2 Tahun Perjalanan Duniaku Disini


Tidak terasa, tepat pada hari ini, 2 tahun sudah blog Duniaku Disini eksis mewarnai perjalanan hidupku. Begitu banyak perubahan yang terjadi selama 2 tahun tersebut. Perubahan yang aku sendiri saja tidak menyangka-nyangkanya. Bayangkan saja, dalam rentang 2 tahun tersebut, tiba-tiba aku telah berada pada keadaan dimana sejujurnya untuk terlintas dipikiran pun tidak sama sekali. Tetapi itulah kenyataan hidup. Ia memberi warna-warni tersendiri, dan tentu saja blog Duniaku Disini telah menjadi saksi dari semua perubahan tersebut.

Berbicara tentang blog Duniaku Disini, tentu telah banyak yang ditorehkan selama 2 tahun ini. Kebanyakannya bercerita tentang curahan hati. Kalau tidak berkisah tentang kebahagiaan, pastilah duka lara yang terpaparkan. Kedua hal tersebut seperti menjadi semacam sajian utama di blog ini. Sebenarnya aku pun tidak berkeinginan untuk menjadikannya obyek penulisan karena kesannya terlalu mengumbar kehidupan pribadi. Tapi pada kenyataannya aku tidak kuasa untuk menahan apa yang terpendam di dalam hati ini. Rasanya puas saja jika telah mampu menumpahkannya dalam bentuk tulisan.

Diawal kemunculannya, blog ini sangat produktif dalam menelorkan tulisan. Dalam sebulan bisa menghasilkan 6 sampai dengan 7 tulisan. Tetapi kini entah kenapa, seiring perjalanan waktu, blog ini seakan mati suri. Malahan menginjak usia 2 tahun, blog Duniaku Disini hanya mampu menghasilkan 1 tulisan untuk tiap bulannya. Tentu ini menjadi sesuatu yang memprihatinkan. Ini juga menjadi prestasi buruk bagi diriku karena berarti aku tidak mampu mengelola blog ini dengan baik.

Setelah kupikir dengan seksama, banyak hal yang menjadikan aku tidak aktif lagi dalam menghasilkan tulisan. Salah satu penyebab utamanya adalah perasaan malas yang semakin akut, juga rasa bosan karena seakan dipaksa untuk terus-terusan online. Disamping itu ada hal lain yang juga memperparah ketidakaktifanku tersebut, dan itu adalah permasalahan hidup yang dari hari ke hari semakin berat. Bukannya menghilang, tetapi ia malah semakin menggerogoti kehidupanku. Aku yang lemah ini yang tidak dibekali dengan keterampilan dan kemampuan yang baik menjadi semakin tersungkur menghadapi permasalahan hidup. Ujung-ujungnya aku menjadi mudah termenung dan bersedih sehingga pada akhirnya tidak mau melakukan apapun termasuk juga tidak punya keinginan bangkit untuk mulai kembali menulis.

Oh ya, di 2 tahun perjalanan Duniaku Disini, ada 2 peristiwa penting yang terjadi pada diriku. Pertama adalah aku telah berhasil lulus kuliah di Universitas Terbuka. Waktu studi yang kutempuh adalah sekitar 4 tahun, yaitu dimulai pada akhir tahun 2008 dan diakhiri pada awal tahun 2012 ini. Meski tidak terlalu mendapatkan nilai yang bagus, tapi itu sudah sangat berarti bagiku. Kemudian peristiwa kedua yang terjadi adalah peristiwa yang tidak aku sangka sama sekali, yaitu aku mengakhiri masa kesendirianku di usia 31 tahun lewat 1 bulan. Tepatnya pada Sabtu, 4 Pebruari 2012 aku telah melangsungkan akad nikah di Kota Balikpapan. Sementara resepsinya diselenggarakan di dua tempat, yaitu pada tanggal 5 Pebruari 2012 di Kota Balikpapan, kemudian lanjut pada tanggal 12 Pebruari 2012 di Kota kelahiranku, Kota Samarinda.

Dan seperti yang sudah-sudah dimana karakter diriku yang tidak kuasa untuk melakukan curahan hati dengan menuliskan permasalahan hidup yang aku alami. Kali ini yang menjadi curahan hatiku adalah kehidupan berumah tangga. Ya…kehidupan berumah tangga ternyata tidak mudah. Banyak onak duri yang menghadang. Apalagi diriku yang tidak dibekali dengan keterampilan dan kemampuan yang cukup dalam mengatasi permasalahan tersebut, tentu teramat sulit untuk menjalaninya. Ditambah lagi dengan ketidakmandirian dan ketergantungannya aku dengan lingkungan sekitar semakin memperparah keadaan. Maklumlah, selama ini, apa-apa aku selalu mengandalkan keluarga. Dan sekarang baru merasakan betapa beratnya menjalani hidup sendiri yang berbeda 180 derajat dari kehidupan sebelumnya. Jujur, aku belum terbiasa dengan hal ini dan perlu banyak penyesuaian. Aku sadar ini tidak mudah, tetapi mau tidak mau aku harus tetap menjalaninya. Meski sebenarnya aku berjalan terseok, tapi aku selalu berdoa dan berharap akan segera muncul sinar mentari hangat yang akan menggantikan mendung sehingga aku bisa ceria kembali. Amin Ya Rabbal Alamin.

11 thoughts on “2 Tahun Perjalanan Duniaku Disini

  1. wah sudah 2 tahun.

    kalo saya gak pindah dari wordpress, ini sudah jadi tahun keempat mas
    hehehehe

    tetep semangat ngeblognya meskipun cuma nulis sebulan sekali

    1. hahaha.. yang penting update dan ketahuan masih berstatus blogger😀 sama saya juga gak betah dengan satu blog nih hehe

  2. Amien…. semangat mas… semua butuh proses pembelajaran, kita mungkin sudah tidak lagi sekolah, tapi belajar itu tetap diperlukan, terutama untuk kehidupan, masih banyak hal yang harus dipelajari dari dan untuk kehidupan ini.😀

    Selamat yach mas atas blognya.😀

  3. ibarat anak kecil, dua tahun udah bisa lari-lari mas.. hehe… moga makin manfaat nge-blog nya yah…. Stay on Blogging ah…. hehe

  4. Ifan, selamat buat dua pencapaiannya ya, jadi sarjana plus jadi kepala rumah tangga.
    Tidak mudah menjalani biduk rumah tangga dengan pasangan yang baru kita kenal setelah kita dewasa.
    Ada perbedaan watak, karakter, sikap, kebiasaan maupun perilaku dalam menjalani hidup sehari-hari.
    Tapi tenang Ifan, proses itu pasti dilalui semua orang yang telah berkeluarga. Bukan hanya Ifan, tapi semua orang. Selain berpasrah pada Allah, kita juga harus menjalin komunikasi yang baik dengan pasangan. Membicarakan hal-hal yang disukai atau tidak disukai, mendiskusikan setiap permasalahan dengan kepala dingin plus menikmati kebersamaan dengan bermacam ragam cara.
    Jangan membandingkan kehidupan berumah tangga dengan kehidupan sendiri yang telah kita lalui…semua kan ada masanya🙂

Leave a Reply

