Ketergantungan Dengan Internet


Dalam 10 hari kedepan bakal tidak bisa mengakses internet lewat laptop. Pasalnya dari tanggal 16 sd. 25 Pebruari 2011 aku harus mengikuti Diklat Manajemen Kepegawaian di Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Kalau sudah begitu ada sesuatu yang sepertinya hilang. Memang agak berlebihan. Tapi ini wajar. Sesuatu yang biasanya telah diakrabi setiap hari, namun secara tiba-tiba lenyap, maka akan terasa sulit untuk melupakannya. Sebenarnya sih masih bisa mengakses internet melalui HP, tapi rasanya kok tidak terlalu puas. Sudah terbiasa dengan layar besar. Mau membawa laptop kesana beserta modem juga tidak bisa. Kasihan orang rumah. Mereka juga memerlukannya.

Aku tidak tahu apakah nanti di Balai Diklat tersebut dilengkapi dengan fasilitas internet. Kalau ada, pasti akan menyenangkan. Paling tidak, aku bisa mengakses blog Duniaku Disini walau hanya sekali-sekali saja. Juga akan mengetahui perkembangan terbaru yang lagi hangat dibincangkan dijagat perblogan. Tapi kalau pun memang tidak, ya bukan menjadi masalah besar. Hitung-hitung ini akan menjadi semacam pembelajaran agar aku berlatih membiasakan diri untuk tidak terlalu tergantung dengan yang namanya internet.

Sebenarnya, dulu pun waktu ke sini semasa prajabatan pada Mei 2007, memang tidak ada fasilitas internet. Dan aku pun pada saat itu meskipun sudah mengenal yang namanya internet tetapi tidak terlalu mengakrabinya. Ketidakakraban itu sepertinya menguntungkan aku. Buktinya, selama prajabatan berlangsung, aku baik-baik saja. Malah, hiburanku saat itu hanyalah HP butut Motorola dengan fasilitas radio saja. Tidak ada MP3 atau kamera. Jadi, saat jam istirahat, radiolah yang menjadi andalanku. Sekarang malah sebaliknya. Belum berangkat saja, aku sudah mulai kalang kabut dan dibuat resah.  Aku mulai bertanya pada diriku sendiri, kenapa bisa begini? Apa aku mulai diperbudak oleh kemajuan teknologi? Entahlah! Sulit menjawabnya. Tapi aku harap tidak. Semoga!

18 thoughts on “Ketergantungan Dengan Internet

  1. ikut berduka aja mas Ifan, tapi mudahan ada internetnya yaa🙂
    saya ngenet kalo dirumah aja, prinsipnya,, kalo kegiatannya dunia nyata,ya ada disana sepenuhnya,, jd ga candu internet..

  2. Wah.. wah.. wah..
    Sabar sebentar kan gak papa mas, toh dapat jalan-jalan ke luar kota kan menjadi sesuatu yang luar biasa. Nikmati aja dulu perjalannannya! Ntar sekembalinya baru mas bisa puas mencurahkan serunya perjalanan di blog ini…😀

    Saya tunggu loh cerita serunya!😆

  3. Wah, saya juga pernah kecanduan dengan internet… tapi udah berkurang semenjak menikah. Sekarang normal-normal aja, gak ngenet ga masalah. Malah jarang online.

  4. Wah, selamat mengikuti diklat!
    Ketergantungan terhadap apapun biasanya malah membebani, hehe, saya juga tidak suka mengakses internet lewat hp, layar dan tombol keyboard-nya kecil-kecil…nggak lega bacanya…😀

  5. Yah begitulah… rasa2nya kita ini telah sangat ketergantungan ya…😀
    Tapi saat kerja aku telah terbiasa tak terkoneksi, karena di tempat kerjaku sinyal hp aja susah😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s