Benda Dari Masa Lalu


Banyak hal dimasa lalu yang kadang menjadi kenangan tak terlupakan. Kenangan itu terus bersemayam dan akan kembali muncul takkala kita mengingatnya. Apalagi jika masa lalu itu masih meninggalkan jejaknya hingga saat ini, pasti akan semakin sulit untuk melupakannya. Jejak-jejak itu bisa berupa foto atau barang.

Itu juga yang kualami takkala berberes sesuatu di kamar. Aku menemukan benda yang mengingatkanku pada masa-masa kuliah dulu. Benda itu adalah sebuah kertas tebal yang berisi panduan mengenai jenis batu-batuan. Bisa dibilang, benda yang berisi panduan tersebut akan membantu dan memudahkan seorang geologi untuk mengidentifikasi jenis batuan beserta mineral yang terdapat di alam.

Aku memandang benda tersebut dan mencoba mengingat kembali masa perkuliahan dulu. Rasanya tidak percaya saja bahwa masa selama 3 tahun menempuh pendidikan D3 Teknik, pada akhirnya tidak membuatku bergelut dengan dunia itu. Semuanya berubah takkala aku mencoba peruntungan dibidang lain dengan hanya bermodalkan ijazah SMU dan akhirnya dinyatakan lulus. Sejak saat itulah, segala hal yang aku pelajari semasa kuliah dulu satu per satu mulai terlupakan.

Ya, pekerjaan yang aku geluti sekarang ini memang jauh berbeda dengan latar pendidikan yang aku tempuh. Disaat teman-temanku yang lain berhasil mendapatkan pekerjaan sesuai dengan latar pendidikan sewaktu kuliah dulu, aku malah sebaliknya. Aku juga tidak tahu kenapa. Yang jelas semuanya mengalir begitu saja. Ini mungkin yang dinamakan takdir. Kita sebagai manusia tidak akan pernah tahu masa depan kita seperti apa, termasuk dalam hal pekerjaan sekalipun. Tapi aku yakin, Tuhan telah mengatur segalanya sesuai dengan porsinya masing-masing.

Saat ini aku kembali kuliah sebagaimana yang pernah kupaparkan pada tulisan Kuliah Lagi Ujian Lagi. Tidak lain aku lakukan untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi agar lebih memahami tentang detail yang sesungguhnya dari pekerjaan yang aku geluti sekarang ini. Paling tidak, aku berusaha mengejar ketertinggalan untuk tidak terlalu buta terhadap permasalahan dari tupoksi tugas yang dibebankan kepadaku. Semoga aku mampu dan terus melakukan yang terbaik terhadap pekerjaanku tersebut.

11 thoughts on “Benda Dari Masa Lalu

  1. Loh? sayang juga ya, kalau ternyata pekerjaan kita tak sesuai dengan disiplin ilmu yang kita geluti di masa kuliah duluūüôā
    Namun yang sekarang dihadapi, harus dilakukan dengan sebaik mungkin. Semangat ya, FanūüėÄ

  2. jadi teringat kata orang,” cerdas itu bukan dinilai dari tingginya nilai tapi sejauh mana kita mampu menyelesaikan permasalahan.” salut buat mas, bisa bekerja dilain bidang yang mas pelajari dulu…

  3. setuju. Tuhan memang memiliki rencana-Nya sendiri, yang kesemuanya tersusun dengan sangat rapihnya hingga kita terkadang bisa kesulitan menebak arah semua iniūüė¶

  4. Terkadang jurusan kuliah itu menyimpang jauh dari pekerjaan yang kita lakukan. Tapi percaya deh, ilmu dan cara berpikir itu bisa diterapkan dimana saja.

    Smoga kuliah Ifan sekarang juga akan menambah ilmu baru yang bermanfaat buat bidang kerja Ifan saat ini…ūüôā

  5. kurang lebih seperti saya. saya sangat tdk suka dg pelajarn IPA tapi apa yg trjadi saya malah masuk jurusan IPA dan sekarang saya merasa bersyukur bisa masuk IPA.

    terus berjuang.jarn IPA tapi apa yg trjadi saya malah masuk jurusan IPA dan sekarang saya merasa bersyukur bisa masuk IPA. Hidup ini memang aneh tapi nyata.

    terus berjuang.

  6. Assalaamu’alaikum wr.wb, Ifan….

    Membaca coretan Ifan ini membuatkan saya juga terkenang masa lalu dan masih banyak barang-barang tinggalan masa lalu disimpan sebagai khazanah yang bisa dikenang dan dipamerkan dengan anak-anak agar mereka tahu bahawa masa lalu kita adalah sejarah yang menjadikan kita ini seperti apa.

    Tentang kehidupan yang telah ditakdirkan Allah buat kita, iya harus menerima dengan syukurnya. pasti banyak hikmah yang harus kita ambil kenapa kita tidak berada dalam bidang yang sepatutnya kita berada. Dengan usaha Ifan kuliah kembali untuk menambahkan profesionalisma dalam kerjaya kini merupakan satu kejayaan besar dalam hidup kerana mempunya bidang yang berbeda. Hal ini menambah ilmu dan pengetahuan yang luas.

    Semoga sukses ya. Tabah juga gigih menempuh tantangan yang selalu menjadikan kita semakin matang dan dewasa.

    Salam mesra dari Sarikei, Sarawak.

  7. Wah… Paste capek ya mas Kuliahnya lanjut lagi. Rasanya 3 tahun kuliah sebelumnya cuma tinggal kenangan… hemm…
    Tapi bersyukurlah karena sekarang sudah memiliki kehidupan yang sangat mapan. Pasti tak ada yang sia-sia dari apa pun yang terlewat. Allah memang lebih tahu apa yang terbaik untuk kita, tanpa kita minta sekali pun!

    hemm…
    Semua bernama kenangan…

Leave a Reply

