Mengurus Akte Kelahiran Dilla


2013-07-28 01.17.49Selepas kelahiran Dilla, hal pertama yang terpikir dibenakku adalah secepatnya mengurus akte kelahirannya. Ini didasari karena sering mendengar cerita-cerita diluar sana yang katanya apabila terlambat bertahun-tahun dalam mengurus akte kelahiran anak, maka akan melalui persidangan yang prosesnya lumayan ribet. Sehingga tanpa pikir panjang lagi, aku menyiapkan beberapa berkas untuk pengurusan tersebut agar akte kelahiran Dilla bisa selesai tepat waktu. Selain itu, dengan bermodal akte kelahiran, berarti aku bisa segera mengajukan tunjangan anak untuk dimasukkan kedalam gaji isteriku plus juga mengurus penerbitan askesnya.

2013-08-03 12.06.16Berkas-berkas yang kusiapkan itu adalah :

  • Copy Kartu Keluarga (dimana aku harus melakukan perubahan terlebih dahulu susunan keluarga, dengan menambahkan Dilla sebagai bagian dari anggota keluarga baru);
  • Copy KTP suami dan isteri;
  • Copy akta nikah (dicopy dari awal hingga taklik);
  • Surat Keterangan Kelahiran dari dokter/bidan/rumah sakit yang asli;
  • Surat Keterangan Kelahiran dari lurah (dimana untuk mendapatkannya harus melalui surat pengantar dari RT, dan nama peminta surat pengantar adalah ayah bayi);
  • Semua berkas aku masukkan kedalam 1 map agar tidak tercecer.

Selanjutnya pada hari Senin, 24 Juni 2013 aku bergegas menuju ke Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Samarinda yang untuk sementara waktu aktifitas pekerjaannya dipindahkan ke bagian belakang GOR Segiri, Jalan Kusuma Bangsa Samarinda mengingat kantor lama mereka di Jalan Milono sedang dilakukan renovasi. Pada saat itu, banyak sekali orang yang melegalisir akte kelahiran anak karena bertepatan dengan tahun ajaran baru dimana sekolah-sekolah mengharuskan copy akte kelahiran yang dilegalisir sebagai salah satu persyaratannya. Duh, aku datang pada waktu yang tidak tepat mengingat berjubelnya orang-orang. Tetapi karena sudah kepalang tanggung tiba disana, aku lanjutkan proses pengurusan akte kelahiran Dilla.

2013-08-03 12.06.21

Adapun tahapannya sebagai berikut :

  • Berkas didalam map yang telah aku susun dari rumah aku masukkan ke loket pendafaran.
  • Di loket pendaftaran, petugas memberi formulir untuk kita isi seraya ia juga memeriksa kelengkapan berkas. Apabila ada yang kurang, ia akan memberitahu untuk segera dilengkapi. Setelah lengkap, akan diberi nomor antrian.
  • Dari loket pendaftaran, berkas yang telah lengkap tersebut akan dioper kebagian/loket lain untuk pemeriksaan yang lebih detail. Nomor antrian akan dipanggil dan selanjutnya petugas akan memverifikasi ulang. Apabila dianggap telah memenuhi semua persyaratan, berkas akan dicatat dalam buku induk. Lalu petugas akan memberikan nomor akta dan tanggal pengambilannya. Tidak lupa petugasnya juga akan menanyakan kepada kita apakah membawa saksi. Apabila kita tidak membawa saksi, maka pihak sana bisa membantu dengan menawarkan saksi. Berhubung aku tidak mau repot, maka aku minta pihak sana saja untuk menyediakan saksi. Petugasnya lalu menyuruh aku ke bagian yang kalau tidak salah adalah bidang pencatatan sipil. Disana, aku menyerahkan berkas dan uang sebesar Rp. 20.000,- untuk 2 orang saksi.

Sesuai dengan nomor akta dan tanggal pengambilan yang diberikan petugas pada waktu itu, maka pada hari Senin, 22 Juli 2013, aku kembali ke Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Samarinda untuk mengambil akte kelahiran Dilla. Alhamdullillah selesai tepat waktu. Aku lalu mengcopynya beberapa lembar untuk dilegalisir. Legalisir yang diperbolehkan maksimal 10 lembar saja. Oh ya, ada yang mengganjal dipikiranku yaitu mengapa surat keterangan kelahiran yang asli dari rumah sakit tidak diserahkan kembali ke pemiliknya? Setelah kutanyakan kepada salah seorang petugas, memang begitulah ketentuannya. Ya, kalau memang begitu, aku ikut saja aturannya. Yang terpenting sekarang adalah akte kelahiran Dilla telah selesai.

Akte Kelahiran Nur Afifa Adilla yang telah jadi
Akte Kelahiran Nur Afifa Adilla yang telah jadi

2 thoughts on “Mengurus Akte Kelahiran Dilla

  1. Assalaamu’alaikum wr.wb… Ifan
    Semoga Dilla semakin sihat dan membahagiakan tingkahnya. Terutama di bulan Ramadhan dan menjelang Syawal ini. Mudahan Dilla akan menjadi anak solehah. Aamiin.

    Salam Seindah Syawal dari Sarikei, Sarawak.ūüėÄ

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s