Tugas Akhir Kuliah


Foto0137Alhamdullillah, dalam penyelesaian tugas akhir untuk meraih gelar Ahli Madya (A.Md) pada Program Studi Diploma III, Fakultas Teknik, Jurusan Pertambangan di Universitas Mulawarman Samarinda, aku diberikan kemudahan oleh Allah SWT. Meski awalnya agak tertatih-tatih disebabkan kondisiku yang pada waktu itu mengalami penyakit misterius, namun akhirnya dapat juga mengejar ketertinggalan yang ada. Ya, tidak menyangka saja bahwa aku bisa lulus tepat waktu. Tadinya kan’ pesimis sekali. Apalagi teman-temanku yang satu angkatan sudah sebegitu jauhnya melakukan penggarapan tugas akhir dengan intensnya mereka berkonsultasi ke dosen pembimbing.

Untunglah, sewaktu PKL di PT. Berau Coal, aku sudah membuat laporan yang berkenaan dengan data yang akan kujadikan bahan dalam penulisan tugas akhir di kampus. Semuanya itu sangat membantu karena berarti aku hanya perlu sedikit melakukan penambahan terhadap bab-bab yang memerlukan referensi dari beberapa penulis. Juga aku hanya perlu melakukan sedikit revisi terhadap bagian isi yang menjadi pembahasan utama. Yang menjadi kendala sebenarnya adalah perihal pengetikan. Waktu itu, aku belum memiliki komputer. Laptop pun pada saat itu tidak dikenal. Alhasil, untuk menyelesaikan tugas akhir tersebut, aku ke rental komputer yang ada di Jalan M. Yamin. Letaknya tidak jauh dari kampus unmul.

Kalau diperinci lebih lanjut, sebenarnya ada 2 hal utama yang menjadi kendalaku dalam penyelesaian tugas akhir, yaitu :

  • Kekurangan bahan-bahan referensi. Hal ini dapat dimaklumi karena pada waktu itu Fakultas Teknik baru berdiri. Kami adalah mahasiswa angkatan pertama tahun 1999. Harus diakui, untuk buku-buku yang membahas tentang batubara sangat terbatas sekali jumlahnya. Sudah kesana kemari, tetapi tidak ketemu. Bahkan, aku dan teman-temanku hunting dari perpustakaan satu ke perpustakaan lainnya di Samarinda. Tetapi tetap saja hasilnya nihil dan yang ketemu ya buku itu-itu juga. Sampai sempat terbersit keinginan dari temanku untuk memesan dari seseorang di Pulau Jawa sana yang memiliki koleksi buku-buku tentang batubara. Tapi sepertinya tidak jadi. Sedangkan, mencari bahan diinternet pun tidak terpikirkan pada waktu itu. Bagaimana tidak, internet saat itu lumayan mahal. 1 jam harus bayar sekitar Rp. 10.000,-. Kecepatannya pun lambat sekali. Belum lagi pada saat itupun, tidak banyak situs atau blog yang ada. Jadinya memang agak sulit mencari bahan di internet. Beda sekali dengan zaman sekarang ini yang begitu amat dimudahkan dalam mencari bahan apapun karena kondisi internet yang juga semakin murah dan aksesnya cepat.
  • Tidak memiliki komputer. Laptop pun saat itu belum muncul. Alhasil, pengetikan tugas akhir aku lakukan di rental komputer di Jalan M. Yamin, Samarinda. Seingatku, ada 2 tempat rental komputer yang seing aku kunjungi, yaitu Rental Komputer Abba dan Rental Komputer Amanah. Tapi lebih seringnya sih di Abba, dan kalau sudah mengetik, aku kadang lupa waktu. Dari pagi sampai sore hari aku jabanin demi penyelesaian tugas akhir tersebut. Biaya yang dikeluarkan juga tidak sedikit. Biaya itu meliputi : ongkos angkot dari rumah ke rental (pulang pergi), ongkos penyewaan perjam, ongkos print yang dikenakan biaya Rp. 500,- per 1 lembar kertas, ongkos pembelian beberapa disket (masih menggunakan 3¬Ĺ floopy), dan juga ongkos makan siang. Untunglah ada temanku yang berbaik hati menawariku memprint tugas akhir tersebut ditempatnya. Jadi, aku hanya perlu menyumbang uang untuk membeli tinta saja plus embel-embel mengizinkannya untuk sedikit copas tugas akhirku.

Untuk menyimpan data masih menggunkan disket 31/2 floopyUntuk menyimpan data masih menggunakan disket 31/2 floopy

Dosen pembimbingku pada saat tugas akhir ada 2 orang. Dosen pembimbing yang pertama bernama Bapak Adi Uzaimi Winaswangusti. Beliau bertugas membimbingku membahas isi penulisan. Sedangkan dosen pembimbing yang kedua adalah Bapak Erwinsyah. Beliau lebih banyak mengarahkanku dalam tehnik penulisan. Kedua-dua dosen pembimbing tersebut sangat mempermudahkanku dalam penyelesaian tugas akhir. Selama dibimbing mereka, tidak ada yang menyulitkanku. Bahkan, dosen pembimbingku yang pertama, saat membaca bagian pendahuluan dari tugas akhir yang kubuat, memujiku dengan mengatakan bahwa aku sangat pandai merangkai antar kalimat sehingga berkesesuaian dengan topik yang diangkat. Beliau juga banyak menambahkan hal-hal untuk perbaikan tugas akhir sehingga aku menjadi lebih paham. Pada konsultasi yang kedua, beliau malah bertanya padaku apakah ingin segera sidang. Dengan tanpa ragu aku katakan ia. Padahal sebenarnya sih belum begitu siap. Tetapi demi untuk tidak membayar uang semester pada periode berikutnya, maka aku ambil kesempatan itu.

Persiapan untuk menghadapi sidang tugas akhir ala kadarnya saja, yang meliputi :

  • Membuat ringkasan materi dikertas HVS untuk selanjutnya diletakkan pada mesin OHP sehingga nantinya ringkasan materi tersebut terpampang pada layar proyektor. Dulu memang presentasi tugas akhir masih sangat sederhana sekali. Untuk menampilkan materi yang akan diujikan cukup mengandalkan mesin OHP.
  • Meminjam baju putih lengan panjang, celana panjang hitam, jas dan dasi ke orang-orang sekitar.
  • Mencari kue-kue yang dimasukkan kedalam kotakan untuk penganan para dosen penguji dan staf fakultas.

Pengesahan lulus ujian tugas akhir Pengesahan lulus ujian tugas akhir

Saat maju untuk sidang tugas akhir, aku mendapat giliran siang hari. Ada 5 dosen yang mengujiku. Dengan berbekal pengetahuan yang ada, aku menjawab satu persatu pertanyaan mereka. Alhamdullillah, meski aku terlihat lucu dengan penampilan jas yang kegoboran, sidang tugas akhir tersebut dapat aku lalui dengan hasil memuaskan, yaitu nilai 83 yang berarti A, sehingga total Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang kuperoleh sejak semester 1 sd. 6 adalah 3,34.

Untuk pengukuhan kelulusan, di Kampus Teknik Pertambangan diadakan upacara yudisium. Pada acara tersebut, dari pihak mahasiswa, akulah yang didaulat untuk mewakili teman-teman menyampaikan pesan dan kesan yang diperoleh selama menempuh perkuliahan. Kenapa aku? Karena sewaktu awal masuk kuliah dulu, saat orientasi studi dan pengenalan kampus (ospek), aku jadi sasaran empuk mahasiswa senior melakukan hal-hal konyol. Akibat dari gojlokan mereka tersebut, tampang dan perawakanku gampang sekali dikenali di kalangan teman-teman seangkatan dan dosen pertambangan tentunya. Ya, apa boleh buat!

Pada akhirnya, aku pun seperti mahasiswa-mahasiswa lainnya ikut wisuda. Saat itu, hanya ibu dan kakak pertamaku yang hadir. Dengan mengendarai motor yang dikemudikan kakakku, mereka berdua menuju Gedung Auditorium 27 September Universitas Mulawarman tempat acara berlangsung. Aku sendiri kesana dengan nebeng ikut mobil teman. Aku ingat sekali, acara wisuda tersebut berlangsung pada hari Jumat, tanggal 27 September 2002. Tidak banyak foto-foto yang ada diriku. Bahkan foto wisuda bersama dengan orangtua pun tidak ada. Hanya berfoto dengan segelintir teman saja. Menyedihkan ya! Inikah nasib bagi orang yang pemalu dan tidak pandai bergaul? Kenyataannya memang seperti itu. Tapi biarlah, mungkin semua ini adalah takdirku. Yang pasti, pada perjalanan selanjutnya, aku mendapatkan pekerjaan yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan kuliah yang pernah aku kecap selama 3 tahun. Aku terima saja karena aku percaya bahwa itu semua adalah yang terbaik yang diberikan Allah SWT sampai sejauh ini.

Foto wisuda bersama teman. Ini foto yang terbaik hasil seleksiku. Foto yang lain sangat terlihat lucu.Foto wisuda bersama teman. Ini foto yang terbaik hasil seleksiku. Foto yang lain sangat terlihat lucu.

One thought on “Tugas Akhir Kuliah

  1. Ifan…apa kabaaaar?
    Senengnya baca cerita Ifan tentang proses pembuatan skripsi dan wisuda yang pasti tidak mudah. Tapi itulah seninya. Makin sulit sebuah proses, makin manis hasil yang akan kita rasakan kelak.
    Selamat ya Fan, trima ksih juga udah dipasangin foto Ifan. Hehe, yang pake kacamata kan?ūüėÄ

Leave a Reply

