Bersihnya Kota Bontang


Bertandang ke Kota Bontang menjadi daya tarik tersendiri yang mampu memberi kesan mendalam. Terutama sekali mengenai kebersihannya. Aku yakin, mereka yang pernah bertandang ke kota ini pasti setuju  dengan pendapatku tersebut. Bukan tanpa sebab aku mengatakan hal ini. Tiga kali berkunjung ke kota Bontang, pendapatku tidak pernah berubah mengenainya. Dan kunjungan terakhir yang lagi-lagi juga karena dinas luar dari kantor pada tanggal 7 Mei 2012 kemarin semakin menguatkan perkiraanku tersebut.

Bontang sebenarnya bukanlah sebuah kota besar. Ia hanyalah kota sedang yang masuk wilayah Provinsi Kalimantan Timur. Namun begitu, kota ini memberikan kontribusi besar terhadap pendapatan daerah maupun nasional. Dua perusahaan besar yaitu PKT Bontang dan LNG Badak berada disana. PKT Bontang merupakan salah satu penghasil pupuk terbesar di Indonesia, sementara LNG Badak sebagai penghasil gas alam. Lepas dari 2 hal tersebut, Bontang juga mengandalkan perekonomiannya dari sektor kelautan. Jadi tidak mengherankan jika banyak masyarakatnya yang berprofesi sebagai nelayan. Konsekuensi dari profesi ini adalah hasil laut yang melimpah yang mudah ditemukan di daerah pesisir, dimana salah satunya adalah Bontang Kuala.

Di Bontang Kuala, aku banyak menemukan masyarakatnya menjajakan hasil laut dan sejenisya. Terutama sekali berbagai macam ikan asin. Juga hasil olahan lainnya berupa manisan rumput laut, terasi dan kerupuk ikan. Enaknya lagi di Bontang Kuala ini adalah tempatnya yang tertata rapi. Disamping itu, tersedia pula gazebo-gazebo yang bisa digunakan untuk duduk bersantai sembari melepas rasa lelah. Menurut informasi, saat mulai sore hingga malam hari, tempat ini akan semakin ramai dikunjungi karena pada saat itulah stand-stand kuliner sudah mulai beroperasi. Namun bagi diriku, ini mungkin sangat disayangkan karena tiga kali mengunjungi tempat tersebut, tidak satupun mendapatkan kesempatan itu berhubung waktu kunjungan kami kesana adalah pada siang hari.

Selain dikenal dengan Bontang Kuala-nya, Kota Bontang juga identik dengan taman. Rasanya memang pas jika hal tersebut disematkan pada kota ini. Selain lingkungannya yang bersih, di sepanjang pinggiran trotoar jalan, bunga-bunga cantik dengan warna-warni yang tersusun rapi di dalam pot begitu sedap dipandang mata. Selain itu, taman-taman mungil tersebar dibeberapa area di tengah kota. Jadi bukanlah hal aneh jika Bontang mendapat julukan si kota taman. Dan buah dari semua itu adalah Piala Adipura yang tidak pernah lepas dari genggaman mereka setiap tahunnya sebagai kategori kota sedang yang bersih. 

Sebenarnya masih banyak hal yang belum mampu aku ceritakan tentang Kota Bontang ini. Misalnya saja tentang keberadaan replika patung merlion ala negara singapura, olahan penganan empek-empek ikannya, sampai roti buayanya. Namun, berhubung selama di Bontang hanya menjelajah di beberapa area saja, makanya minim sekali informasi yang bisa aku paparkan pada tulisan ini. Tapi paling tidak, ini bisa menjadi sedikit pengetahuan yang bermanfaat bagi siapapun juga yang ingin mengetahui tentang Kota Bontang.

11 thoughts on “Bersihnya Kota Bontang

  1. gue gadis kelahiran bontang dan bangga banget bisa lahir di kota kecil yang indah ini. iya, walaupun kadang panasnya kebangetan, tapi nuansa damainya gak bisa dilupakan ^^ rapi, sejuk dan asri banget, serta jauh dari yang namanya pengemis/anak jalanan yang biasa nongkrong di perempatan lampu merah. oh, gue senang banget. tapi, berhubung gue lagi merantau buat menuntut kuliah… ya, hanya di waktu liburan aja gue bisa balik :”)

  2. Aaaa aku lahir di bontang juga, udah 17 tahun tinggal di bontang ini. nyaman banget. kota bontang bersih, bebas dari pengemis tapi akhir akhir ini mulai ada beberapa pengamen dan pengemis gitu menurutku sih itu orang pendatang bukan orang bontang. cuaca di bontang juga sama seperti kota lain kok, kadang panas banget kadang juga biasa aja. masih banyak tempat wisata yg belum di share sama om ifan disini, lain kali bagi kalian yg berminat berkunjung ke bontang silakan datang ke pantai beras basah, bontang kuala, cafe singapura, pabrik PT.Badak (keren kalo mau foto malem-malem backgroundnya obor), danau permai PKT.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s