Akhirnya Lulus Kuliah Di UT


Alhamdullillah, berkat pertolongan dari Allah SWT, akhirnya perjuanganku selama hampir 4 tahun untuk menyelesaikan kuliah di Universitas Terbuka berhasil. Tepatnya, pada tanggal 7 Pebruari 2012 lalu, aku dinyatakan lulus. Dan itu berarti aku berhak menyandang gelar Sarjana Administrasi Publik (S.AP). Senangnya luar biasa. Sungguh, apa yang telah diusahakan sejak pertengahan tahun 2008 silam tidak sia-sia. Meskipun nilai IPK yang kuperolehi pas-pasan, tetapi itu bukan masalah besar buatku, karena yang terpenting sekarang ini adalah aku lulus.

Awal memulai kuliah di Universitas Terbuka sebenarnya diliputi dengan keraguan-raguan. Pertama, sistem belajarnya yang mengharuskan setiap mahasiswa untuk tekun mempelajari modul-modul mata kuliah secara mandiri tanpa ada tatap muka dengan para tutor. Kedua, untuk mendapatkan nilai bagus di UT ternyata tidak mudah karena selain harus belajar secara mandiri, mahasiswa juga dituntut untuk aktif menyelesaikan tugas-tugas tutorial online di internet dengan tepat waktu. Apabila akses internet lemot, maka secara tidak langsung akan berimbas pada terhambatnya pembelajaran. Dan harus aku akui, dua hal tersebut kadang bisa menjadi batu sandungan sehingga menyurutkan langkah untuk terus melaju menyelesaikan kuliah di UT. Mungkin jika tidak ada motivasi yang tinggi dari diri sendiri, aku yakin aku bakalan gugur dipertengahan jalan.

Untunglah apa yang kutakutkan dan kucemaskan tersebut tidak sampai terjadi. Ini karena aku bersikeras menguatkan tekad untuk tetap bertahan. Caranya adalah dengan terus mengatakan berulang-ulang  kepada diri sendiri bahwa aku harus bisa menyelesaikan kuliah di UT demi sesuatu yang perlu diperjuangkan yang berhubungan dengan karier kedepannya. Mungkin terdengar ambisius dan terkesan mengenyampingkan sisi ilmu pengetahuannya. Tapi jujur saja, dengan terus mengingat tentang  dampak yang baik terhadap peningkatan karier itulah, aku termotivasi untuk bisa lulus kuliah di UT.

Langkah selanjutnya yang akan kulakukan setelah lulus kuliah di UT adalah ikut ujian penyesuaian kenaikan pangkat (UPKP) agar bisa naik golongan, yaitu dari golongan II ke golongan III. UPKP ini baru bisa aku ikuti pada tahun depan. Sebenarnya pada tahun ini, aku seharusnya bisa mengikutinya. Namun berhubung ijazah yang lama sekali keluar, kesempatan itu akhirnya lenyap. Di instansi tempat aku bekerja, pelaksanaan UPKP tersebut dilangsungkan pada tanggal 25 Juni 2012 yang lalu. Sementara aku baru menerima ijazah pada hari Selasa tanggal 10 Juli 2012. Itupun dengan proses yang lumayan ribet. Diawali dengan usahaku yang terus mengontak pihak UT Pusat maupun pihak UT UPBJJ Samarinda selama hampir 3 bulan untuk menanyakan perihal ijazah tersebut. Tetapi jawabannya selalu sama yaitu ijazah masih dalam proses verifikasi dan penandatanganan.

Selanjutnya, saat mengetahui bahwa ijazah telah keluar dan bisa diambil di UT UPBJJ Samarinda, masalah lain muncul. Ketika hendak menyetor billing pembayaran ijazah sebesar Rp. 500.000,- di Bank BRI, Jln. Gajah Mada Samarinda, ternyata si petugas teller mengatakan bahwa dataku tidak ditemukan. Tentu saja aku merasa kesal karena telah lama menunggu dengan 94 antrian yang ada didepanku. Saat kukonfirmasi perihal tersebut kepada pihak UT UPBJJ Samarinda, mereka mengatakan bahwa jaringan sedang mengalami gangguan dan menyarankanku untuk mencobanya besok pagi. Aku turuti hal tersebut dan Alhamdullillah transaksi pembayaran berhasil. Tentu lega rasanya karena satu persatu hambatan yang dialami telah berhasil diatasi sehingga lelah dan letih selama menempuh perjalanan yang lumayan jauh dari Bank ke UT UPBJJ Samarinda untuk mengambil ijazah menjadi tidak terasa. Dan pada akhirnya, semua kesulitan yang lalu-lalu menjadi tidak ada apa-apanya karena seakan terbayar sudah dengan berhasilnya aku mengantongi ijazah Sarjana Administrasi Publik (S.AP) pada hari itu.

Aku berdoa semoga lulus kuliah di UT membawa kebaikan dan menjadi sesuatu yang barokah sehingga membuatku bisa lebih mengembangkan diri dengan cara yang tepat dan bersahaja. Amin Ya Rabbal Alamin

37 thoughts on “Akhirnya Lulus Kuliah Di UT

  1. Assalaamu’alaikum wr.wb, Ifan Jayadi…

    Alhamdulillah, hadir ke blog Ifan ternyata ada berita gembita yang hendak dikongsikan. Saya turut merasa gembira dan bangga dengan kesungguhan dan ketekunan Ifan dalam mencapai cita-cita.

    ASAL BERANI BERMIMPI, SEGALANYA MUNGKIN. Itu lebih tepat untuk mereka yang sanggup mengapai bintang di langit tinggi. Kelihatan sukar tetapi bisa dicapai jika mahu dan keras keinginan.

    Melihat transkripsi Ifan di foto atas, sangat banyak sekali pelajaran yang diambil ya dalam tempoh yang panjang itu. Kongrat dan selamat untuk kejayaannya. Saya doakan Ifan juga berjaya naik pangkat ke golongan III. Berdoa dan berusahalah, pasti akan berhasil. Disamping bertawakal kepada Allah swt.

    Selamat maju jaya buat Ifan. Pasti senyuman itu kian lebar sehingga hari ini setiap kali mengingati kepayahan yang dilalui, kini sudah membuah hasil yang lumayan.

    Salam mesra dari Sarikei, Sarawak.😀

  2. Selamat mas Jayadi, luar biasa……berkat kesabaran dan pantang surut akhirnya pintu gerbang anugerah itu dapat digapai..sekali lagi selamat dan sukses slalu..

  3. Selamat ya sobat atas prestasinya dan keberhasilannya dalam menjalani kuliah selama beberapa tahun ini🙂

  4. Assalaamu’alaikum wr.wb, Ifan…

    Hadir kembali, untuk mengucapkan

    Esok adalah harapan, sekarang adalah pengalaman, kelmarin adalah kenangan yang tak luput dari ke khilaf dan salah..

    Mohon maaf lahir dan batin. Semoga RAMADHAN kali ini lebih baik dari RAMADHAN tahun lalu..amin.

    Selamat menyambut Ramadhan yang mulia.😀

  5. Amieeeennnn….. selamat yach mas….
    kebetulan aku juga baru lulus… hanya saja belum dapet ijazahnya cos baru aja selese sidang, jadi masih nunggu yudisium ama wisuda dulu… dan baru keluar bulan september depan. *masih lama*😦

  6. Wah, selamat ya …
    Rencananya tahun ini saya mau melanjutkan ke UT, keragu-raguan juga muncul. Tapi tulisan ini turut memotivasi saya. Makasih!!!!

  7. wah orang samarinda ya bang,,kebetulan saya dr Bontang dan baru mau masuk UT🙂
    insya Allah hari selasa ke UPBJJ samarinda

    oia,,,selamat ya bang udah jadi sarjana ^_^

  8. Selamat ya atas kelulusannya🙂
    Kebetulan saya juga mahasiswi di UT, sekarang saya baru semester 3. Awalnya saya juga cukup meragukan UT karEna sistem pembelajarannya, dan ditambah tidak adanya UTS + Remedial, cukup membuat saya khawatir. Tapi setelah saya membaca artikel anda, saya jadi termotivasi, semoga saya bisa segera menyusul anda, pak.
    Salam kenal ^^

  9. Salam kenal, Kakak Kelas IFAN JAYADI! Saya ketemu referensi tulisan ini karena nasib saya 90% sama nih dengan Anda. Kebetulan saya baru dapat pengumuman bahwa kantor saya diminta mengusulkan nama-nama calon peserta ujian dinas tahun 2014, paling lambat akhir Januari 2014. Sementara pengumuman kelulusan di UT kebetulan tanggal 26 Januari dan wisuda sekitar bulan Maret (saya hampir pasti lulus karena cuma perbaikan nilai, TAP sudah).

    Pertanyaannya, apakah bisa saya mengejar ijazah keluar sebelum wisuda? Atau bisakah ikut ujian dinas dengan bermodal keterangan lulus? Ini penting bagi saya saya, karena ujian penyesuaian ijasah belum tentu diadakan setiap tahun.

    NB: Meski sudah hampir lulus, saya baru tahu kalau bakal dapt gelar S,AP., karena angan-angan saya selama ini gelar yang akan saya dapat dari jurusan Administrasi Negara adalah S,IP (Sarjana Ilmu Politik), hehehe.

    Saya juga berniat kembali mendaftar jurusan Bahasa Inggris, ketagihan kuliah di UT. Kenapa? Saya dulu pernah kuliah di PTN dan PTS, Tidak ada yang berbekas dari bangku kuliah, melainkan catatan-catatan tulisan tangan ala kadarnya dan tidak runtun-sistematis untuk suatu saat kita pelajari kembali di masa depan. Pun di bangku kuliah (konvensional) di dunia modern saat ini, kegiatan mencatat dianggap sudah bukan jamannya lagi, dengan dalih transfer ilmu adalah transfer pemahaman, bukan tulisan.

    Secara pribadi hal ini tidak cocok bagi saya yang menganut mazhab tengah-tengah (khoirul umuur awsathuha). Dalam hal ini transfer pemahaman penting, tetapi pengendapan ilmu penting, yang prosesnya tidak sebatas masa kuliah. Untuk itu pencatatan yang sistematis terhadap apa yang pernah kita pelajari di masa lalu menjadi penting di masa kini dan masa depan, yang dalam hal ini saya temukan dalam modul belajar UT.

    Pentingnya pencatatan-sistematis ini saya buktikan melalui pengalaman empiris saya saat ini. Di mana di masa lalu saat menginjak bangku MTs saya mempelajari bahasa Arab yang di masa kini pengetahuan terhadap bahasa tersebut tidak hilang begitu saja, malah bertambah, meski ia tidak terpakai dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut karena catatan-catatan di bangku MTs sebagai dokumentasi pokok penghubung ke transfer-pemahaman-di-masa-lalu masih lengkap dan sistematis. Referensi pendukung untuk pemahaman lebih lanjut saat ini dapat dengan mudah kita cari di zaman internet ini.

    Lifelong education.

    1. Yang penting sih, kalau ijazah sdh anda kantongi, maka setahu saya baru bisa ikut UPKP. Tapi kalau ijazah blm ada, setahu saya blm bisa ikut. Entahlah kebijakan di instansi anda mungkin agak berbeda dgn instansi tempat sy bekerja.

  10. Saya sebenarnya ingin ambil prodi hukum, namun dalam kurikulumnya ada beberapa mata kuliah yg wajib TTM, padahal waktu kerja saya sangat padat.
    Mas, klo ambil prodi Administrasi Negara apa ada tatap muka, atau full belajar mandiri ?

    1. Pengalaman saya sewaktu kuliah UT di UPBJJ Samarinda mengambil jurusan Administrasi Negara tidak ada tatap muka. Pembelanjaran full mandiri. Penambahan nilai saya dapatkan dengan mengerjakan tugas-tugas tutorial online di internet.

  11. ASSalamualaikum,..saya tertarik sekali dan ingin mendaftar di administrasi negara UT. saya sudah lumayan mengerti apa saja yang di pelajari di studi administrasi negara, yang ingin saya tanyakan kusus administrasi negara di UT, apakah hitunganya banyak ? atau bagaimana. bisakah bagi yang lemah pelajaran hitungan bertahan di administrasi negara UT ? mohon info dan jawabanya. trimakasih

    1. Pengalaman saya sewaktu menempuh perkuliahan Administrasi Negara di UT, sepertinya lebih banyak hafalan dan pemahaman materi ketimbang hitung-hitungannya lho🙂

    1. Terima kasih banyak kak Irfan karena telah berbagi pengalaman.
      Saya mahasiswa smester 1 pend. matematika. Awalnya saya juga ragu akan perjalanan saya di UT, karena jrusan yg sya ambil tdk ada tatap muka sama sekali.ingin kuliah di universitas yg slalu tatap muka tp tidak mampu bayar uang kuliah. karena itu saya bekerja sambil kuliah di UT.
      Dengan adanya artikel yang kak Irfan tulis, menjadi dorongan buat saya untuk tetap melanjutkan pendidikan di UT.
      Sekali lagi terima kasih banyak kak Irfan. Tuhan memberkati sekeluarga.

  12. Permisi bang Ifan mau nanya, kalau setelah melakukan pendaftaran online di UT itu kira-kira berapa lma menunggu balasan e-mail dari UT yang berisi no acount n pasword untuk Admisi pengisian data pribadi….?

  13. Terima kasih Mas Ifan telah berbagi cerita tentang ujian penyesuaian kenaikan pangkat (UPKP). Kebetulan saya juga baru mengikuti ujian ini bulan lalu. Saya mau menanyakan berapa lama pengumuman hasil ujian tersebut semenjak ujiannya? Dan apakah dengan otomatis pangkat kita naik setelah lulus ujian dinas. Mohon pencerahannya karena saya miskin soal info tersebut. terima kasih.

  14. Alhamdulillah ada semangat untuk ku kedepan,kak aku juga kuliah di ut jur biologi,doakan lulus kayak kakak ini yaa,Aamiin

  15. assalamualaikum , mas saya agak putus asa ,, karna nilai semester 1 dan 2 jebol ..
    rasanya saya kalah berperang .. adakah solusinya untuk perbaiki nilai tsbt ? supaya tidak nilai tidak pas pas an lagi .. bagaimana cara nya supaya bisa belajar dengan baik walaupun tidak ikut tutor tatap muka

    1. Ikut tutorial online. Saya juga saat semester2 awal, nilainya jeblok. Tapi saat ikut tutorial online, ada peningkatan yang membuat saya kembali bersemangat untuk menyelesaikan kuliah di UT.

  16. Buat Mas Ifan salam kenal ya dari saya Mas,oia mas boleh minta no hp nya mas buat tanya” masalah UT karena kebetulan saya orang samarinda juga mas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s