasir Waladi, dan Dani Firnanda-M Ridwan Effendi. Menurutku, setiap pasangan memiliki kesempatan yang sama untuk bisa memenangkan Pemilukada kali ini. Tinggal bagaimana cara mereka mensosialisasikan visi misi mereka tentang perubahan yang akan mereka buat untuk kemajuan Kota Samarinda kepada para calon pemilih tentunya.

Siapapun yang terpilih menjadi Walikota dan Wakil Walikota Samarinda akan menghadapi sejumlah persoalan klasik yang hingga saat ini belum juga terselesaikan. Persoalan-persoalan itu antara lain masalah banjir, pengangguran, kemiskinan, kemacetan lalu lintas, kesehatan, serta penambangan batubara liar yang tidak mengacu pada amdal dan sangat marak pada beberapa bulan belakangan ini.  Belum lagi persoalan-persoalan baru yang pasti akan muncul dan juga menuntut penyelesaian secepatnya.

Meski dihadapkan dengan banyak persoalan. Toh, hal ini tidak menyiutkan nyali para kandidat tersebut untuk bertanding dalam pemilukada kali ini. Perasaan takut kalau-kalau terjerat masalah hukum pun sepertinya tidak ada dalam kamus mereka. Alih-alih takut, yang ada malah semangat membara mengumpulkan massa untuk mendukung mereka agar bisa menang, meski dengan berbagai cara sekalipun.  Buktinya, yang bertanding sampai 7 pasangan bakal calon. Itupun, ada beberapa nama yang tidak begitu kukenal, atau mungkin, aku saja yang tidak terlalu menggali informasi yang berkenaan dengan hal-hal semacam itu. Entahlah.

Apapun itu, semoga mereka yang terpilih nantinya sebagai Walikota dan Wakil Walikota dapat menyelesaikan segenap persoalan yang dihadapi oleh Kota Samarinda. Jangan sampai mereka menghampakan harapan warga yang begitu tinggi. Jangan juga mereka melupakan janji-janji yang mereka koar-koarkan saat kampanye dulu tentang perubahan kearah yang lebih baik.  Warga pastinya ingin bukti nyata di lapangan dan tidak ingin lagi menjadi obyek yang hanya dibutuhkan pada saat-saat tertentu, tetapi segera dilupakan setelah tujuan itu tercapai.

Update :

Dan akhirnya pemenang Pemilukada kali ini jatuh kepada Calon Incumbent, yaitu pasangan Syaharie Jaang yang sebelumnya menjabat Wakil Walikota Samarinda bersama pasangannya Nusyirwan Ismail.

39 thoughts on “Pemilukada Kota Samarinda

  1. Sepanjang jalan yang kulewati ke tempat kerjaku di Sungai Siring, banyak banget tuh tambang batu bara karungan. Jadinya yang biasanya nggak banjir, jadi banjir deh😦
    Semoga yang berhasil jadi pemimpin Samarinda kali ini bisa membuat kota kita jadi lebih baik, bukannya melanjutkan kekurangan yang lalu…

  2. semoga sukses dan lancar pemilunya, dan mendapat pemimpin yang dapat membawa perubahan ke yang lebih baik. Btw, ada award yang bisa diambil disini.
    saipuddin.wordpress.com/2010/10/13/award-sahabat/

  3. Assalaamu’alaikum Ifan Jayadi…

    Maaf Ifan kerana lama tidak menyapa, BW saya kini juga semakin jarang kerana sibuk yang menyita waktu.

    Begitu ya cara pemilihan Walikota dan Wakil Walikotanya. Dilakukan secara berpasangan. Sungguh.. saya kagum dengan cara pemilihan demikian. Karena di Malaysia, cara sebegini tidak dipraktikkan. Biasanya memilih seorang, lalu setelah menang akan dipilih sendiri siapa pembantu atau wakilnya.

    Semoga yang menang akan menjalankan tugas dengan baik mengikut janji yang telah dipatrikan. Salam mesra dari Sarikei, Sarawak.

  4. Wah…kalo di jayapura, pemilukada walikota dan wakil walikotanya diadakan hari senin yang lalu.
    Dari semua calon yang ada, gak ada satupun yang saya kenal, wkakakkaka….
    Yang jelas, semoga aja yang bakal menjadi walikota dan wakilnya nanti, akan ada perubahan signifikan yang terjadi.
    Perubahan ke arah yang lebih baik tentunya🙂

  5. Orang yang memiliki kesempatan untuk membaca adalah orang yang bahagia, karena dia dapat memetik bunga dari taman alam sesta, bisa berkeliling mengitari keajaiban dunia, dan bisa melipat waktu dan tempat.

    Belajar sesuatu yang kecil akan melahirkan sebuah sesuatu yang lebih besar.

    Sukses selalu.

    Salam ~~~ “Ejawantah’s Blog”

  6. Sekarang sudah tahu siapa yang akan memegang amanah sebagai walikota dan wakilnya
    Semoga mereka menjadi pemimpin yang amanah dan perduli dengan nasib masyarakatnya.
    Dan bisa membawa Samarinda ke arah yang lebih baik
    Amin.

  7. Assalaamu’alaikum Ifan Jayadi

    Menyapa di sore indah ini untuk bertanya khabar teman di Samarinda.

    kemana agaknya Ifan hingga belum ketemu ide baru lagi untuk di posting nih. Ayuh… Ifan, mari berbagi hikmah untuk kemantapan peradaban ilmu sejagat.

    salam mesra dan selamat berlibur.😀

  8. Hai Ifan, lama tidak kemari.
    Indah berharap para pemimpin yang telah dipilih boleh melaksanakan tugas dan amanah dengan baik.
    Harap dapat berinteraksi semula di maya ini.
    Salam dari Indahkasihku.😀

  9. Jadi ingat th 2007 – 2008 saya sering jadi narasumber soal Pemilukada ditinjau dari sisi Demokrasi.. pada diklat2 ..sekarang… gak mau lagi jadi Pemateri utk itu.. hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s