Membangun Kepercayaan Diri


Untuk meraih sebuah tujuan, selain dibutuhkan usaha dan kerja keras, dibutuhkan juga kepercayaan diri. Konon, kepercayaan diri ini mampu memberikan efek psikologis positif yang bisa memotivasi seseorang untuk semakin bergairah mencapai tujuannya tersebut. Tentu saja kepercayaan diri ini tidak serta merta terbentuk atau terbangun. Diperlukan latihan berulang hingga mencapai suatu keadaan dimana antara usaha, kerja keras dan kepercayaan diri ini bisa melebur menjadi satu kesatuan yang saling besinergi.

Nah, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membentuk atau membangun kepercayaan diri ini (seperti yang kukutip pada sebuah artikel yang sumbernya sudah tidak diketahui lagi). Berikut ini adalah uraiannya :

  • Rudi Hartono makan nasi, Aku juga makan nasi. Dia juara bulutangkis, aku juara menulis.
  • Kaki dan tangan Aku lengkap dan Aku punya otak untuk mendapatkan akal, Aku pasti bisa meraih mimpiku.
  • Tuhan Maha Pengasih dan Penyayang, termasuk kepada Aku. Dia pasti membimbing Aku melakukan segala niat baik.
  • Oksigen masih gratis, Aku pasti masih bernafas dan sehat untuk mencapai target kerja.
  • Matahari terbit lagi dari timur seperti kemarin, hari ini Aku tentu akan meraih sukses seperti kemarin.
  • Keluarga amat mencintai Aku, suksesku adalah milik keluarga yang mencintaiku.
  • Kulitku hitam, cocoknya sebagai pekerja keras. Jadi pantas kalau aku sukses.
  • Orang tuaku miskin, tapi aku anaknya pantang miskin lagi.
  • Orang tuaku cuma lulusan SMA, namun saya ingin belajar setinggi mungkin untuk memuliakan beliau.
  • Rambut aku tipis, katanya tanda orang pintar. Jadi saya akan belajar keras agar tidak memalukan.
  • Aku masih muda, kesempatan masih panjang. Aku bisa jadi pewaris Abad 21.
  • Umurku hampir kepala enam, tapi kesempatan maju masih terbentang. Sebab Nelson Mandela saja keluar dari penjara umur 73 tahun dan jadi Presiden setahun kemudian.

Kepercayaan diri adalah penting. Namun jauh lebih penting dari semua itu adalah selalu menyertakan doa dalam setiap usaha yang dilakukan. Ingatlah selalu kalimat bijak yang mengatakan : USAHA TANPA DOA ADALAH SOMBONG DAN DOA TANPA USAHA ADALAH BOHONG.

Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. (QS. Ar Ra’d 11)

Dan Tuhanmu berfirman: “Berdo`alah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina”. (QS. Al Mu’min 60)

Gambar sebagai ilustrasi diambil disini.

37 thoughts on “Membangun Kepercayaan Diri

  1. saya terkesan banget dengan kutipan yang ini:
    USAHA TANPA DOA ADALAH SOMBONG
    DAN DOA TANPA USAHA ADALAH BOHONG
    sepakaaaatttt…
    kepercayaan diri harus dibangun
    tanpa rasa sombong dan takabur..
    nice post, Bung Irfan…
    salam sukses..

    sedj

  2. Assalaamu’alaikum Ifan…

    Salut ya atas semangat yang ditimbulkan dalam artikel di atas. wah… kini saya semakin bersemangat untuk membentuk kepercayaan diri yang terkadang kala tercalar juga oleh banyaknya hadangan di depan mata sehingga mngurangi keyakinan untuk mencapainya.

    Saya juga sangat terkesan dengan ungkapan kata-kata yang bisa merobek belenggu diri. harus banyak perbandingan yang positif untuk kita melihat kekuatan kita sebanding dengan orang lain dan masih banyak peluang yang Allah beri dalam detik masa yang kita lalui. Hanyasa kita tidak mahu mengambil kesempatan yang berharga itu.

    Semangat Fan dan semoga sukses menemui kepercayaan diri dalam menuju desyinasi kejayaan yang diimpikan. Salam mesra selalu dari saya di sarikei, Sarawak.😀

  3. ok,.. terimakasih atas pencerahannya…
    syukurilah apa yang ada pada diri kita, sekecil apapun itu sebelum kita tidak mendapatkan kesempatan untuk mensyukurinya…. betul gitu kang?

  4. Wah… benar-benar menyemangatkan… aku juga yakin bahwa pada dasarnya potensi yang kita miliki semua sama… hanya cara menggali potensi itu yang berbeda.

  5. Kepercayaan diri itu harus dilatih, dan selalu harus di maintain.
    Pada dasarnya kita bisa melakukan apa saja, kadang hanya kita sendiri yang membatasi kemampuan tersebut.

  6. Ifan, postingnya bagus banget!
    Kadang kepercayaan diri itu seperti pedang bermata dua. Membuat kita yakin dengan kelebihan yang dimiliki untuk bisa maju sekaligus menjadikan kita ‘seakan’akan’ tinggi hati.
    Kepercayaan diri yang disertai keyakinan pada kebesaran Tuhan, niscaya akan membuat kita tawadu’. Tetap rendah hati, namun bekerja keras sesuai kemampuan yang dimiliki.
    Pagi ini kembali saya termotivasi, setelah membaca posting Ifan ini🙂

  7. tapi terkadang seseorang itu ada saat-saat tertentu tidak percaya diri.., aku juga sering seperti itu..

    sepertinya perlu aku salin nih buat diingat, makasih… bermanfaat banget nih🙂

  8. Selamat pagi sahabat tercinta
    Saya datang untuk mengokoh-kuatkan tali silaturahmi sambil menyerap ilmu yang bermanfaat. Teriring doa semoga kesehatan,kesejahteraan,kesuksesan dan kebahagiaan senantiasa tercurahkan kepada anda .
    Semoga pula hari ini lebih baik dari kemarin.Amin

    Dengan bangga saya mengundang anda untuk mengikuti K.U.M.A.T ( Kontes Unggulan Muhasabah Akhir Tahun ) di BlogCamp. Tali asihnya sih tidak seberapa tetapi sensasinya sungguh ruaaaaaarrrrrrrr biasa.
    Silahkan simak artikel pengantarnya dengan meng-klik.
    http://abdulcholik.com/2010/11/16/kontes-unggulan-muhasabah-akhir-tahun/

    Terima kasih.
    Salam hangat dari Markas BlogCamp Surabaya

  9. tulisan yg sangat inspiratif,Mas Ifan
    namun, memang kadang ada saat2 dimana kita tiba2 kehilangan kepercayaan diri, nah, saat2 seperti inilah perlu diingat2 tulisan ini, agar percaya diri kita kembali lagi🙂
    terimaksih krn telah berbagi hal yg bermanfaat ini, Mas Ifan🙂
    salam

  10. subhanallah
    terima kasih Mas Ifan
    kadang semangat yang ada didalam hati menjadi kendur
    dan jadi pesimis menghadapi masa depan
    terima kasih telah mengingatkan
    agar kita bisa lebih mensyukuri dan memanfaatkan semua kelebihan yang diberikan Allah kepada kita

  11. 🙂 kalau motivasi versi temanku, dia suka bilang gini: Ada tiga kalimat yang harus dihindari; saya tidak layak. saya tidak layak. saya tidak layak.

    Terimakasih untuk artikel baik ini, Mas Ifan.

  12. Assalaamu’alaikum Ifan…

    Kepercayaan kepada diri sendiri akan menghasilkan kepercayaan kepada orang lain. Percaya diri sebagai cermin kekuatan untuks sebuah kejayaan mendatang.

    Ayuuh…Ifah, menulis terus menulis.

    Selamat menyambut Maal Hijrah 1432.
    Salam mesra dari saya di Sarikei, Sarawak.

  13. Jangan lupa selalu bersyukur atas nikmat yang diberi Allah SWT, salah satunya lima panca indera yang lengkap dan anggota tubuh yang sempurna…😥

Leave a Reply

