Lulus UPKP


IMG_20130926_0001
Sertifikat kelulusan

Alhamdulillah, hanya ingin mengabarkan bahwa aku telah lulus UPKP. UPKP sendiri kepanjangan dari Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat. Aku tahu bahwa aku lulus UPKP pada hari Senin Pagi, 23 September 2013. Temanku (Ibu Aina) sebagai pengelola kegiatan UPKP di instansi tempat kami bekerja telah memperlihatkan sertifikat UPKP tersebut kepadaku. Sertifikat UPKP itu sendiri dibawa langsung oleh seorang staff dari Biro Kepegawaian Kemenag Pusat dan ia serahkan kepada Kasubbag yang menjadi atasanku sesampainya di Samarinda.

IMG_20130927_0005
Nilai hasil ujian

Aku pribadi jelas senang dengan kelulusan tersebut karena itu berarti pada tahun depan aku bisa mengajukan Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah (KP PI) untuk naik ke golongan III tanpa harus menunggu waktu yang terlalu lama. Penjelasannya sebagai berikut : Pangkatku yang sekarang sebagai PNS adalah Pengatur Muda Tk. I (II/b). Untuk bisa naik ke golongan III/a melalui jalur reguler harus terlebih dahulu naik ke golongan II/c dan II/d yang masing-masing harus ditempuh selama 4 tahun. Dalam perjalanan sebagai PNS, aku meneruskan pendidikan ke jenjang S1. Lulus dari S1, aku mengikuti UPKP. Apabila lulus UPKP maka akan mendapatkan sertifikat sebagai modal utama untuk langsung loncat naik ke golongan III/a tanpa harus melalui golongan II/c dan II/d. Itulah yang dinamakan Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah (KP PI).

Membuat karya tulis sebagai salah satu persyaratan untuk kelulusan UPKP
Membuat karya tulis sebagai salah satu persyaratan untuk kelulusan UPKP

Seharusnya UPKP Tahap I pada tahun 2013 ini diadakan pada Bulan Februari yang lalu. Berhubung anggaran di kementerian kami masih dibintangi, akhirnya diundur hingga Bulan Juni. Ini sebenarnya kerugian lho buat aku. Seandainya UPKP Tahap I ini digelar pada Bulan Februari, tidak menutup kemungkinan aku bisa mengajukan KP PI pada periode Oktober 2013. Tetapi karena pengunduran tersebut, mau tidak mau aku harus menerima kenyataan untuk mengajukan usulan KP PI pada tahun depan, yaitu Periode April 2014. Ya, harus sabar dengan keadaan yang tidak pernah diprediksikan tersebut.

Dengan hasil UPKP ini, paling tidak kerja kerasku telah menampakkkan hasil meski baru setengahnya saja. Ya, kerja keras untuk bisa meraih gelar S1 di UT sebagai modal utama dalam peningkatan karier kepangkatan ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu dari golongan II ke golongan III. Memang terkesan kurang etis karena seakan-akan hanya mengejar dari sisi materi saja. Tetapi jujur aku tidak bisa memungkiri hal tersebut dan terserah pandangan orang saja mengenai diriku ini. Yang jelas, aku akan terus lanjut dengan tahapan berikutnya, yaitu pengajuan KP PI di tahun depan. Mudahan-mudahan bisa berhasil karena apabila berhasil maka itu berarti akan melengkapi tahapan-tahapan keberhasilan sebelumnya yang telah aku capai dan aku rekamkan dalam jejak tulisan bermula, dengan :

1). Kuliah lagi ujian lagi

2). Kuliah di universitas terbuka

3). Akhirnya lulus kuliah di UT

One thought on “Lulus UPKP

Leave a Reply

