Daftar Kesedihan dan Kebahagian Tahun 2010


Mumpung masih diawal tahun baru 2011, aku ingin membuat daftar kesedihan dan daftar kebahagian yang aku alami sepanjang tahun 2010. Setelah coba diingat-ingat, akhirnya terpilihlah masing-masing lima. Apa saja 5 kesedihan dan 5 kebahagian yang aku alami tersebut, inilah daftar selengkapnya :

DAFTAR KESEDIHAN :

  • Frekuensi melakukan kesalahan yang berulang ternyata makin bertambah dan sulit untuk dihentikan. Tekad untuk mencoba menguranginya di tahun 2010 ini gagal total. Godaan dari kanan kiri ternyata lebih hebat dari apa yang kubayangkan sebelumnya.
  • Di akhir April, mendapatkan sindiran keras pada acara perpisahan pegawai yang telah pensiun gara-gara salah satu diantara pegawai tersebut SK-nya belum keluar. Memang sebenarnya sindirin itu tidak secara langsung ditujukan kepadaku, tapi berhubung aku yang menanganinya, jadi aku seolah-olah menjadi pihak yang harus bertanggung jawab atas ketidakberesan itu.
  • Mendapatkan tekanan-tekanan dari luar tentang sesuatu yang berhubungan dengan masa depan. Tekanan dari luar itu begitu hebat sehingga menjadikan diriku sosok yang mudah tenggelam dalam kesedihan.
  • Syok dengan nilai-nilai kuliah yang diperolehi. Di satu sisi merasa senang karena tanpa diduga berhasil mendapatkan nilai yang memuaskan yang tidak pernah didapat sebelumnya. Tapi juga benar-benar merasa kecewa karena harus mengulang 3 mata kuliah yang dinyatakan tidak lulus.
  • Pada akhir Desember ini mendapatkan perlakuan yang tidak menyenangkan. Pertama, ditelpon dengan nada yang sinis oleh pegawai dari Kab. Kukar gara-gara usulan untuk mendapatkan penghargaan masa kerjanya ternyata tidak berhasil. Kedua, dilabrak pegawai disatu kantor karena ia merasa sampai saat ini tidak juga diusulkan mendapatkan penghargaan sementara pegawai-pegawai yang lain yang masa kerjanya dibawahnya, malah mendapatkan penghargaan tersebut. Halo bapak, harusnya bapak nyadar kenapa kok sampai saat ini belum juga diusulkan. Apa perlu saya umumkan dengan toa tentang penyebab bapak tsb tidak diusulkan.

DAFTAR KEBAHAGIAN :

  • Pada tanggal 22 Pebruari 2010 berhasil mewujudkan keinginan membeli laptop. Kemudian melengkapinya dengan membeli modem CDMA merek Skyspeed dan modem GSM merek Prolink untuk menunjang aktifitas internetan. Dan untuk pertama kalinyalah aku bisa merasakan berinternetan di rumah dimana sebelumnya hanya bisa dilakukan di warnet atau kantor.
  • Pada bulan April, aku berhasil untuk mulai menghasilkan tulisan di 2 blog yang berbeda. Satu di CORETAN HIDUP, dan satu lagi di DUNIAKU DISINI. Sejak itulah, aku coba menjadikan blog sebagai media untuk mencatat perjalanan hidupku.
  • Blog DUNIAKU DISINI berhasil mendapatkan hadiah berupa buku dan baju kaos hasil dari mengikuti beberapa kontes yang diadakan oleh beberapa narablog.
  • Berkesempatan mengunjungi 3 Kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur, yaitu pada bulan Mei mengunjungi Kabupaten Paser, lalu pada akhir bulan Juli mengunjungi Kabupaten Nunukan dan Malinau.  Melihat daerah yang sebelumnya cuma bisa tahu di koran rasanya begitu menyenangkan. Banyak hal-hal unik yang aku dapatkan dari mengunjungi 3 Kabupaten tersebut.
  • Mendapatkan kesempatan untuk membacakan SK pejabat yang dilantik di instansi tempat aku bekerja pada akhir Juli. Mungkin bagi orang lain, itu adalah hal yang biasa. Tapi bagi diriku, itu adalah sesuatu yang luar biasa. Sebagai pribadi yang pemalu tentu itu merupakan lompatan yang sangat besar. Selama ini, aku cuma bisa memendam keinginan untuk bisa menampilkan sesuatu di depan umum, khususnya membaca SK. Akhirnya kesempatan itu datang juga dan aku tidak menyia-nyiakannya. Kata teman-temanku hasilnya positif. Entahlah, apakah itu hanya untuk menyenangkan aku saja. Namun yang pasti aku telah berusaha yang terbaik untuk mewujudkan keinginan yang lama terpendam.

Diriku ketika membacakan sk

Nah,  itulah daftar kesedihan dan kebahagian yang telah mewarnai kehidupanku sepanjang tahun 2010 kemarin. Semuanya itu akan kujadikan sebuah pembelajaran agar pada tahun 2011 nanti aku bisa semakin baik lagi dan mampu mengejar impian untuk kuwujudkan menjadi sebuah kenyataan.

44 thoughts on “Daftar Kesedihan dan Kebahagian Tahun 2010

  1. Alhamdulillah, disamping kesedihan, banyak jua hal2 yang membahagiakan. Semoga tahun ini bakalan dapat kebahagiaan lebih banyak lagi🙂
    *sedang membayangkan Irfan saat membacakan SK*😀

  2. Wah semangat yach mas… ya namanya juga hidup, gak selamanya akan sedih terus dan gak selamanya juga akan bahagia terus.
    toh hidup gak akan asik kalo gak ada kesediha, begitu juga sebaliknya….
    Cayo…. untuk tahun yang baru ini.😀

  3. *membaca dengan seksama
    sambil merenung..kesedihan dan kebahagiaan yang saya rasakan di 2010 lalu

    semua kejadian pasti mempunyai hikmah
    semoga ditahun 2011 semakin sukses ya Mas Ifan
    dan jangan cepat larut dalam kesedihan🙂

  4. semoga bisa mengambil hikmah atas segala yang terjadi di tahun yang lalu, mari kita sama-sama bangkit utk menatap masa depan yang lebih cerah lagi mas… semangat!!!

  5. Ifan…tentu menyenangkan kalo kita punya daftar kebahagiaan *saya yakin, kalo mau ditulis lengkap jumlahnya pasti lebih dari 5*
    Tahun 2011, semoga jumlah itu terus bertambah, jadi 50 atau bahkan 5000…who knows?😉

  6. Semoga di tahun ini bisa lebih sukses lagi dan bisa mensukseskan orang lain. Karena akan bisa lebih bermakna kalau sukses itu bisa diraih bersama.😛
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  7. tetap semangat semoga kritikan itu bisa membuat kita lebih tegar dan menjadikan kita lebih bersemangat untuk tetap maju ke depan…

  8. wah ternyata Mas Ifan ini introvert juga ya… sama dunkkk. wah dilabrak soal pekerjaan ya, hmm aku juga sering mengalaminya dan menerimanya karena aku orangnya juga mudah emosi, kadang bahkan kubalas juga dengan kata-kata yang lebih pedas, akhirnya jadinya nyesel dehhh^^ Ok, semoga sukses di tahun 2011🙂

  9. Selamat tahun Baru 2011 Ifan Jayadi.
    maaf, Indah baru kembali di dunia maya. harap ada kebaikan di tahun 2011 ini.

    Apapun yang didaftar kesedihan tetap disyukuri kerana pengalaman itu adalah guru kebaikan untuk menilik kelemahan dan kekuatannya. Tahniah untuk daftar kebahagiaan yang diterima dan lebih patut disyukuri kerana ia adalah tanda kasih sayang Allah untuk menutupi daftar kesedihan itu.

    Salam indahkasihku.

  10. selamat untuk prestasinya mas Ifan!
    semoga daftar kesedihannya tak terulang lagi di tahun ini,

    ohya, saya sering dapat pemberitahuan postingan baru blog ini dari email, tapi setiap di buka artikelnya hilang!
    apa emang sering di hapus ya?😀


    DUNIAKU DISINI : Bukan dihapus, tapi postingan tersebut belum waktunya dimunculkan tapi tidak sengaja duluan terpublis🙂 .

  11. walaupun ada kesedihan dan kebahagiaan tapi saya berharap mas ifan tetap baik-baik aja dan sukses selalu.saya samapi lupa sama blog mas ifan ni..habisnya jarang update dan main2 ke rumah saya lagi hehe ^^
    salam sukses y mas ifan, do’a saya untuk mas ifan dan keluarga🙂

  12. konon kesedihan dan kebahagiaan itu sudah menjadi bagian dari dinamika hidup, mas ifan agar bisa dijadikan sebagai bahan refleksi dalam upaya meningkatkan hari esok yang lebih baik. *doh kok jadi sok tahu saya, haks*

  13. Dalam kehidupan ada suka dan duka, jika kita menjalaninya dengan ikhlas, maka kesedihan atau kesalahan kita anggap sebagai tantangan untuk maju dan terus memperbaiki diri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s