Kecamatan Kota Bangun


Masih diberi kesempatan untuk menginjakkan kaki ke wilayah-wilayah terpencil di hulu Mahakam pada 7 Juni 2011. Tepatnya di Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur. Hampir memakan waktu 4 jam untuk sampai kesana dari Kota Samarinda. Normalnya sebenarnya bisa ditempuh 3 jam saja. Tapi berhubung jalan yang rusak parah disekitar wilayah Jahab, maka mau tidak mau harus merasakan perjalanan yang panjang tersebut. Melihat Kecamatan Kota Bangun serasa mendapatkan ketenangan. Jauh dari hiruk pikuk kota. Namun, kecamatan yang tidak begitu luas ini sepertinya mulai terusik dengan eksploitasi alam. Penggalian batubara yang berlebihan perlahan-lahan memudarkan keeksotisan dari hutan-hutan lebat khas Pulau Kalimantan. Apakah ini akan terus berlanjut hingga tinggal menunggu waktu saja dimana bencana itu akan datang secara tiba-tiba?

Entahlah! Hanya waktu yang akan menjawabnya. Yang pasti, keindahan Kecamatan Kota Bangun merupakan hal langka yang bisa aku lihat. Apalagi, Kecamatan ini dikelilingi oleh Danau Semayang yang merupakan habitat dari hewan jenis mamalia air yang hampir punah yaitu Pesut Mahakam.

Meskipun hanya sebuah kunjungan singkat, aku kembali belajar untuk mengenal alam Kalimantan dengan lebih bermakna. Untuk itu, dengan menggunakan kamera HP yang beresolusi minim, aku sempatkan mengabadikan beberapa sudut dari Kecamatan Kota Bangun ini sebagai memori yang akan kukenang kelak.

20 thoughts on “Kecamatan Kota Bangun

  1. Lebih lama di jalan ya, tapi bagaimanapun proses menuju ke sana pasti tak terlupakan ya. Kalau mau lihat pesut muncul kapan waktu yang pas?

  2. Hemm…. gambarnya kurang memberikan ciri khas kota bangun mas, apa lagi danaunya yg di sebut-sebut indah itu… bikin penasaran…🙂

    Ini sudah daerah Kutai ya??

  3. Saya selalu tertarik dengan daerah-daerah baru.
    Jadi pasti dong saya seneng banget lihat Kecamatan Kota Bangun di posting ini😀

    Ifan, penambangan dan pembalakan liar itu terjadi dimana-mana ya, padahal Kalimantan adalah salah satu hutan hujan tropis yang dimiliki dunia…

  4. Kota Bangun? Wah..saya malah baru tau ada nama kota yang namanya Bangun.
    Lagian saya juga belum pernah kesana.
    Ah..jadi penasaran😀

  5. Kota bangun tempat tinggal saya , gk jauh dari masjid tadi rumah saya, kota bangun adalah kota yang selalu ramai, dan sekarang semakin ramai.

Leave a Reply

