Keripik Singkong Karuhun


Beberapa bulan belakangan ini di kota tempat aku tinggal, yatu Kota Samarinda sedang ngetrend dengan yang namanya Mie Goreng Pedas Mampus. Banyak orang yang menyukai makanan ini karena rasanya yang benar-benar pedas. Bahkan rasa pedasnya ini dibagi menjadi tiga level, yaitu 1, 2 dan 3. Penasaran dengan makanan tersebut, maka aku dan saudara-saudaraku mencoba mencicipinya dari berbagai level. Dan benar saja, aku menjadi mampus dibuatnya. Seketika hidungku mengeluarkan lendir karena tidak kuat menahan rasa pedasnya. Padahal aku baru mencicipi yang level 1 lho, tapi rasanya begitu mengerikan. Apalagi yang level 2 dan 3, pasti akan membuat perut mules tak tertahankan.

Kalau menurut lidahku, sebenarnya makanan ini tidaklah terlalu istimewa. Ia hanya dibuat dari mie goreng instant yang dicampur dengan cabai merah atau rawit yang diblender. Penyajiannya pun biasa saja, yaitu hanya ditambah bawang goreng dan telor mata sapi. Harga per porsinya adalah Rp. 10.000,-. Mungkin kemenangannya hanya dari rasa pedasnya saja yang memang benar-benar nendang. Bisa jadi juga karena warung tempat menjual mie goreng pedang mampus ini letaknya strategis, yaitu di bilangan jalan Agus Salim yang merupakan salah satu jalan protokol di Kota Samarinda. Sudah barang tentu tempat yang strategis menjadi tempat yang nyaman pula bagi para ABG untuk kongkow-kongkow. Terbukti yang menjadi pengunjung terbanyak adalah remaja, mulai dari anak SMP sampai dengan yang kuliahan.

Ternyata tidak hanya mie goreng saja yang rasanya pedas mampus, tetapi keripik singkong pun ada juga lho yang rasanya seperti itu. Ceritanya 3 hari yang lalu, adikku membawa keripik singkong dari Bandung. Ia berpromosi bahwa keripik tersebut rasanya benar-benar pedas. Aku dan saudara-saudaraku yang lain menjadi penasaran dan langsung mencobanya. Wow, ternyata memang benar-benar pedas mampus. Baru pertama kali ini aku merasakan keripik singkong dengan rasa cabai yang menggigit lidah. Aku pribadi tidak kuat menahan rasa pedasnya. Tetapi selalu ada dorongan untuk terus mencicipinya. Alhasil aku sediakan air es sebanyak-banyaknya untuk mengusir rasa pedas tersebut.

Keripik singkong ini tidak hanya sekedar pedas. Ada rasa lain yang membuatnya menjadi enak disamping juga teksturnya yang renyah ketika digigit di mulut. Dan rasa enak tersebut berasal dari aroma daun jeruk purut. Paduan antara rasa pedas dan aroma daun jeruk purut menjadikan kripik singkong ini memiliki ciri khas yang berbeda dari keripik singkong lainnya. Sehingga meski pedas sekalipun tetapi membuat lidah ini ketagihan untuk terus mencicipinya.

Keripik singkong ini bernama Keripik Singkong Karuhun. Ia berasal dari Bandung, Jawa Barat. Di Samarinda, belum ada yang menjual camilan ini. Jadi, untuk mendapatkannya harus beli di Bandung. Untuk mendapatkannya, kita harus memesannya dari seseorang yang kebetulan pergi kesana. Dan hal inilah yang dilakukan adikku dengan memesan beberapa bungkus keripik singkong tersebut kepada temannya yang berangkat ke Bandung. Aduh, kok begitu repotnya ya untuk mendapatkan keripik singkong ini.  Masa harus melalui dari tangan ke tangan. Akibatnya harganya pun jadi mahal. Buktinya harga 1 bungkus Keripik Singkong Karuhun yang sudah ada ditanganku ini harganya Rp. 20.000,- per bungkus. Tapi tidak apa-apa. Yang penting bisa merasakan nikmatnya rasa pedas dan aroma daun jeruk purut yang terbalut dalam sebuah keripik singkong.

Oh ya, berhubung hari ini adalah hari pertama puasa di bulan ramadhan tahun 1432 hijriah, maka aku pribadi mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa. Semoga puasa yang kita jalani memberikan pencerahan bagi kita semua untuk menjadi insan yang semakin bertakwa kepada Allah SWT. Semoga pula kita mampu menjadikan bulan ramadhan ini sebagai kesempatan untuk memperbanyak amal ibadah sebagai bekal di akhirat kelak. Dan yang terakhir pesanku sesuai dengan tema yang aku tulis hari ini adalah jangan berbuka puasa dengan keripik singkong yang pedas ini ya. Salah-salah perut bakalan mules dan ujung-ujungnya puasa menjadi terganggu:mrgreen:

44 thoughts on “Keripik Singkong Karuhun

  1. Wah… keren banget mas! sudah sering sih liat di TV, tapi saya belum pernah mencicipinya. Gak tau di Medan sudah ada atau belum. Hemm… Kebetulan saya penggemar makanan pedas, so pasti Mie goreng dan kripik singkong MAMPUSnya pingin banget di coba!

    hihi..😀

  2. sudah lama tak blogwalking, maaf baru sempat mampir lagi.

    kalau lagi pedas terus minum es, aku malah merasa tambah lama pedasnya hilang. biasanya aku nyediain air hangat-hangat kuku, hehe…

    selamat berpuasa juga. mohon maaf lahir dan batin.

  3. ih.. disana mahal ya ! di daerah ku murah loh ka..

    info dikit.. hehe
    karuhun juga ada level nya..
    yg ada diatas itu pedas (P) trus ada lagi (SP) super pedas , dan buat yg ga begitu suka pedes mending nyoba yg (S) standar

    selamat mencoba🙂
    yakin ketagihan😀

  4. bisa minta alamatnya ga yg jelas &no tlp nya dong, saya suka bngt keripik karuhun tuh. sms aja ke no tlp saya 085711676081. ditunggu looo, mksh sebelumnya.

  5. numpang info ya mas
    tuk agan2&sista2 kripik karuhun tersedia di jaktim harga eceran 15rb/bungkus.. yang ingin jd reseller jakarta bisa hubungi /sms saya ke 08998856156 .. dan ada harga spesial tuk reseler

    1. Tuh, siapa yang berminat menjadi reseller, hubungi aja ya saudara Alnie. Kalau saya pribadi (sebagai admin dari blog ini) hanya menuliskan pengalaman saja tentang rasa dari kripik karuhun yang pernah saya cicipi. Jadi saya tegaskan bahwa saya sama seperti anda, yaitu sebagai salah seorang konsumen dan bukan agen penjual. Ini sekaligus menjawab beberapa pertanyaan yang masuk yang mengira bahwa saya adalah reseller, padahal bukan.

      Hubungi saja saudara Alnie sebagaimana keterangan yang ia berikan pada komen diatas

      1. Utk plan reseller, pembelian awal beli putus dulu. Dalam 1 Bal isi nya 25 bks. Dan kalo mau minimal pesen 4 bal dulu, dengan harga pabrik dan kalau mau coba 1 Bal dulu juga bisa, rasa dicampur dan dipilihkan jika mau dr rasa yg paling cepat terjual atau diminati konsumen. Kebetulan saya diSukabumi. Jadi lebih menghemat ongkirnya.
        Mau jadi partnership, yuk kita coba.

  6. boleh nanya… itu… bumbu keripiknya. bumbu tabur apa kayak balado (kayak kering kentang) gitu ya? penasaran aja…

    makasih

  7. Hai semua… Saya Lina, Saya tinggal di Samarinda, Saya udah jadi Patihx Kripik Singkong Karuhun nih, Saya kalau sore Jualan Kripik Singkong Karuhunx di Balaikota Kusuma Bangsa Samarinda lho dari jam 5 sore sampai jam 9 malam

  8. Kerupuk Karuhun emang enak, bnyak yg bilang katanya lebih enak dari merk lainnya.
    Kalo ada yg mau pesen satuan atau dalam jumlah besar bisa pesan dan hubungi saya ya.
    Email : sagita3011@yahoo.co.id
    Phone or SMS : 081310816855
    Pin BB : 2699DA05

Leave a Reply

