Mengurus Perpanjangan 5 Tahun STNK Di Kantor Samsat Samarinda


Petugas yang menerima berkas pendaftaran untuk check fisik
Petugas yang menerima berkas pendaftaran untuk check fisik

Di Sabtu pagi yang cerah, pada tanggal 20 April 2013, ditemani oleh bapakku, aku menuju ke Kantor Satuan Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Samarinda yang berlokasi di Jalan Wahid Hasyim. Disana, aku mempunyai keperluan mengurus perpanjangan 5 tahun Surat Tanda Naik Kendaraan (STNK). Maklumlah, pada bulan Mei 2013 nanti, genap 5 tahun usia pemakaian Motor Suzuki Smash KT 3300 NO yang aku miliki. Makanya, tanpa harus menunggu bulan depan, aku berinisiatif untuk mengurus perpanjangan tersebut.

Mengurus perpanjangan 5 tahun STNK ini adalah pertama kalinya aku lakukan. Jadi wajar kalau aku agak bingung mengenai prosedur awal apa yang harus ditempuh. Untuk itu, jauh-jauh hari sebelumnya aku mencoba mencari tahu dengan browsing diinternet perihal tata cara pengurusannya. Berbekal informasi yang didapat tersebut, aku lalu menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan saat pengurusan nanti.

Petugas yang melakukan check fisik kendaraan
Petugas yang melakukan check fisik kendaraan

Aku sampai di Kantor Samsat Samarinda sekitar jam 08.30 Wita. Kemudian kuhampiri petugas satpam dan mengatakan kepadanya bahwa aku memiliki keperluan mengurus perpanjangan STNK. Ia lalu menyuruhku untuk langsung membawa motor yang aku miliki kebagian Check Fisik yang terletak dibagian agak bawah (basement) dari kantor tersebut. Dibagian itu, ada beberapa orang yang sudah memasukkan berkasnya di meja pendaftaran. Aku pun lalu melakukan hal yang sama dengan memasukkan berkas persyaratan yang sudah aku siapkan dari rumah. Saat antri menunggu pemanggilan, aku terbaca pada banner yang ditempatkan di kanan-kiri meja pendaftaran tentang berkas-berkas (sebut saja berkas awal) yang harus disiapkan untuk perpanjangan 5 tahun STNK motor atau mobil, yaitu meliputi :

  • BPKP asli + fotocopy
  • STNK asli + fotocopy
  • KTP asli + fotocopy

Tadinya aku agak cemas karena BPKP asli tidak aku sertakan saat mengumpul berkas. Tapi nyatanya tidak apa-apa. Petugas pendaftaran tetap memanggil namaku dan menyerahkan sebuah blanko yang akan digunakan untuk mencatat hasil pemeriksaan check fisik kendaraan. Blanko tersebut kemudian kita serahkan kepada petugas check fisik. Petugas check fisik lalu memeriksa kendaraan motor yang terlebih dahulu harus sudah dalam keadaan standar 2.

kounter informasi dan pengambilan nomor antrian
kounter informasi dan pengambilan nomor antrian
Nomor antrian
Nomor antrian

Ada kejadian yang tidak menyenangkan saat check fisik berlangsung. Setelah beberapa saat memeriksa, si petugasnya meletakkan begitu saja blanko hasil pemeriksaan ke jok (tempat duduk) motorku. Ia lalu pergi begitu saja. Dalam hati aku bertanya, ini sudah selesai atau belum sih check fisiknya. Aku pun terdiam begitu saja sambil menunggu beberapa saat, berharap si petugas tersebut akan segera balik. Nyatanya ia memang balik, tapi saat balik tersebut, ia malah menuju ke motor lain dan melakukan check fisik serupa. Aku spontan mendekatinya dan bertanya apakah check fisik untuk motorku sudah selesai. Dengan raut wajah yang terkesan dingin, ia menjawab ala kadarnya seraya menyuruhku membawa kembali blanko hasil pemeriksaan ke petugas pendaftaran. Aku jadi kesal dibuatnya. Harusnya, kalau memang check fisik sebuah kendaraan telah selesai, si petugas hendaknya mengatakan secara jelas dengan kalimat verbal bahwa pemeriksaan itu selesai. Jangan asal pergi begitu saja sehingga membuat bingung si pemilik kendaraan, apakah check fisik tersebut selesai atau belum.

Suasana di Kantor Samsat Samarinda
Suasana di Kantor Samsat Samarinda
Di loket perpanjangan 5 tahun
Di loket perpanjangan 5 tahun

Aku lalu kembali ke meja pendaftaran dan menyerahkan blanko hasil pemeriksaan check fisik tersebut kepada petugas pendaftaran. Si petugas lalu menyatukan berkas awal bersama dengan blanko hasil pemeriksaan check fisik. Lalu ia menyuruh membawa berkas yang telah disatukan itu ke lantai 1 untuk proses selanjutnya. Di lantai 1, hal pertama yang harus dilakukan adalah menuju kounter informasi dan pengambilan nomor antrian. Nah, di kounter tersebut, si petugas akan memberikan nomor antrian beserta map yang berlogokan lambang samsat dengan terlebih dahulu meminta kita menunjukkan KTP asli. Selanjutnya, kita harus menuju ke loket perpanjangan 5 tahun sebagaimana yang tertera dinomor antrian. Di loket tersebut, aku serahkan berkas yang telah aku masukkan kedalam map kepada petugasnya. Aku lalu disuruh membayar uang sebesar Rp. 80.000,- yang rinciannya terdiri dari Biaya Administrasi STNK Rp. 50.000,- dan Biaya Administrasi TNBK Rp. 30.000,-. Tunggulah beberapa saat. Petugasnya nanti akan memanggil kita dengan menyerahkan kembali map yang barusan dimasukkan ditambah dengan formulir yang harus diisi. Formulir tersebut berupa data-data fisik kendaraan dan data pribadi sipemilik. Apabila selesai mengisi formulir, masukkan lagi kedalam map dan serahkan kembali kepada petugas loket perpanjangan 5 tahun. Si petugas lalu menyuruh kita untuk menunggu di loket berikutnya, yaitu loket pembayaran.

Formulir yang harus diisi
Formulir yang harus diisi
Kuitansi pembayaran
Kuitansi pembayaran

Di loket pembayaran, aku kembali dipanggil dan disuruh membayar uang sebesar Rp. 164.000,- yang terdiri dari PKB Rp. 129.000,- dan SWDKLLJ Rp. 39.000,-. Di loket ini, petugasnya adalah orang dari BanKaltim. Bisa terlihat dari penampilan mereka yang fashionable. Selanjutnya, setelah membayar, harus kembali menunggu di loket penyerahan. Nah, di loket inilah yang lumayan lama menunggunya. Tapi ini tidak menjadi suatu halangan karena merupakan tahap akhir yang mana setiap orang akan segera mendapatkan hasilnya. Benar saja, beberapa saat kemudian, nomor antrianku dipanggil. Aku bergegas menuju loket penyerahan. Petugasnya lalu menyerahkan STNK baru yang berlaku hingga sampai 31 Mei 2018 beserta plat nomornya.

Total waktu yang kuperlukan untuk mengurus perpanjangan 5 tahun STNK motor adalah sekitar 1 jam 30 menit (estimasi dari jam 08.30 sd. 10.00 lewat beberapa menit). Ini artinya, pelayanan yang diberikan oleh Kantor Samsat Samarinda terbilang mudah dan cepat. Tinggal sedikit ditingkatkan lagi terutama dari segi keramahan, khususnya dibagian petugas yang menangani check fisik.

Oh ya, pelayanan Kantor Samsat Samarinda sendiri berlangsung dari Senin sampai dengan Sabtu, dengan jadwal sebagai berikut :

  • Senin sd. Kamis : Pukul 0830 sd. 13.00 Wita
  • Jumat : Pukul 08.30 sd. 13.00 Wita
  • Sabtu : Pukul 08.30 sd. 12.00 Wita

Aku berharap semoga tulisanku ini dapat berguna dan bermanfaat bagi siapapun yang akan melakukan pengurusan perpanjangan 5 tahun STNK. Paling tidak dapat mengetahui gambaran umum tahapan yang harus dilalui.

Plat nomor baru yang siap dipasang di motor
Plat nomor baru yang siap dipasang di motor
STNK baru yang digunakan hingga 2018 nanti
STNK baru yang digunakan hingga 2018 nanti

26 thoughts on “Mengurus Perpanjangan 5 Tahun STNK Di Kantor Samsat Samarinda

  1. kalau dikuningan yang saya rasakan sudah over antriannya, karena pertumbuhan kendaraan bermotor yang cukup cepat tanpa diimbangi penambahan layanan di samsat, sebenarnya saya sangat berharap adanya samsat layanan keliling ataui ada satu dua perwakilan yang di daerah

  2. Assalaamu’alaikum wr.wb, Ifan Jayadi..

    Begitu banyak sekali prosedur yang harus dilakukan untuk mengurus perpanjangan 5 tahun STNK di Indoensia ya. Kalau di Malaysia, tidak berlaku perkara sedemikian. Hanya kenderaan berat seperti lori dan bas sahaja yang memerlukan pemeriksaan di PUSPAKOM (Pusat Pemeriksaan Kenderaan Berkomputer).

    Kalau kereta (mobil) dan motorsikal hanya memperbaharui lesen kenderaan sahaja tanpa perlu memeriksa kenderaan tersebut. Waktu peruntukan hanya sekitar 10 – 20 menit sahaja sudah selesai.

    Informasi pengalaman Ifan memberi pengetahuan baharu kepada saya proses memperbaharui lesen transpotarsi di Indonesia. Saya setuju dengan Ifan, bahawa pelayanan yang baik terhadap pelanggan (customer) yang datang harus diberi senyuman dan sifat ramah kerana itulah tugas yang seharusnya diambil agar dilihat sebagai sebuah organisasi yang berhemah tinggi.

    Banyakkan bersabar menghadapi karenah manusia yang pelbagai ragam.

    Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak.ūüėÄ

  3. makasih infonya ya… saya mau prepare buat perpanjangan STNK 5 tahunan untuk bulan september besok. udah deg2an dulu. soalnya saya & motor saya di jakarta, sementara perpanjangan motornya di surabaya. emang ga bisa yah perpanjangan 5 tahunnya bkn di kota asal kita beli motornya?huffff

  4. Baru kemarin saya juga urus perpanjangan STNK 5 tahunan, perlakuan nga beda jauh dengan yang diceritakan diatas, bedanya saya tidak pakai esek2 nomor mesin lagi, saya harus ambil sendiri berkas kendaraan saya, ada biaya tambahan nga jelas ngomongnya katannya glondongan Rp. 80.000,- tanpa ada tanda terimanya, tagihan ini barengan bayar PKB 169 ribu SWDKLLJ 30ribu, kalau ditotal Administrasi 50ribu TNBK 30ribu jumlahnya 360ribu. Pelayanannya juga tidak memuaskan dan tidak ramah, kalau tahunan kok bisa baik pelayanannya tapi yg 5 tahunan dibuat kesempatan untuk cari ceperan, saya sampai sekarang masih bertanya tanya mengenai biaya glondongan yang 80 ribu, mungkin ada yang bisa bantu biaya apa itu??? kalau nga kemana saya harus complain masalah ini.

    1. Boleh tau anda mengurus yg di minta biaya 80.000 itu di samsat yang dimana? Saya petugas samsat wahid hasyim mungikin saya bisa cari tau biaya apa 80.000 itu

      1. numpang tanyak ad yg punya kenalan atau saudara yg berkerja di samsat samarinda gk?
        klu ad mohon bantuannya bs hub nmr hp sya 08970531747

  5. bro boleh minta tolong ga nomer samsat samarinda ∆Ē¬™őģg őíŐ£Ő£…™ŐáŐ£s¬™¬™őĪ dihubungi… kirim ke nomer aku 085251011414

  6. Thx infox gan,.
    oya Ada yang mau saya tanyakan nih,.siapa tw Ada yang bsa bantu ngasih info
    saya mau bayar pajak tahunan Mobil plat bontang, Dan saya tidak Punya foto kopi KTP si pemilik kendaraan,.maklum Beli Mobil seken di sorum,.kira2 biaya Dan prosesnya ribet gak ya?! Dan ini untuk pertama kalinya saya bayar pajak Mobil,.Mohon infox..

  7. Saya punya mobil katana th1990 plat smd mau saya ganti warna .kira2 ongkosx brp saya tinggal d kalsel apa bisa secara on line. Untuk perubahan stnk n bpkb

  8. maaf saya mau bertanya. kalau ngurus mutasi motor dari samarinda ke makassar. apa2 yah persyaratan berkasnya untuk samsat samarinda?
    mohon pencerahanya..
    terimahkasih sebelumnya.

      1. Gan ini sya pngn bgt ngrus srat* stnk mati .pjak 5 tahun . Plat nya jga mati . ktp pmlik prtama ngga ada jga . Yg ada bpkb+stnk+ktp sya. Sya tkut klo biaya nya bsr bgt . Kmrin ad calo yg nwarin . 3 jta udh sma blik nma . Itu bgi sya sngt fantastis . spadan ama hrga mtr nya . Klo untk mngecek totalan sblum pngurusan dmna ya bsa nya. Sklian mau ngrus mutasi . Cma tkut aj klo k samsat tgihan nya gmna. Mhon bntuan nya ya pak . Soal nya ksian bpk sya d kmpung . Klo mau brngkat krja sawah hrus jln kaki jauh . Mnta tlong bgt ya pak . Klo bsa mnta tlong bls nya di no sya 082134919813 . Biar skli aj bls nya pak . Mksih ya pak . Smoga d lancarkan rejeki nya amin

  9. Kalu di Indonesia petugas dan pejabatnya senang buat urusan itu jadi repot jadi ada peluang bisa dapat uang dari jasa bantu percepatan urusan tsb.
    Mental dan otaknya banyak yang busuk!!!

  10. Kepada bpk/ ibu sy mau nanya klo bwa kendaraan mobil ke samarinda dgn plat medan apa bs gak ya?, gmna ni apabila pada saat pembayaran pajak mobil dsna apa bs ga? dan klau perpanjangan plat di samarinda gmna prosedur pengurusan nya dgn plat medan apa bs di perpanjang jg gak di samarinda plat mobil sy klo sdh hbis? Tlg di informasikan apa yg hrs sy urus srt2Nya spya saat dsna ga repot lg dgn pengurusan byar pajak mobil n perpanjang plat nya klo kelak hbis,, mksih sebelum nya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s