Amplang


Samarinda sebagai ibukota Provinsi Kalimantan Timur tidak hanya terkenal dengan Pesona Sungai Mahakam. Ada banyak hal lain yang juga tak kalah mempesonanya dan menjadi semacam ciri khas dari Kota Samarinda. Salah satu pesona yang menjadi ciri khas tersebut terletak pada kulinernya, yaitu berupa camilan ringan. Bahkan, camilan ringan yang satu ini telah menjadi semacam oleh-oleh yang yang wajib dibawa pulang orang luar ketika berkunjung ke kota yang berjuluk Tepian (teduh rapi aman dan nyaman). Ya, camilan ringan itu adalah AMPLANG.

Amplang adalah sejenis krupuk yang terbuat dari campuran tepung tapioka, bumbu rempah, dan ikan pipih atau ikan tenggiri khas perairan Sungai Mahakam atau Sungai Karang Mumus. Ikan pipih atau ikan tenggiri inilah yang menjadikan amplang begitu gurih dan kriuk-kriuk ketika digigit. Sebenarnya, tidak ada keharusan menggunakan kedua jenis ikan tersebut sebagai bahan dasarnya. Ikan jenis lain pun bisa digunakan, seperti ikan haruan (ikan gabus), tetapi rasanya akan sangat berbeda.

Campuran adonan yang digoreng dan akhirnya menghasilkan amplang

Amplang yang terkenal di Samarinda adalah amplang jenis kuku macan. Dinamakan kuku macan karena bentuknya yang memang mirip dengan kukunya macan. Ukuran dari amplang ini adalah seujung jari kelingking yang meruncing sehingga memungkinkan untuk menyantapnya dengan sekali suap.

Amplang yang telah dikemas

Penjualan amplang tersebar di berbagai sudut di Kota Samarinda. Namun, akan lebih mudah menemui camilan ringan ini ketika melintas di jalan Slamet Riyadi Kelurahan Karang Asam. Di sepanjang jalan ini, berbagai outlet berjajar menjajakan amplang disamping juga menjajakan camilan-camilan lain khas Kota Samarinda.

Jadi, tunggu apalagi. Buruan membeli camilan ringan ini, karena tidak akan lengkap berkunjung ke Kota Samarinda jika tidak membawa oleh-oleh berupa amplang. Buktikan sendiri.

Sumber gambar dari google images.

18 thoughts on “Amplang

  1. Wess,, enak nih,, Kebetulan saya penggemar krupuk dan keripik,,😀
    Kapan yah bisa main ke Samarinda.. Banyak cerita dari mas Ifan tentang kota Samarinda yang membuatku penasaran..

    Hemm,, Suatu saat pasti bisa!!😆

  2. saya menccoba oleh2 ini kiriman teman dari balikpapan
    setelah itu ketagihan… uenak tenan,,
    rasa ikannya begitu aduhai…
    muantap Kang… salam sukses…

    sedj

  3. Selamat pagi ..
    hemm enak sekali AMPLANG .. makanan paforit saya mas, kebetulan tetangga saya ada yang memproduksi amplang, kalau ke Banjarmasin pasti banyak sekali penjual ampang di pinggir-piggir jalan.

  4. ya, saya tau amplang, disini juga ada. rasanya bikin lidah gatal untuk terus mencicipinya.
    Insya Allah kalo saya kesana akan beli amplang untuk oleh-oleh. Do’a kan saja mudah-mudahan saya bisa kesana. hehhe😀

  5. Assalaamu’alaikum Ifan Jayadi…

    Camilan ringan “Amplang” itu sungguh membuat lapar aja nich. Tambahan musim hujan dingin sambil liat tivi dengan makan amplang pasti melupakan sesaat kesibukan harian di rumah.😀

    Wah… amplang Samarinda membuat saya teringin untuk menjamahnya. Kalau di Malaysia, amplang banyak di jual di Sabah. harap suatu hari nanti bisa merasai amplang Samarinda.

    Terima kasih Ifan kerana telah berbagi informasi kuliner enak dari Samarinda. Salam mesra selalu dari Sarikei, Sarawak.😀

  6. amplang bahnnya dari ikan pipih, rasanya enak apalagi yg kuku macan, tp kalo beli mesti sabar karna jalannya macet dan agak sedikit semrawut, silahkan datang ke samarinda

  7. BOS…..MINTA ALAMAT DAN TILPUN TOKO AMPLANG DI KOTA MALANG….MW HAJATAN NIH….BS CONTACT SY +6285790843159

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s