Daftar Kesedihan dan Kebahagiaan Tahun 2011


Kembali lagi di tahun 2012 ini aku merangkum perjalanan hidup yang telah aku lalui sepanjang tahun 2011 kemarin. Silih berganti peristiwa mewarnai kehidupanku pada tahun tersebut. Kadang kebahagian kadang pula kesedihan. Tentu semuanya itu mempengaruhi keadaan jiwaku. Kebahagian telah menjadikan aku bersemangat untuk mengarungi tantangan kedepannya. Namun terkadang kebahagiaan itu terenggut dan dihempaskan oleh badai kesedihan yang meruntuhkan tekad dan keyakinan. Kini semua itu tinggal kenangan. Namun kenangan tersebut akan terus bersemadi didalam pikiranku. Semoga sesuatu yang menyangkut kebahagiaan dapat aku teruskan ditahun 2012 ini. Sedangkan sesuatu yang menyangkut kesedihan bisa aku ambil hikmahnya dengan bersabar dan tidak lekas menyerah.


DAFTAR KESEDIHAN :

  • Gagal total dalam memperbaharui keimanan. Tadinya bertekad untuk memperbanyak hapalan-hapalan surah pendek Al Qur’an. Pertama-tama rencana tersebut berjalan lancar dengan semangat tinggi untuk menghapalkannya. Namun dipertengahan, semua menjadi berantakan. Faktor kemalasan yang menjadi penyebab utamanya, ditambah lagi suasana hati yang galau menjadikan aku semakin terhanyut sehingga melupakan segalanya. 
  • Akibat gagal memperbaharui keimanan berimbas pula pada kehidupan sosialku. Aku menjadi seseorang yang mudah sekali tergoda dengan kehidupan duniawi. Aku juga cenderung menjadi pribadi yang sepertinya gampang menurutkan hawa nafsu. Padahal aku tahu bahwa hal itu sangat tidak berguna dan bisa menjerumuskan pada sesuatu yang negatif. Namun lagi-lagi aku begitu lemah sehingga tidak mampu melepaskan diri dari jerat perbudakan hedonisme.
  • Kehidupan pribadiku semakin rumit. Terutama yang menyangkut tentang start a new life. Rasanya lelah memikirkan hal tersebut. Apalagi lingkungan sekitar ikut-ikutan melakukan tekanan-tekanan yang berhubungan dengan hal tersebut. Akibatnya aku menjadi galau dan  tidak bersemangat. Sebagai manusia pada umumnya, ingin sekali rasanya memenuhi keinginan mereka tersebut. Tapi apa daya? Tuhan mungkin belum mempercayakan hal tersebut kepada aku. Tetapi kalaupun hal tersebut memang harus segera terjadi, maka dengan suka cita aku akan menyambut pemberian Tuhan tersebut. Aku hanya menunggu tanda-tanda dari Tuhan saja. Kapan waktunya? Hanya Tuhan yang tahu.
  • Keinginan untuk rajin berolahraga tidak berhasil. Alat olahraga semacam barbel dan juga power black yang dibeli dengan harga yang lumayan menguras kantong cuma tergeletak dilantai. Memang, awalnya bersemangat menggunakan alat-alat tersebut dengan tujuan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Namun pasti ujung-ujungnya gagal total. Apalagi kalau bukan penyebabnya adalah rasa malas yang tidak mampu dikikis.

DAFTAR KEBAHAGIAAN :

  • Berhasil menaikkan berat badan. Tadinya berat badanku hanya berkisar antara 40-42 kg. Dengan teratur mengkonsumsi susu setiap 2 kali sehari dan memperbanyak porsi makan, berat badanku sekarang menjadi 46-48 kg. Ternyata kuncinya adalah kedisplinan.
  • Tahun 2011 ini aku berhasil mengikuti ujian Tahap Akhir Program (TAP) di Universitas Terbuka. Setelah susah payah menaikkan nilai-nilai mata kuliah dengan melakukan beberapa kali perbaikan dan juga rutin mengikuti tutorial online, akhirnya target nilai yang dipersyaratkan untuk bisa mengikuti TAP dapat aku penuhi. Dan pada tanggal 19 Nopember 2011 tadi, aku mengikuti ujian TAP tersebut di Kampus UT Samarinda Seberang. Soal-soalnya ternyata sulit. Tetapi aku berusaha untuk menjawabnya dengan sebaik mungkin. Mudah-mudahan bisa lulus ujian TAP tersebut sehingga bisa juga segera lulus kuliah di UT dimana aku menargetkan paling cepat awal tahun 2012 ini. Kalaupun ternyata ujian TAP yang telah ditempuh tersebut gagal, ya terpaksa harus mengulang kembali dan bersabar saja. 
  • Mendapatkan HP baru yaitu Samsung Galaxy Mini berbasis android. Tidak tahu kenapa tiba-tiba saja punya keinginan untuk mengganti HP lama. Mungkin saja karena secara tidak sengaja membaca tabloid HP yang membahas tentang android. Tadinya aku buta sekali yang namanya android. Mendengarnya pun rasanya asing ditelinga. Namun setelah membacanya, keinginan untuk memiliki HP yang berbasis android tersebut semakin mengebu-gebu. Padahal aku sebenarnya adalah tipe orang yang awet dengan barang dan jarang sekali gonta-ganti.
  • Berkesempatan kembali untuk berkunjung ke tempat-tempat yang memang pernah dikunjungi maupun baru sekalipun, yaitu :  Banjarbaru dan Banjarmasin sewaktu mengikuti diklat pada tanggal 16 Pebruari 2011, Kota Bangun sebanyak 2 kali kunjungan pada tanggal 7 Juni 2011 dan tanggal 21 Desember 2011, Kutai Barat sebanyak 2 kali kunjungan pada tanggal 19 Juli 2011 dan pada sekitar pertengahan November 2011, Ke Kabupaten Penajam Paser Utara pada tanggal 27 Desember 2011, Ke Kota Bontang yang dijuluki sebagai kota taman pada tanggal 29 Desember 2011, Jakarta pada tanggal 5 Desember 2011, Lalu kunjungan ke Kota Semarang pada tanggal 26 Juli 2011, dan puncaknya adalah ketika bisa menginjakkan kaki ke Pulau Bali pada tanggal 28 November 2011.

Nah, itulah daftar kesedihan dan kebahagian yang telah mewarnai kehidupanku sepanjang tahun 2011 kemarin. Entahlah apa yang akan terjadi pada tahun 2012 ini. Doaku sama seperti orang-orang pada umumnya, yaitu semoga apa yang aku jalani dalam kehidupan ini diberikan kemudahan dan dilancarkan oleh Allah SWT dan tentunya bermanfaat bagi semua orang.

29 thoughts on “Daftar Kesedihan dan Kebahagiaan Tahun 2011

  1. Hiks… saya mau hape android…😥

    Udah tahun 2012 nih. Mari terus berdoa, semoga di tahun masehi yang baru ini kita semua tetap diberi kesehatan, tetap bisa berkumpul bersama keluarga, semoga segala urusan pekerjaan maupun akademis kita dilancarkan, dan kita berharap semoga di tahun 2012 ini umur kita selalu diberkahi oleh Allah SWT. Aamiin!🙂

  2. Assalaamu’alaikum wr.wb, Ifan Jayadi…

    Tahniah untuk daftar kebahagian 2011 yang tentunya memberi kenangan manis untuk dilupakan walau terdapat juga kenangan pahit yang dikira tidak menguntungkan.

    Cuma bagi saya daftar kesedihan itu lebih bernilai tinggi jika keinginan untuk mengusahakan hafalan al-Quran walau hanya lima ayat sehari sudah mencukupi.

    Saya kok bingung tika Ifan menulis “Gagal Total Dalam Memperbaharui Keimanan”. Kenapa ? Apakah sebelum ini iman Ifan sudah rosak atau batal, maka harus diperbahrui. Kalau saya menilai di sini, ayat yang sesuai adalah “Meningkatkan Keimanan”.

    Iman meningkat dan menurun bersumberkan kepada sikap kita sendiri yang tidak benar2 mahu mencapai apa yang dikehendaki. Iya bener, jika godaan dunia dan nafsu menjadi segala alasan kita tidak mentaati Tuhan. Apakah kita tidak percaya bahawa diri kita mampu menghadapinya. Semuanya kerana disiplin ilmu dan akal yang memandu.

    Semoga Ifan bisa memenuhi resolusi 2012 agar apa yang dikatakan gagal itu bisa dilunasi menjadi sebuah kejayaan. Asal berani bermimpi segalanya mungkin, Fan.😀

    Selamat Maju Jaya dan salam mesra dari Sarikei, Sarawak.

  3. Asalamu Alaikum wr wb pak Irfan Jatadi,
    Yang bapak tulis itulah hukum kehidupan (sunnatullah). ada susah ada senang, ada kawan ada lawan, ada siang ada malam, ada terang ada gelap…… Semuanya telah Allah gariskan. Kita hanya melakoninya tentu dengan pertimbangan akal sehat dan Al-quran/Hadist sebagai referensi kita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s