Inspirasi Hidup


Jamak seperti yang diketahui, kehidupan di dunia ini pasti selalu dihadapkan dengan rangkaian masalah. Belum satu masalah usai, datang lagi masalah lain yang tidak kalah berat. Dan mau tidak mau, masalah yang datang bertubi-tubi harus tetap dihadapi. Terkadang, kita begitu tegar menghadapinya. Namun satu waktu, kita malah kehilangan sama sekali ketegaran itu. Kita menjadi terpuruk dan tidak tahu bagaimana untuk bisa bangkit kembali.

Disaat itu mungkin kita akan putus asa dan terus-terusan mengeluh atas keadaan yang tidak adil ini menurut versi kita. Kemudian berpikiran negatip tentang betapa pilunya kehidupan yang harus dijalani sementara orang lain begitu mudahnya melenggang dengan penuh kebahagian. Lalu, muncul lagi rentetan ketidakpuasan dengan berpikiran bahwa apa yang telah dijalani selama ini secara benar ternyata hanya berbuah dengan penderitaan. Jadi, untuk apa menjalani sesuatu yang benar tersebut. Akhirnya sering muncul dibenak kita kata mengapa. Mengapa harus aku yang menderita? Mengapa harus aku yang tersakiti? Mengapa berakhir dengan kepedihan? Dan mengapa lainnya.

Kata mengapa itu selalu muncul disaat kita sedang sangat emosional. Kita menjadi orang yang kehilangan akal. Dan lalu berpaling dari jalan Tuhan. Padahal, kita tidak akan pernah tahu hikmah apa yang tersembunyi dari masalah yang dihadapi tersebut sampai ia benar-benar usai. Bisa jadi dibalik masalah itu tersimpan sesuatu yang indah kedepannya. Namun karena ketidaksabaran tersebut, sesuatu yang indah itu menjadi berantakan. Kita telah mengacaukannya. Akhirnya, hanya penyesalan yang mungkin menjadi tangisan kita. Oleh karena itu, memiliki iman adalah kekuatan kita untuk tetap tegar menghadapi masalah sesulit apapun. Seperti kalimat inspiratif ini :

Jalan Tuhan bukanlah hal yang mudah, tapi terbaik. Miliki iman, dan Dia akan menunjukkan kepada kita, apa yang harus kita lakukan.

Menurutku, kalimat inspirasi diatas akan sangat berguna jika kita benar-benar menerapkannya dalam kehidupan. Namun akan menjadi tidak berarti apabila hanya dianggap sebagai sesuatu yang hanya patut diperkatakan saja.

Kalimat inspirasi ini bukanlah bertujuan untuk menggurui orang lain. Ia hanyalah menjadi motivasi bagi diriku sendiri agar selalu berada pada jalan Tuhan meski menghadapi cobaan sesulit apapun. Tapi, kalau memang ia berguna bagi orang lain, aku merasa bersyukur.

Kalimat inspirasi ini juga sekaligus untuk menjawab amanat dari try2bcoolandsmart. Sengaja Kukutip dari salah satu akun twitter karena memang memberi kesan yang mendalam bagi diriku. Semoga hal itu tidak mengurangi makna yang ingin disampaikan. Seterusnya bagi siapapun yang tergerak untuk melakukan hal yang sama, yaitu membuat kalimat inspirasi lanjutan, dipersilahkan.

22 thoughts on “Inspirasi Hidup

  1. wew.. sangat insfiratif mas Ifan!
    Dan sepertinya keluahan “mengapa dan mengapa” dirasakan hampir setiap orang!
    Yups, Iman mungkin bisa memberikan kita jalan yang terbaik di atas keputus asaan hidup. Yakni kembali kepada Tuhan…

    Terima kasih untuk Inspirasinya!😀

  2. dan ketika keimanan kita menguat, saat itu juga cobaan akan makin berat.
    namun,utk orang yg beriman ,ujian atau cobaan adalah hal yg dicintai, krn mereka telah mampu merasakan manisnya iman.
    Semoga Allah swt memudahkan kita semua utk mencicipi manisnya iman, amin
    salam

  3. tetap semangat menjalani kehidupan ini…hidup yang diberikan membuat kita berpikir untuk berpikir bahwa kita tidak ada apa2nya bisa berguncang kekanan dan kekiri…maka mari kita siapkan untuk kehidupan yg kekal..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s