Jukut Etam dan Salma Shofa


Tempat Wisata Jukut Etam
Tempat Wisata Jukut Etam
Taman Salma Shofa
Taman Salma Shofa

Setelah sebelumnya sempat gagal berkunjung ke tempat wisata ini, akhirnya pada hari Minggu, 17 November 2013, niat untuk kembali kesana tidak terbendung lagi. Syukurnya, tempat wisata keluarga tersebut tidak tutup lagi sehingga kekecewaan yang kami alami saat gagal kesana pada libur lebaran kemarin tidak terulang. Tempat wisata yang terletak di kawasan Lubuk Sawah, Kelurahan Mugirejo, Samarinda ini perlu waktu lama juga untuk mencapainya dengan kendaraan roda empat karena selain lokasinya yang berada masuk kedalam juga akses jalan menuju kesana tidak semuanya mulus. Beberapa bagian jalan masih terlihat berlubang.

Akses jalan menuju lokasi wisata
Akses jalan menuju lokasi wisata

Ada 2 tempat wisata keluarga di kawasan tersebut, yaitu Pemancingan Jukut Etam dan Taman Salma Shofa. Sepertinya kedua tempat wisata itu berbeda manajemen sehingga pengelolaannya pun juga masing-masing. Meski begitu, konsep yang diusung kedua tempat wisata itu hampir sama, yaitu rekreasi keluarga yang menonjolkan panorama alam.

1. PEMANCINGAN JUKUT ETAM

Jadwal Buka
Jadwal Buka

Kesana, kami berangkat agak siangan dengan beberapa anggota keluarga. Di lokasi Pemancingan Jukut Etam, kegiatan utamanya adalah memancing di kolam ikan yang luasnya beberapa hektar. Bagi yang tidak memiliki alat pancing  tidak perlu merasa khawatir karena alat pancing beserta umpannya tersedia dan disewakan di tempat tersebut.

2013-11-17 13.23.58
Gazebo-gazebo yang cantik
Gazebo yang disewakan
Gazebo yang disewakan
Mushola juga tersedia
Mushola juga tersedia

Sementara orang dewasa menikmati aktifitas memancing, anak-anak juga bisa melakukan aktifitas lain, yaitu berenang di kolam yang peruntukannya memang khusus untuk anak-anak. Kedalamannya pun kurang dari 2 meter. Tetapi lebih amannya harus ada orang dewasa yang mengawasi sehingga aktifitas berbasah-basah ria itu menjadi terkontrol.

2013-11-17 13.13.54
Tempat ini akan ramai dipadati pengunjung pada hari libur
Bagi yang hobi memancing, tempat ini cukup representatif
Bagi yang hobi memancing, tempat ini cukup representatif
Toiletnya bersih
Toiletnya bersih

Fasilitas yang tersedia di lokasi tersebut salah satunya adalah gazebo-gazebo (yang menyerupai saung) sebagai tempat bersantai seraya menyantap ikan bakar yang dapat dipesan di warung makan satu-satunya di tempat tersebut. Sambil makan, telinga pengunjung dimanjakan dengan alunan lagu-lagu hits yang diputar dari sebuah CD Player. Sayangnya, saat menyantap makanan tersebut, lalat beterbangan kemana-mana sehingga sedikit mengurangi selera makan. Tidak tahu apakah keadaannya selalu begitu atau hanya waktu-waktu tertentu saja.

Kolam renang anak-anak yang tersedia
Kolam renang anak-anak yang tersedia
Keceriaan saat berenang
Keceriaan saat berenang
Bersantai sambil bermain ayun-ayunan
Bersantai sambil bermain ayun-ayunan

Oh ya, gazebo yang ada jumlahnya belasan dan setiap gazebo dinamai dengan penamaan ikan dan telah dilengkapi dengan colokan listrik untuk sekedar charger HP atau menyalakan alat elektronik lainnya. Gazebo tersebut disewakan dengan tarif Rp. 75.000,- per 1 sd. 4 jam. Apabila digunakan seharian, maka cukup membayar Rp. 150.000,-. Selain gazebo, fasilitas lain yang tersedia sama seperti fasilitas tempat wisata pada umumnya, yaitu Mushola dan toilet yang terjaga kebersihannya.

Bersama keluarga bersantai di gazebo
Bersama keluarga bersantai di gazebo
Menyiapkan makan siang sambil menunggu pesanan ikan bakar
Menyiapkan makan siang sambil menunggu pesanan ikan bakar
Ceritanya lagi memancing nih
Ceritanya lagi memancing nih

2. TAMAN SALMA SHOFA

2013-11-17 15.08.17Penasaran dengan tempat wisata yang ada disebelahnya, aku lalu mengajak salah seorang adikku untuk melihat apa yang ada disana. Tempat tersebut namanya Taman Salma Shofa. Masuk ke dalam area Taman Salma Shofa diganjar dengan tiket seharga Rp. 15.000/orang. Mendengar kata taman, yang ada dibenakku pada saat itu adalah kumpulan bunga warna-warni dan pepohonan rimbun yang tumbuh bergerombol disatu tempat khusus. Memang ada bunga dan pepohonan tersebut, tetapi jumlahnya tidak terlalu signifikan. Kurasa mungkin perlu dibuat tempat tersendiri semacam kebun yang khusus ditanami bunga dan pepohonan lokal khas kalimantan mengingat lahan yang ada di lokasi tersebut masih cukup luas.

Halaman parkir untuk kendaraan luas
Halaman parkir untuk kendaraan luas
Pepohonan rimbun menjadi peneduh saat bersantai
Pepohonan rimbun menjadi peneduh saat bersantai
Cantiknya penataan tamannya
Cantiknya penataan tamannya

Hal apa yang bisa dilakukan di Taman Salma Shofa?

  • Bersantai bersama keluarga sambil cuci mata dan menggelar makanan baik yang dibawa dari rumah ataupun yang dipesan dari tempat lokasi.
  • Di dalam area Taman Salma Shofa terdapat beberapa kolam renang, baik itu kolam renang khusus untuk anak-anak maupun kolam renang khusus untuk orang dewasa. Dan yang pasti, jumlah pengunjung yang berenang di tempat ini lumayan banyak.
  •  Selain itu, disini juga terdapat semacam miniatur taman air mancur yang dapat dijadikan obyek atau latar untuk berfoto-foto. Sudah tentu, yang paling banyak memanfaatkan tempat ini adalah anak-anak muda dengan gaya foto mereka yang narsis dan lebay.
  • Hal lain yang tersedia adalah ruang serba guna yang peruntukannnya dapat digunakan untuk melangsungkan acara-acara dengan jumlah massa yang banyak (perpisahan, family gathering, dll) dan tentu hal ini sangat cocok bagi kalangan sekolah dan korporat untuk memanfaatkannya.
  • Dari hasil foto dokumentasi yang dipajang dibagian depan pintu masuk memperlihatkan bahwa tempat ini juga bisa digunakan sebagai arena bermain outbond.
Ini kolam renang untuk anak-anak
Ini kolam renang untuk anak-anak
Kolam renang khusus bagi yang sudah mahir berenangnya
Kolam renang khusus bagi yang sudah mahir berenangnya
Berfoto menjadi hal yang tak bisa terlewatkan
Berfoto menjadi hal yang tak bisa terlewatkan

Mengunjungi dua lokasi wisata ini memang bagusnya dilakukan beramai-ramai, baik itu bersama keluarga maupun bersama teman-teman karena konsep yang ditawarkan lebih menekankan pada suasana kebersamaan. Itu yang dapat kusimpulkan mengingat kebanyakan yang datang adalah keluarga-keluarga dengan jumlah anggota yang kadang bisa dibilang bejibun maupun rombongan anak-anak sekolah bersama guru-guru mereka. Tetapi tidak menutup kemungkinan bagi mereka yang memang menyukai kesendirian untuk menjadikan lokasi ini sebagai pilihan bersantai sembari menikmati hijaunya alam disana.

3 thoughts on “Jukut Etam dan Salma Shofa

  1. Terima kasih mas ifan buat artikelnya. Bermanfaat banget. Saya yang orang samarinda kalo ngomongin tempat wisata di sini, saya langsung bingung. Di KRUS gak kayak dulu lagi. Ujung-ujungnya ke mall. Btw, tempat wisata ini cukup bagus buat wisata bareng keluarga. Bisa jadi rencana jalan-jalan nih😀

  2. keren banget tuh tempatnya,,tapi kalau di lihat dari fotonya akses jalan menuju kesana sepertinya masih belum bagus ya,,sayang sekali ya.ada tempat wisata yang bagus di samarinda tapi tidak di dukung dengan akses jalan yang bagus.semoga pemerintah samarinda melhat tulisan mas irfan ini,dengan segera membuat akses jalan yang bagus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s